Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Trik Satu Ini Bikin Pengeluaran untuk Anak Hemat 50%

by Surtan Siahaan on 4 Juni, 2016

menabung untuk anak _ investasi - CekAja.com

Membesarkan anak punya tantangan tersendiri, khususnya dalam hal finansial. Sebab, pengeluaran untuk anak mulai dari sekolah, hobi hingga kebutuhan aktivitas lainnya bisa sangat menguras dompet. Bila tidak dihemat, biasa-bisa alokasi untuk tabungan dan keperluan lainnya jadi tersisihkan.

Padahal, sangat sulit untuk membatasi kebutuhan anak. Namun, ada sejumlah trik yang bisa kamu lakukan untuk menghemat pengeluaran satu ini. Berikut bocorannya:

Beli bekas

Mulai dari peralatan olahraga, mainan anak hingga perlengkapan lainnya bisa dibeli murah dalam keadaan bekas. Ada banyak situs belanja online yang menawarkan barang-barang bekas berkualitas dengan harga lumayan. Selain harga yang lebih murah, membeli bekas juga menguntungkan karena anak-anak tumbuh dengan cepat dan kehilangan ketertarikan atas mainannya.

Bila kamu punya anak yang senang balt atau basket, coba hitung berapa biaya yang dikeluarkan untuk membeli sepatu yang perlu diganti tiap tahunnya karena pertumbuhan badan. Dengan membeli barang bekas, kamu bisa menghemat banyak uang. (Baca juga: Pekerjaan di Balik Layar Tapi Bergaji Besar)

Coba satukan aktivitas semua anak

Bila kamu punya tiga anak dan semuanya punya aktivitas berbeda. Pada hari Sabtu si sulung dan si nomor dua latihan basket dan yang paling bungsu memilih bermain sepakbola. Tentu kamu akan kelelahan menjemput dan mengantarkan anak-anak di tempat yang berbeda. Selain itu, ongkos transportasi yang dikeluarkan jadi bertambah. Untuk menyiasatinya, kenapa tidak satukan lokasi aktivitas anak-anak kamu.

Gunakan kartu kredit saat belanja

Selalu tanyakan promo dan diskon saat kamu bertransaksi secara tunai. Bila tidak, gunakan kartu kredit untuk mendapatkan diskon atau promo. Dengan menggunakan kartu kredit secara bijak, kamu bisa menghemat anggaran belanja lumayan banyak. (Baca juga: Ini Alasan Orang Gagal Mencapai Kemapanan Finansial di Usia Matang)

Hindari beli dengan rental

Daripada menghabiskan uang jutaan rupiah untuk membeli stroller, rental perlengkapan bayi menyediakan item yang sama dengan harga ratusan ribu untuk jangka waktu tertentu. Lagi pula, membeli stroller akan mubazir jika kamu bukan orang yang sering berpergian. Selain itu, barang yang senaiknya disewa adalah box bayi. Perlengkapan satu ini berguna namun tidak terlalu penting.

Alasan orang tua membeli box bayi biasanya untuk keamanan saat harus ditinggal beraktivitas dalam rumah. Perlengkapan ini biasanya dibutuhkan ketika bayi mulai merangkak atau berjalan. Namun, karena harga box bayi tidak murah, sebaiknya beli ranjang bayi yang satu paket dengan baby box. Selain lebih hemat uang juga lebih hemat ruang. Apalagi untuk rumah dengan lahan yang terbatas.

Tentang Penulis

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami