Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Trik Dapatkan Kredit Rumah Syariah Tanpa DP

by Satrya Agung on 26 April, 2016

beli rumah_KPR - CekAja.com

Semakin hari harga rumah semakin melonjak tinggi. Bisnis bidang properti ini memang merupakan salah satu bisnis yang nilai penjualannya tidak pernah turun.

Beriringan dengan harga tanah yang terus naik dan kebutuhan manusia akan mendapatkan tempat tinggal yang layak menjadikan bisnis yang paling diminati. Di sisi lain calon pembeli makin kewalahan untuk bisa mendapatkan rumah idaman mereka.

Membeli rumah dengan cara tunai sudah hampir mustahil dan satu-satunya cara adalah membeli dengan cara kredit. Tapi untuk kredit rumah saja dibutuhkan uang muka sebesar 30% dari harga jual. Ini berarti untuk uang mukanya saja sudah cukup tinggi. Lalu apakah ada kemungkinan kita untuk mendapatkan kredit rumah syariah? Mari kita bahas.

Dengan harga properti, seperti rumah, yang terus naik berefek pada kesulitan calon pembeli untuk mendapatkan rumah. Jika seandainya sebuah rumah paling murah dibandrol seharga 350 juta, maka untuk uang mukanya saja sudah 105 juta. Ini bukan nilai yang kecil. Bayangkan jika kamu berpenghasilan 10 juta satu bulan, dengan hidup irit kamu bisa menabung 5 juta sebulan, ini kita buat hitungan optimis ya, maka berapa tahun hingga kamu bisa mengumpulkan uang 105 juta?

Jawabannya 21 bulan atau hampir 2 tahun. Dan percayalah, 2 tahun kemudian harganya pun akan sudah lebih mahal lagi. Dan kamu akan tetap kekurangan uang untuk bayar uang mukanya saja. Lalu semua impian untuk mendapatkan rumah idamana pun akan sirna.

Maka satu-satunya cara adalah berharap mendapatkan kredit rumah yang tanpa membutuhkan uang muka. Sebelum kamu putus asa, berikut akan kami bisikkan trik agar kamu bisa mendapatkan kredit rumah tanpa dp.

Incar promosi dari pengembang/developer

Rajin-rajinlah mendatangi pameran rumah yang biasanya digelar di pusat-pusat perbelanjaan atau pada event tertentu. Temui para salesnya dan tanyakan apakah ada promosi kredit rumah syariah tanpa DP. Karena biasanya beberapa pengembang menggunakan strategi penjualan ini agar bisa cepat laku. Dan biasanya lagi rata-rata adalah pengembang perumahan kecil. Tapi kamu perlu berhati-hati juga, jangan sampai terjebak oleh pengembang “nakal”.

(Baca Juga : Membandingkan Wacana Kredit Rumah Tanpa DP)

Mark Up harga rumah

Saat kamu sudah menemukan sebuah rumah yang sesuai dengan yang diimpikan maka yang bisa kamu lakukan adalah bernegosiasi dengan pengembang atau pemilik rumah tersebut. Setelah mendapatkan kesepakatan harga maka sampaikan rencana kamu untuk menaikkan harga rumah tersebut saat pengajuan kredit sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang muka. Rata-rata si penjual akan setuju saja karena tidak akan merugikan mereka dan yang penting rumah mereka laku.

Pihak bank akan menyetujui pengajuan kamu dengan menggelontorkan uang sebesar 70% dari harga rumah. Jadi kamu harus membuat perhitungan yang tepat saat mark up harganya.

Misal, harga rumah yang sebenarnya sebesar 350 juta rupiah, maka agar kamu tidak perlu mengeluarkan uang muka maka harga yang kamu ajukan pada bank adalah 500 juta rupiah. Saat disetujui bank akan membayarkan pada penjual sebesar 350 juta atau 70% dari harga 500 juta rupiah. Dengan demikian kamu tidak perlu merogoh kantong lagi untuk uang muka.

Sekarang kamu sudah tahu trik-triknya agar mendapatkan kredit rumah syariah, sekarang saatnya pengajuan KPR. Perlu diingat jangan cuma mengajukan pada 1 bank saja. Bandingkan beberapa bank sekaligus agar kamu bisa mengetahui mana yang lebih besar memberikan kredit. Cukup masuk ke website Cekaja.com dan pilih menu Kredit Pemilikan Rumah dan hasilnya akan segera tampil di depan mata. Gampang kan.

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami