Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Trik Jitu yang Membuat Maling Sulit Mencuri Kendaraan Kamu

by Rafly Aditia on 23 November, 2016

pencurian mobil_asuransi kendaraan - CekAja.com

Berita pencurian motor maupun mobil belakangan semakin sering terdengar. Berbagai cara dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab dalam melancarkan aksinya untuk menggondol kendaraan orang lain.

Untuk mengantisipasi risiko pencurian, maka kamu perlu melakukan beberapa hal tertentu. Berikut 5 tips agar kendaraanmu tidak mudah dicuri maling.

Gunakan alat keamanan tambahan

Biasanya pada mobil masa kini sudah ada teknologi alarm yang bakal membuat mobil berdering keras apabila ada aktifitas yang tidak seharusnya.

Walau begitu, kerap kali alarm mobil berhasil diakali oleh maling. Jadi, perlu bagimu untuk memasang alat keamanan tambahan misalnya memasang GPS Tracking, kunci rahasia mobil atau CCTV di rumah.

(Baca juga: Berbincang dengan Hani Hikaru, Vlogger Cantik yang Jago Merias Wajah)

Sebaiknya pilih tempat parkir yang ramai

Kalau kamu berpergian, sebaiknya pilih tempat parkir yang ramai. Karena biasanya maling lebih cenderung menjadikan lokasi-lokasi sepi sebagai area beraksi. Kalaupun kamu harus parkir di tempat sepi, sebaiknya kamu bawa karcis atau STNK mobil.

Ingat, jangan pernah sekalipun meninggalkan STNK di dalam mobil. Karena bisa repot nanti urusannya kalau maling berhasil menggondol mobil sekaligus surat-surat berharganya.

Tidak ada salahnya pakai kunci stir

Untuk kamu yang memarkir mobil di area yang rawan, sebaiknya gunakan kunci stir untuk mengamankan mobilmu dari orang tidak bertanggung jawab. Kunci stir cukup efektif dan membuat maling frustasi dalam menjebolnya, kalau sudah tahu  bahwa mobil memiliki kunci stir pasti maling akan berpikir dua kali untuk beraksi.

Kunci stang ke kanan

Sementar abagi kamu pengendara motor, mulai sekarnag hilangkan kebiasaan mengunci stang menghadap sebelah kiri. Lebih baik kamu mengunci stang dengan menghadap ke sebelah kanan.

Kunci stang ke sebelah kanan ini merupakan fitur Secure Key Shutter yang menyulitkan maling untuk membobol stang motor. Sayangnya hanya beberapa motor jenis tertentu saja yang bisa dikunci stang dengan menghadap ke sebelah kanan.

Kalau mau sedikit ribet, bikin cara khusus menyalakan kendaraan

Bagi kamu yang mau mengeluarkan uang lebih dan sedikit ribet, maka kamu bisa bikin kunci dan cara khusus untuk menyalakan kendaraan. Coba saja datangi bengkel langgananmu dan minta untuk membuat cara khusus dalam menyalakan kendaraan, misalnya seperti harus menekan tombol sen atau tombol tertentu saat menstarter mobil atau motor dan sebagainya.

Hal ini bisa dilakukan kalau kamu menemukan ahli otomotif yang tepat. Pastinya saat maling berusaha mencuri kendaraanmu akan lebih dulu putus asa karena kendaraan tidak kunjung menyala.

(Baca juga: Tips Agar Lolos Razia Kendaraan Saat Operasi Zebra Berlangsung)

Pakai Asuransi Kendaraan

Terkadang memang kamu tidak bisa menghindari risiko mengenaskan seperti kehilangan mobil atau motor. Untuk itu, sebaiknya kamu melindungi kendaraan dengan asuransi kendaraan.

Sehingga apabila kamu sedang tertimpa nasib buruk dan harus kehilangan kendaraan, kamu bakal mendapatkan tanggungan dari pihak asuransi terkait kerugianmu tersebut.

Gunakan asuransi kendaraan untuk menghindari kerugian akibat risiko kehilangan dan rusaknya kendaraan. Daftar sekarang juga di sini

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.