Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Trik Perkuat Sinyal Ponsel Lemot dan Cek Kuota Internet Indosat IM3

by Gentur Putro Jati on 26 April, 2019

Kuota internet sudah menjadi kebutuhan hidup masyarakat modern. Agar bisa terhubung dengan dunia maya, kamu harus memiliki kuota internet yang memadai di ponsel, laptop, maupun gadget lainnya.

smartphone Apple

Bagi kamu pengguna provider Indosat, pasti tak asing lagi dengan cara cek kuota internet Indosat IM3 berikut ini:

  • Cara Cek Kuota Internet Indosat IM3 via Dial Telepon

Kamu tinggal menghubungi *363# bila ingin mengecek sisa kuota internet melalui cara dial telepon. Selanjutnya, pilih angka 2 (internet, nelp & SMS), angka 8 (status & info), dan angka 1 (cek kuota). Maka layar ponsel akan segera menampilkan sisa kuota kamu.

  • Cara Cek Kuota Internet Indosat IM3 via Dial SMS

Kalau ingin mengecek sisa kuota internet Indosat IM3 menggunakan SMS, kamu tinggal ketik USAGE lalu kirim ke 363. Balasan tentang informasi sisa kuota kamu akan dikirimkan melalui SMS.

  • Cara Cek Kuota Internet Indosat IM3 via Aplikasi

Kamu juga dapat mengecek sisa kuota melalui aplikasi Android maupun iOS. Unduh dulu aplikasi myIM3 pada Google Play Store atau App Store. Selanjutnya, isilah data diri dan nomor ponsel agar bisa login. Bila sudah berhasil login aplikasi myIM3 akan menampilkan informasi tentang kuota internet dan jenis kuota lainnya.

Bukan hanya cara cek kuota internet yang harus kamu pahami. Sebaiknya kamu juga mengetahui cara memperkuat sinyal internet agar aktivitasmu tidak terhambat oleh internet yang lemot:

  1. Lakukan Refresh dengan Mode Pesawat Terbang

Ponsel canggih pasti dilengkapi dengan mode pesawat terbang. Kamu dapat memanfaatkan mode tersebut untuk memperkuat sinyal internet.

Caranya, aktifkanlah mode pesawat terbang selama 5 hingga 10 menit. Lalu matikan ponsel selama beberapa menit.

Setelah menyalakannya kembali, matikan mode pesawat terbang dan pilihlah setting normal. Maka ponsel kamu akan mencari pemancar sinyal terdekat secara otomatis. Kamu pun tak akan lagi mengalami kendala sinyal internet lemot.

  1. Pergi ke Luar Ruangan atau Tempat yang Lebih Tinggi

Bukan rahasia lagi bila sinyal internet akan lebih kuat kalau kamu berada di luar ruangan. Bila membutuhkan koneksi internet untuk hal-hal yang sifatnya mendesak, cobalah pergi sebentar ke luar ruangan. Selain itu, sinyal internet juga kerap melemah kalau kamu ada di basement atau ruangan bawah tanah. Pergi ke tempat yang posisinya lebih tinggi akan membantu kamu mendapatkan sinyal internet secara maksimal.

  1. Gunakan Stiker Penguat Sinyal

Tahukah kamu kalau saat ini ada stiker ponsel yang bermanfaat menguatkan sinyal internet?

(Baca juga: Metamorfosa Ponsel dari Tahun ke Tahun, Sekarang Ada yang Foldable)

Stiker tersebut berisi logam tipis yang sudah dikondisikan layaknya antena untuk menangkap pancaran sinyal. Sehingga sinyal internet pada ponsel kamu akan berangsur-angsur menguat. Tempelkan stiker di sekitar baterai ponsel dan cobalah rasakan perbedaannya.

  1. Perbaiki Posisi Kartu SIM

Posisi kartu SIM yang agak bergeser juga dapat menyebabkan sinyal internet lemot. Solusinya, kamu harus mematikan ponsel dan melepas kartu SIM sejenak. Diamkan selama beberapa menit lalu pastikan bahwa kamu sudah memasang kartu SIM dengan posisi yang tepat.

Ketika kamu kembali menyalakan ponsel, niscaya kondisi sinyal internet akan segera membaik.

  1. Lepas Case Ponsel

Tahukah kamu kalau case ponsel yang terlalu tebal juga dapat menghambat sinyal internet. Sebaiknya kamu menggunakan case yang teksturnya lebih tipis agar ponsel tidak kesulitan mengidentifikasi sinyal internet. Kalau selama ini sinyal internet pada ponsel kesayangan kamu kerap bermasalah, mungkin sudah saatnya memeriksa case yang kamu gunakan.

Sekarang, banyak case ponsel berkualitas yang tidak terlalu tebal tetapi mampu memberikan perlindungan maksimal bagi ponsel kesayangan kamu.

  1. Jangan Aktifkan Fitur Power Saving

Hampir semua brand ponsel kini memiliki fitur power saving untuk menghemat penggunaan kuota internet. Sayangnya, fitur tersebut kadang-kadang juga mempengaruhi koneksi internet saat kamu menggunakannya. Alangkah lebih baik jika kamu tidak mengaktifkan fitur power saving. Sehingga ponsel bisa bekerja dalam mode normal dan mampu mengidentifikasi sinyal internet secara maksimal.

  1. Pilih provider dengan jaringan kuat

Biasanya setiap provider memiliki area jangkauan khusus yang pasti berbeda dengan provider lainnya. Misalnya, provider X lebih unggul di kota A sedangkan provider Y lebih unggul di kota B. Itulah sebabnya kamu wajib mempertimbangkan pilihan provider yang tepat sesuai daerah tempat tinggal kamu.

  1. Pastikan Baterai dalam Kondisi Penuh

Ada pula jenis ponsel yang membatasi penggunaan internet ketika pemakaian baterainya mulai menyusut. Tujuannya tentu saja agar penggunaan baterai menjadi lebih hemat karena tak perlu mencari sinyal internet terus-menerus. Hal tersebut bisa kamu atasi dengan cara memastikan baterai ponsel selalu dalam keadaan penuh. Terutama bila kamu akan melakukan perjalanan jauh. Maka kamu tak akan terganggu dengan sinyal internet yang melemah ketika sedang menggunakan ponsel.

(Baca juga: Cek 5 Aplikasi Ponsel yang Buat Anak Betah Belajar di Rumah)

Sinyal internet yang memadai akan mendukung segala aktivitas kamu yang membutuhkan dukungan ponsel. Kamu bisa mengirim email, chat, melakukan panggilan telepon, atau melakukan hal-hal lainnya secara mudah.

Pastikan pula bahwa kamu memilih kuota internet yang tepat sesuai kebutuhan agar tidak mendadak habis ketika sedang digunakan. Banyak pilihan kuota internet hemat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Seperti halnya mencari produk keuangan seperti kartu kredit, asuransi, kredit tanpa agunan (KTA), kredit pemilikan rumah (KPR) dan lain sebagainya, yang kini semakin mudah dengan memanfaatkan rekomendasi dari CekAja.com.

 

Tentang Penulis

Gentur Putro Jati

Ego in debitum, ergo sum

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami