Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Trik Menghemat Belanja Bulanan Bagi IRT di Tengah Merebaknya Corona

by Estrin Vanadianti Lestari on 6 April, 2020

Bagi ibu rumah tangga (IRT) mengatur keuangan belanja bulanan, sepertinya sudah menjadi sebuah kewajiban. Tidak hanya itu, IRT juga harus pintar-pintar dalam mengalokasikan biaya belanja bulanan, dengan cara menerapkan trik menghemat belanja bulanan agar kesehatan finansial tetap terjaga.

tips menghemat belanja

Covid-19 Memengaruhi Perekonomian Negara dan Warga

Terlebih saat ini kondisi Indonesia sedang dilanda wabah Covid-19 atau virus corona. Di mana, selain mengakibatkan banyak korban berjatuhan, perekonomian di Indonesia juga ikut tertekan dan hal tersebut sangat berpengaruh terhadap warganya.

Pasalnya, merebaknya virus corona di sejumlah negara termasuk Indonesia, membuat hampir seluruh warganya ketar-ketir, dalam mengatasi masalah ini. Di Indonesia sendiri, pemerintah sudah menganjurkan kepada warganya untuk diam di rumah, semenjak ada kasus corona masuk Indonesia awal Maret lalu.

Pendapatan Pekerja hingga Pedagang Kecil Berkurang

Hal ini pun membuat banyak para pekerja yang akhirnya tidak bekerja, karena beberapa perusahaan memberlakukan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah. Namun, seperti yang diketahui ternyata tidak semua jenis pekerjaan, bisa dilakukan di rumah, misalnya seperti pekerja di bidang jasa dan pelayanan.

Sehingga, hal tersebut membuat penghasilan beberapa pekerja menjadi berkurang, sebut saja seperti para ojek online yang semakin hari terus kekurangan pelanggan. Nah, disinilah peran ibu rumah tangga sangat penting dalam menerapkan trik menghemat belanja bulanan.

IRT Tidak Disarankan Panic Buying

Namun, sebagai warga negara yang baik, kamu juga tidak disarankan untuk panic buying (belanja berlebihan), karena hal tersebut sangat egois dan hanya mementingkan diri sendiri. Lantas, bagaimana untuk menerapkan trik menghemat belanja bulanan bagi ibu rumah tangga, di tengah wabah corona seperti ini?

(Baca Juga: Tips Belanja Hemat dengan Kartu Kredit CIMB Niaga)
Trik Menghemat Belanja Bulanan Bagi IRT di Tengah Merebaknya Corona

Nah, daripada panik, bingung, dan uang belanja jadi habis secara tidak jelas, yuk intip trik menghemat belanja bulanan berikut ini:

1. Berbelanja di Pasar Tradisional atau di Agen Grosir

Trik menghemat belanja bulanan yang pertama adalah berbelanjalah di pasar tradisional, tukang sayur gerobakan, atau agen grosiran. Tidak seperti di supermarket, berbelanja terutama sayuran di pasar tradisional atau di tukan sayur gerobakan, harganya jauh lebih murah.

Sehingga, kamu bisa menghemat dengan membeli sayuran segar dengan harga miring, bahkan kamu bisa tawar menawar. Selain itu, dengan berbelanja di pasar tradisional atau di tukang sayur gerobakan, kamu secara tidak langsung membantu pedagang kecil menghabiskan dagangannya.

Tidak hanya berbelanja sayuran, jika kamu membutuhkan bahan pokok, kamu juga bisa berbelanja di toko agen grosiran. Sama hal pasar tradisional, harga bahan pokok di toko agen grosiran juga lebih murah ketimbang di supermarket, yang harganya sudah diakumulasi dengan biaya pajak.

Namun, biasanya kamu harus membeli dalam jumlah lusin atau jumlah besar (tidak ecer), di toko agen grosiran ini. Dengan begini, kamu bisa lebih menghemat pengeluaran belanja bulanan.

Banner Kredivo

2. Membuat Catatan Rencana Belanja

Nah, sebelum pergi ke pasar tradisional atau toko agen grosiran, sebaiknya kamu membuat catatan rencana belanja, sebagai salah satu trik menghemat belanja bulanan.

Pastikan kamu mencatat barang apa saja yang akan dibeli sesuai kebutuhan. Hal ini dilakukan, agar sesampainya kamu di pasar atau agen, kamu tidak lupa membeli apa yang harus dibeli.

Selain itu, catatan rencana belanja juga sangat membantumu menekan keinginan, untuk tidak membeli barang yang tidak dicatat alias tidak dibutuhkan.

