Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

Trik Memaksimalkan Saldo Rekening Tanpa Perlu Banyak Mikir

by JTO on 13 Juni, 2017

tips kaya _ investasi - CekAja.com

Siapa yang tidak ingin punya saldo gendut di rekening pribadi? Selain kesehatan dan hubungan sosial yang harmonis, rasanya kemakmuran finansial adalah hal yang paling diimpikan setiap orang.

Namun, untuk mencapainya diperlukan perjuangan yang berat. Tak jarang seseorang pun sampai harus mengorbankan kesehatan. Banyak orang juga percaya, kecerdasan intelektual jadi faktor yang menentukan kemakmuran finansial seseorang.

Maksudnya, tanpa keahlian mengelola uang, trik menabung, dana yang dimiliki pasti sulit bertumbuh. Lantas, bagaimana dengan orang yang seluruh tenaga dan pikirannya sudah dicurahkan untuk pekerjaan?

Nah, 5 trik finansial di bawah ini bisa membantu memaksimalkam dana tanpa banyak mikir. Yuk, baca ulasannya.

Gunakan rekening yang tak memotong biaya administrasi

Di zaman modern seperti sekarang, sepertinya sudah tidak banyak lagi orang menyimpan uang tunai dalam jumlah besar di rumah. Alasannya karena tidak ada keuntungan yang diperoleh bahkan cenderung merugikan. Bayangkan saja, bila ada musibah, uang yang disimpan bisa saja raib tak tersisa. Oleh karenanya, jasa tabungan lembaga keuangan menjadi pilihan.

Sayangnya, banyak orang yang enggan menyimpan uangnya di instrumen tersebut karena besarnya potongan biaya. Jika dihitung, biaya administrasi bulanan, biaya transfer, bahkan biaya pembayaran maupun pembelian seperti iuran listrik, PDAM, pulsa, internet dan lain sebagainya bisa mencapai puluhan ribu rupiah bahkan ratusan ribu rupiah per bulan. Oleh karenannya, dengan rekening bebas biaya administrasi, kita bisa melindungi saldo kita dari pengurangan yang tak menguntungkan.

Tempatkan dana di reksadana pasar uang

Bila tidak punya waktu untuk mengembangbiakkan uang atau tak punya pengetahuan mencukupi tentang saham, obligasi atau instrumen pengembangan dana lainnya, ada alternatif yang bisa dipilih yakni reksadana. Sekadar informasi, reksadana merupakan instrumen yang memungkinkan orang menanamkan dananya di pasar saham, keuangan dan obligasi melalui jasa manajer investasi.

Dengan memiliki reksadana, tak perlu punya pengetahuan mendalam tentang saham, keuangan bahkan obligasi untuk bisa mendapatkan keuntungan dari instrumen-instrumen itu. Tinggal duduk manis dan tanpa banyak mikir, dana yang ditanam akan tumbuh dengan baik.

Tempatkan dana di rekening super aman

Berita mengenai pembobolan rekening bukan sekadar isapan jempol. Banyak sudah yang menjadi korban. Bahkan, nasabah bank kelas kakap sekalipun tak terhindar dari risiko ini. Bagi orang yang ingin saldo rekeningnya bertumbuh, tentu harus berhati-hati memilih tempat menyimpan dana.

Jangan sampai uang yang sudah susah payah dikumpulkan raib digondol pelaku kejahatan. Untuk itu, pilih rekening yang diproteksi oleh teknologi canggih dan berlapis. Dengan sistem keamanan yang baik, risiko rekening kita dicuri jadi semakin kecil.

Gunakan rekening cerdas

Rekening cerdas adalah rekening yang mampu membantu kita menunaikan transaksi sehari hari. Oleh karenanya, saat memilih tempat menabung, carilah produk yang menyediakan fitur lengkap mulai dari membayar tagihan kartu kredit, BPJS kesehatan hingga listrik/PLN.

Jangan lupakan juga kanal pembelian seperti voucher pulsa, internet hingga token PLN. Selain menghemat waktu kita, rekening seperti ini akan menghemat uang. Bayangkan saja, bila fitur tidak lengkap, kita harus membayar langsung tagihan tersebut pada loket atau harus merogoh kocek lebih dalam saat membayarnya di mini market atau jasa pembayaran tagihan dan pembelian sejenisnya.

Diawasi oleh pemerintah

Jangan pernah menyimpan dana pada entitas yang tidak resmi. Sebab, hal ini akan merugikan di kemudian hari. Tentu kita masih ingat pada tawaran investasi bodong milik Panda Group yang merugikan nasabah hingga ratusan miliar rupiah. Berhati-hatilah pada tawaran investasi yang mengimingi keuntungan berlipat namun tidak memiliki izin resmi dari otoritas terkait seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk membantu nasabah yang ingin mendapatkan lima manfaat di atas, IPOTPAY sebagai platform financial technology (fintech) terbaru hadir sebagai jawaban. IPOTPAY merupakan produk yang mampu memaksimalkan saldo nasabah sekaligus bisa digunakan untuk urusan bayar, beli, hingga transfer dana di hari yang sama. IPOTPAY juga dapat difungsikan sebagai asisten pribadi karena bisa melakukan otomatisasi pengaturan pembayaran dan pembelian berkala (smart schedule payment dan smart auto subscription).

Dengan IPOTPAY, dana yang dimiliki dapat dikerek secara maksimal. Sebab, dana akan ditempatkan secara otomatis di reksadana pasar uang – yang setahun terakhir mampu menoreh hasil di kisaran 7-9% per tahun (gross). Hasil di kisaran ini tergolong lebih besar dari e-wallet atau platform lainnya. Dana yang dikelola pun lebih maksimal lantaran aktivitas pembayaran, pembelian dan transfer melalui IPOTPAY tanpa biaya bulanan, tanpa limit dan tanpa potongan biaya apapun.

Nasabah juga tak perlu khawatir akan keamanan. Sebab, selain terdaftar dan diawasi OJK IPOTPAY juga diproteksi dengan sistem keamanan SSL 256 bit dan three layer security (password, secure PIN, dan kode OTP). Sistem keamanan lapis tiga ini terbilang selangkah lebih maju dari dunia perbankan yang hanya menggunakan 2 Factor Authentication (2FA) yaitu level password dan level OTP. IPOTPAY disokong 3 Factor Authentication (3FA) yaitu level password, randomized numerical PIN dan OTP (One Time Password).

Level password terdiri atas kombinasi (minimum) 8 digit angka, huruf dan spesial karakter. Sementara level randomized numerical PIN adalah sistem pengacakan 10 digit nomor yang hanya bisa dipilih melalui klik atau layar sentuh hasil kreasi team IT IndoPremier. Asal tahu saja, lapis keamanan ini mampu mengantisipasi malware seperti key-logger.

Sementara itu, level OTP sendiri berupa password acak dan unik yang dikirimkan melalui SMS kepada pengguna dengan masa berlaku 3 menit. Dengan sistem keamanan lapis tiga ini data pribadi  pun akan aman dan terlindungi dari ancaman hacker yang mencoba membobol rekening. Tertarik memaksimalkan saldo rekening tanpa perlu banyak mikir dan khawatir?

Buka akun IPOTPAY sekarang juga melalui www.ipotpay.com atau unduh langsung apps IPOTPAY di Play Store atau App Store.

 

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.