Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Trik Memilih Pakaian ala Ahli Belanja yang Bikin Hemat Uang

by Tisyrin N. T on 31 Januari, 2017

tips fashion - CekAja.com

Belanja pakaian kelihatannya gampang. Namun, seringkali kita menyesal setelah melakukannya.

Alasannya bermacam-macam, mulai dari kekecilan karena tak sempat mencobanya, ada bagian yang cacat, atau jahitan yang mudah sobek. Nah, agar kamu tidak buang-buang uang, pilihlah pakaian berkualitas. Berikut ini tips belanja dari Debbie Roes, creator blog Recovering Shopaholic, tentang cara memilih pakaian.

Rentangkan kain pada cahaya terang

Untuk menilai kualitas suatu barang, pegang kain di bawah cahaya yang terang. Misalnya, dua blus sutra yang berbeda dihadapkan pada cahaya yang kuat. Semakin tebal material, berarti semakin tinggi pula kualitasnya.

Lakukan tes “mengerut”

Bentuk kain menjadi bola dalam kepalan tangan kamu, tahan selama beberapa detik dan kemudian lepaskan. Apakah kain tetap berkerut atau kerutannya menghilang dengan cepat?  Jika tidak dapat bertahan dalam kondisi kusut selama beberapa beberapa detik di tangan kamu, mungkin pakaian tersebut tidak akan awet.

hoki seru - CekAja.com

Jika membeli pakaian bermotif, pastikan terlihat pas

sub-buzz-29314-1481911809-1

Kalau kamu tertarik membeli pakaian dari bahan bermotif, perhatikan susunan motifnya di bagian sambungan. Periksa jahitan di bagian tepi pakaian dan setiap kantong untuk mengetahui apakah kualitasnya tinggi atau tidak. Kamu bisa mencocokkan motif kotak-kotak atau garis horizontal di pakaianmu. Kalau susunannya terlihat kurang pas, tinggalkan pakaian tersebut.

Periksa pakaian setelah mencobanya

Pakaian yang dibuat dengan baik dapat mempertahankan bentuk aslinya. Jika terlihat berbentuk aneh setelah memakainya selama lima menit, jangan membelinya. Jadi, sebelum meninggalkan ruang pas, lihatlah apakah ada kecacatan yang sudah mulai terbentuk atau tidak. Kamu harus teliti agar tidak membuang-buang uang. (Baca juga: Tips Menata Rumah yang Sesuai dengan Feng Shui)

Jika kamu belanja kain tipis atau lingerie, cari jahitan atau kampuh Perancis

sub-buzz-7456-1481912599-1

Jahitan atau kampuh Perancis adalah teknik finishing favorit desainer. Gunanya untuk menyambung kain. Dengan kampuh Perancis, pakaian akan terlihat rapi dan tidak ada jahitan kasar yang akan mengganggu kulitmu.

Bahan pelapis selalu menjadi tanda baik

Untuk membeli pakaian jenis tertentu, kamu harus memperhatikan ada tidaknya bahan pelapis. Untuk jaket misalnya, jaket yang baik selalu punya bahan pelapis.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami