Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Trik Memaksimalkan Diskon Belanja Online di Momen Imlek

by Ariesta on 2 Februari, 2016

Tahun baru imlek yang tinggal menghitung hari membuat banyak e-Commerce dan online shop berlomba-lomba menawarkan diskon. Siapa sih yang tidak suka diskon? Wanita terutama pasti tergugah jiwa belanjanya saat mengetahui diskon-diskon bertebaran.

Berbelanja online memang menghasilkan banyak kemudahan. Tinggal klik pilihan barang, lakukan pembayaran, dan barang pun diantar ke rumah. Tidak perlu panas-panasan, tidak perlu keluar bensin, tidak perlu berdesak-desakan, segala keperluan sekarang bisa didapatkan melalui lewat belanja online.

Meski demikian, diskon di online shop bukannya tanpa risiko. Barang yang lama datang (karena membludaknya pemesananan), barang tidak sesuai gambar, sampai barang yang tidak bisa dikembalikan jika cacat acapkali jadi risiko belanja online. Belum lagi jika harga sale ternyata tidak semenguntungkan yang dikira, dengan kata lain harga aslinya sengaja dinaikkan sebelum didiskon.

Bagi kamu yang berniat memanfaatkan diskon online di momen imlek ini, berikut tips untuk memaksimalkan keuntungan.

Mendaftar news letter

Kalau kamu berkunjung ke sebuah situs e-commerce, kamu pasti akan menemukan notifikasi/laman untuk mendaftar news letter. News letter merupakan pemberitahuan secara berkala yang masuk ke e-mailmu. Lewat news letter kamu bisa mengetahui produk terbaru, tren terkini, dan menikmati keistimewaan anggota lewat diskon.

Saat pertama kali daftar, biasanya e-commerce akan memberikan voucher Rp 50.000 untuk pembelian pertama. Tak hanya itu kedepannya kamu juga berkesempatan menikmati diskon mulai dari 10%-30%.

Melakukan pembayaran dengan kartu kredit

Kalau kamu memiliki lebih dari satu kartu kredit, coba cek jika kartu kreditmu sedang mengadakan promo. Biasanya e-Commerce menjalin kerja sama dengan bank tertentu dengan memberikan diskon tambahan, cicilan nol persen, bahkan cash back. Jangan malas mencari informasi yang bisa didapatkan dari kartu kreditmu.

(Baca juga: Terawang Karier di Tahun Monyet Api)

Cari online shop yang menawarkan free shipping

Tak jarang ongkos kirim lebih mahal dari harga barang yang kamu beli. Bahkan ada perusahaan e-commerce yang memberlakukan ongkos satu harga dengan memperhitungkan provinsi paling jauh. Kalau sudah begini, coba cek situs tetangga untuk jenis produk yang sama. Jangan khawatir karena sekarang sudah banyak toko online yang menawarkan ongkos kirim gratis.

(Baca juga: Tips Menyulap Isi Lemari Menjadi Pundi-pundi Rupiah untuk Dana Belanja)

Selalu cek situs kupon

Cara berhemat lain yang bisa kamu lakukan adalah membeli kupon diskon. Kupon diskon ini bisa berupa potongan harga dan cash back mulai dari pakaian, tiket tempat wisata, sampai hotel untuk berlibur. Banyak situs kupon bekerja sama dengan banyak merchant dan membuat penawaran menarik untuk konsumen. Tak hanya itu, kamu juga harus jeli menemukan kode diskon saat berbelanja online.

 

Tentang Penulis