Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Trik Kosmetik Untuk Rumah Tetap Cantik!

by Teti Purwanti on 22 Juli, 2019

Industri kosmetik Indonesia memang tengah berkembang. Tahun ini saja, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan pertumbuhan industri ini sebesar 9% .

Nah untuk mendukung daya saing di Industri tersebut, pemerintah terus berupaya memperkuat struktur di sektor yang juga dikenal sebagai sektor kecantikan itu.

Salah satu langkahnya adalah dengan melakukan transformasi teknologi digital untuk menciptakan nilai tambah di dalam negeri seiring era industri 4.0 saat ini.

Akibat kemajuan industri ini pulalah, banyak orang terutama dari kalangan perempuan mencoba berbagai produk kosmetik, dengan membeli secara online. Alhasil, tak jarang dan tak sedikit kosmetik tersebut terpakai tidak sampai habis sehingga terbuang percuma.

Membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai, seperti kosmetik, agar rumah menjadi rapi tentu hal yang baik. Namun, akan lebih bijak jika memberikan kesempatan “hidup” kedua bagi barang-barang tersebut sebelum dibuang.

Sebab, beberapa alat kosmetik dapat dimanfaatkan untuk membersihkan barang-barang yang ada di rumah, seperti berikut ini.

1. Hairspray

Hairspray biasa digunakan untuk membuat rambut rapi lebih lama. Bagi kamu yang perempuan, penggunaan hairspray tampaknya merupakan hal wajib saat menghadiri acara formal yang berdurasi panjang.

Tetapi ternyata penggunaan hairspray juga bisa diaplikasikan pada media lain diluar rambut. Ya, hairspray juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan dinding rumah dari noda coretan, seperti bekas spidol dan krayon.

caranya, semprotkan hairspray pada dinding yang bernoda lalu bersihkan dengan lap kering hingga noda terangkat sampai sempurna. Selain itu, hairspray juga bisa digunakan untuk membersihkan permukaan dinding kamar mandi yang kotor karena bekas sabun.

Kandungan alkohol pada hairspray diyakini mampu menghilangkan noda tersebut.

(Baca juga: Tak Langsung Cantik, Ini Efek yang Didapat Pasca Operasi Plastik)
2. Lip Balm

Lipbalm biasanya digunakan untuk menjaga kelembapan bibir lewat kandungan minyak halusnya. Apalagi, zaman sekarang perempuan menggunakan lipstick sepanjang waktu sehingga akan membuat bibir kering bahkan menghitam. Lipbalm akan melindungi bibir agar tidak terlalu kering dan bisa tetap sehat.

Kandungan tersebut pun dapat dimanfaatkan untuk menghaluskan bagian engsel pintu atau jendela yang sudah mulai kering atau berkarat. Oleskan lip balm secukupnya ke bagian permukaan engsel, lalu buka-tutup pintu atau jendela sampai proses tersebut tidak lagi terasa tersendat.

Dengan demikian, tidak diperlukan lagi tenaga yang ekstra untuk membuka bagian rumah tersebut karena bermasalah pada engsel.

3. Pasta Gigi

Pasta gigi memang bukan hanya bisa membuat gigi tetap sehat, namun juga kaya manfaat. Sudah lama juga diketahui kalau pasta gigi bisa digunakan untuk obat jerawat.

Pasta gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan perhiasan atau pajangan yang terbuat dari bahan emas, perak, dan logam. Oleskan pasta gigi dengan menggunaan sikat yang lembut pada bagian perhiasan atau pajangan secara perlahan. Lalu bersihkan.

Hal tersebut akan membuat perhiasan dan pajangan menjadi bersih dan mengilap.

4. Shaving Cream

Bukan hanya bisa menghilangkan bulu-bulu halus diwajah, shaving cream juga bisa menghilangkan, noda-noda bekas foundation atau lipstick yang tertinggal di karpet atau baju. Hal itu bisa diatasi dengan menggunakan shaving cream, yang biasa dipakai saat mencukur bulu kaki, kumis, atau jenggot.

Oleskan shaving cream secukupnya ke permukaan karpet atau pakaian yang terkena noda, lalu gosok secara perlahan sampai noda hilang sempurna.

(Baca juga: Fakta Menyeramkan di Balik Bahan-bahan Kosmetik Favoritmu)
5. Baby Oil

Bayi yang baru lahir, sangat dekat dengan baby oil, bahkan hingga usia balita. Baby oil ternyata juga memiliki manfaat lain yang tak kalah penting, yaitu mampu mengusir debu dan mengantisipasi kekusaman pada perabot yang berbahan kayu.

Olesan satu sendok makan baby oil yang dicampurkan dengan satu sendok teh perasan lemon atau jeruk nipis diyakini mampu membuat furnitur lebih bersih dan warna kayunya menjadi lebih terang.

Apakah kamu pernah mencobanya? Kalau belum silakan mencoba, bahkan kamu juga bisa memanfaatkan kosmetik yang sudah masuk kedaluwarsa, sebab bukan digunakan di kulit makhluk hidup.

Kaum hawa terutama, kerap memiliki beragam kosmetik berbagai merek, padahal masih satu jenis dan tidak habis bahkan hingga masa kedaluwarsa tiba.

Kamu juga bisa mendapatkan kosmetik dengan harga miring lewat kartu kredit. Belum punya kartu kredit? Ajukan di CekAja.com!

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami