Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Trik Gunakan THR Supaya Tidak Boros

by Rafly Aditia on 25 Juni, 2016

Uang THR menguap tanpa kejelasan. Jangan sampai kejadian itu terulang di tahun ini, berikut adalah trik agar kamu bisa lebih irit ketika gunakan THR.

Sebentar lagi momen pembagian THR bakal tiba, pasti kamu sudah tidak sabar menunggu. Namun, sebaiknya kamu mempersiapkan diri dari sekarang agar uang THR tidak ludes dan numpang lewat saja di ATM. Oleh karena itu, lakukan 5 tips dan trik berikut ini supaya tidak boros dalam menggunakan uang THR:

Langsung tabung sebagian

Buat kamu yang sulit sekali menabung, uang THR dari perusahaan yang dibagikan di akhir bulan Ramadhan bisa jadi langkah pertama. Bagaimana caranya? Langsung tabung sebagian uang THR yang kamu dapatkan, setidaknya 30 persen dari uang THR ditabung agar tidak ludes seketika saat pergi belanja.

Ingat ya, uang tabungan dan uang konsumsi harus dipisahkan. Jadi, ketika dapat uang THR langsung masukkan ke rekening khusus tabungan bulananmu. Selain menabung, ada cara lain untuk mengamankan tunjangan hari raya, yaitu dengan berinvestasi. Namun harus parhatikan tips investasi pakai uang THR agar tak menyesal dikemudian hari.

Jangan kebanyakan belanja

Cara yang sebenarnya cukup mudah tetapi banyak orang yang gagal saat melakukannya, yaitu menahan nafsu belanja. Ketika menjelang lebaran pasti banyak sekali diskon dan promo menarik yang menggoda, tetapi sebaiknya tahan nafsu dan keinginan berlebih untuk belanja.

Tanamkan prinsip dan pendirian bahwa kamu hanya membelanjakan uang THR untuk keperluan tertentu saja. Sulit sih, tetapi jangan kebanyakan belanja saat pergi ke Mall! (Baca juga: Cara Mendapatkan Uang Receh yang Aman untuk Lebaran)

Manfaatkan uang THR untuk bisnis

Ini merupakan langkah yang paling bijak ketika mendapatkan uang THR. Dengan memanfaatkan uang THR untuk berbisnis, justru kamu tidak bakal menjadi boros tetapi jadi punya uang lebih banyak ketika lebaran. Beberapa bisnis bisa kamu jalankan menjelang hari raya Idul Fitri, misalnya bisnis kue kering, jual busana muslim, atau jasa dekorasi rumah.

Cara ekstrim, masukkan seluruh uang THR ke tabungan

Nah, apabila ingin melakukan langkah ekstrim cara yang satu ini bisa dipraktikan. Kamu bisa memasukkan seluruh uang THR yang didapatkan ke dalam tabungan. Dijamin, pengeluaran kamu tidak akan membengkak dalam mempersiapkan hari raya Idul Fitri nanti.

Sekedar saran, sebaiknya trik yang satu ini hanya dilakukan untuk kamu yang punya pendapatan bulanan cukup besar. (Baca juga: Dengan Cara Ini, Belanja Lebaran Kamu Dijamin Makin Murah)

Kalau belanja, pakai kartu kredit saja

Saat pergi ke Mall atau asik surfing di toko online, pasti kamu bakal menjumpai berbagai macam promo dan diskon. Tentunya, ini bakal membuat diri cukup tergoda agar menghabiskan uang untuk belanja. Kabar baik bagi kamu pemilik kartu kredit, rajinlah untuk mengecek situs layanan kartu kredit dan lihat apakah ada promo dan diskon menarik?

Kalau ada, tidak ada salahnya memanfaatkan promo dan diskon tersebut. Dijamin, dengan kartu kredit pengeluaran belanja Lebaran bakal lebih sedikit dibanding harus belanja dengan uang cash.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.