3. Bedakan Belanja Harian, Mingguan, dan Bulanan

Trik menghemat belanja bulanan berikutnya ini juga penting untuk dilakukan, apalagi di tengah kondisi negara yang sedang bermasalah. Pasalnya, kamu jangan sampai salah membeli barang, dan pastikan disesuaikan dengan kebutuhan dan ketahanan harian, mingguan dan bulanan.

Berikut pembagian barang-barang yang bisa kamu beli sesuai ketahanan barang itu sendiri:

  • Belanja bulanan:

Kamu bisa membeli kebutuhan bulanan yang sifatnya tahan lama, seperti beras, minyak goreng, hingga terigu, beserta kebutuhan mandi.

  • Belanja mingguan:

Mungkin kamu bisa menyesuaikan barang yang ketahanannya bisa tahan selama seminggu. Misalnya telur, bumbu dapur, galon air, makanan instan, daging dan bahan-bahan lain-lainnya.

  • Belanja harian:

Mungkin kamu bisa membeli bahan-bahan yang sifatnya tidak bisa tahan lama. Misalnya seperti sayuran, roti, tempe, tahu, buah-buahan, atau jika ingin jajan-jajan dan membeli lauk di luar, kamu bisa menggunakan uang belanja harian.

4. Cari Diskonan di E-commerce

Ditengah merebaknya virus corona di sejumlah kota di Indonesia, membuat beberapa daerah di-lockdown secara lokal. Hal tersebut pun membuat warga kesulitan untuk berbelanja ke luar rumah.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena kamu bisa melakukan kegiatan belanja online melalui beberapa e-commerce. Kamu bisa berbelanja keperluan rumah tangga, bahan pokok, hingga sayuran segar.

Nantinya, belanjaan kamu akan diantar oleh jasa pelayanan antar barang atau ekspedisi, atau juga bisa melalui ojek online. Sehingga, kamu tidak perlu keluar rumah, dan terpapar virus corona.

Tidak hanya itu, selain mudah dan praktis, kamu juga bisa memanfaatkan diskon, promo, flash sale dengan berbelanja online. Hal ini juga bisa dilakukan sebagai salah satu trik menghemat belanja bulanan loh.

Harganya pun bisa lebih murah ketimbang membeli langsung di supermaket. Kamu juga bisa berkesempatan mendapatkan ongkos kirim gratis, jika berbelanja dengan jumlah yang sudah ditentukan pihak e-commerce.

5. Cek Perbandingan Harga Sebelum Belanja

Trik menghemat belanja bulanan yang tidak kalah penting dilakukan adalah membandingkan harga sebelum berbelanja. Untuk trik ini, kamu bisa terapkan ketika belanja langsung di pasar, minimarket atau di e-commerce.

Bagaimana cara membandingkannya? Kamu bisa membandingkan harga barang dengan jenis yang sama namun beda merek, atau beda lokasi pembelian, jika langsung beli di pasar.

Jika berbelanja di e-commerce, kamu bisa bandingkan harga di e-commerce lain, serta pastikan ada diskon atau tidak.

Pastikan, kamu membeli barang yang dibutuhkan dengan harga yang paling murah, namun tetap dengan kualitas yang sama dengan barang yang harganya mungkin lebih mahal.

Karena, hal itu sedikit akan membantumu dalam hal menghemat, walaupun hanya selisih Rp1.000 atau Rp2.000 saja.

Bagaimana? Semoga trik menghemat belanja bulanan di atas, bisa bermanfaat untuk para ibu ya, terutama di tengah kondisi wabah virus corona seperti sekarang ini.

(Baca Juga: Tips Belanja Online Aman dengan Kartu Kredit BRI)
Mau Lebih Hemat Lagi? Yuk Belanja Pakai Kartu Kredit Khusus Belanja

Nah, buat para ibu modern yang mau lebih hemat lagi, kamu bisa berbelanja di e-commerce dengan menggunakan kartu kredit khusus untuk belanja lho. Kok bisa?

Pasalnya, selain praktis, berbelanja menggunakan kartu kredit juga bisa memberikanmu berbagai keuntungan. Misalnya seperti tambahan diskon merchant, cashback, hingga rewards.

Selain memiliki kartu kredit, sebenarnya kamu juga bisa menggunakan layanan dari Kredivo loh. Soalnya platform ini memiliki layanan PayLater untuk belanja di merchant-merchant pilihan, seperti Tokopedia, Shopee, serta Blibli.com. Enggak perlu khawatir akan kualitasnya, karena Kredivo sudah pasti terdaftar dan diawasi oleh OJK Indonesia.

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk