Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Tujuan Liburan Hemat ke Luar Asia di Bawah Rp1 Juta Per Hari

by Arfan Wiraguna on 20 Mei, 2015

Bagi banyak orang, berlibur ke luar Asia selalu dikaitkan dengan mengeluarkan dana besar. Mulai dari tiket, penginapan, dan pengeluaran lain, semua perhitungan bujet tersebut malah menambah beban sebelum liburan. Ternyata, ada beberapa pilihan tujuan wisata—termasuk di Eropa dan Amerika—dengan bujet di bawah Rp1 juta per hari. Apa saja?

Masalah bujet menjadi hal penting dalam merencanakan liburan. Apalagi liburan yang akan dilakukan adalah ke luar negeri. Jangan sampai, tadinya ingin liburan untuk hilangkan penat, namun karena terbatasnya bujet malah menambah beban pikiran.

Jangan khawatir. Berdasarkan data yang dikutip Thrillist – media yang fokus mengulas tentang makanan, minuman, dan tempat liburan – berikut adalah beberapa tujuan liburan luar negeri menarik yang bisa Anda kunjungi dengan bujet di bawah Rp1 juta per hari. Jumlah bujet tersebut sudah termasuk biaya makan dan penginapan sehari-hari, tetapi diluar ongkos tiket pesawat dan pembuatan visa. Apa saja pilihan yang ada, berikut ulasannya.

1. Fiji

Terletak di Samudra Pasifik Selatan, Fiji adalah negara merupakan tujuan wisata populer diantara para pelancong. Negara ini memang memiliki banyak penginapan dengan tarif 1.000 dolar AS (setara dengan Rp13 juta) per malam, tetapi juga memiliki banyak kamar asrama, hostel dan wisma dengan biaya 25 dolar AS (sekitar Rp330 ribu) per malam. (Baca juga: Mau Liburan Aman, Hindari 4 Mitos Asuransi Perjalanan Ini)

Untuk biaya transportasi, Anda cukup membayar ongkos untuk berkapal antar pulau yang cukup murah. Namun jika memutuskan untuk bersantai sejenak di sekeliling pantai, maka Anda sama sekali tidak dikenakan biaya transportasi.

Banyak tempat-tempat perbelanjaan yang dapat dikunjungi di sini. Contohnya menikmati kemurnian pantai yang ada, menyelam, dan mencicipi berbagai hidangan laut sambil mengobrol bersama penduduk lokal yang ramah. 

2. Portugal

Negara lainnya, yang termasuk ke dalam benua Eropa, adalah Portugal. Negara ini memiliki banyak pantai yang indah, anggur yang lezat, tebing yang menakjubkan dan berbagai kota bersejarah dengan ongkos yang terjangkau.

Ibu kota negara ini, Lisbon, merupakan salah satu tempat yang memiliki hotel bintang lima dengan tarif yang terjangkau. Belum lagi, sajian makanan spesial—khususnya seafood—yang buat langsung oleh para penduduk lokal, menjadikan tempat ini kian sempurna. (Baca juga: Mau ke Eropa? Miliki Dulu Visa Schengen dan Asuransi Perjalanan)

3. Peru

Sebagian besar orang yang datang kemari tertarik dengan situs Jejak Inca. Namun sebenarnya, banyak wisata yang bisa ditawarkan oleh negara ini selain hal itu. Berlayar di sungai Amazon, mengunjungi pasir putih Mancora, dan mengeksplorasi reruntuhan bangunan dari suku Inca, seperti Moray dan Choquequirao.

Harga satu set paket makan, tidak lebih dari 5 dolar AS (sekitar Rp66 ribu), sedangkan biaya wisma pribadi adalah sekitar 25 dolar AS (setara dengan Rp33 ribu). Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi berbagai tempat di negara ini dengan ongkos kurang dari 30 dolar AS (sekitar Rp400 ribu).

4. Bulgaria, Rumania, Moldova dan Negara-negara Sekitar

Negara-negara yang terletak di bagian timur Benua Eropa ini—termasuk Ukraina dan negara lain di Balkan—merupakan destinasi wisata yang cocok untuk menjadi pilihan.

Anda bisa hidup layaknya raja di negara-negara ini dengan biaya kurang dari 40 dolar AS (sekitar Rp527 ribu) per hari. Biaya ini sudah termasuk 8 dolar AS untuk bermalam di Ukraina, 1,5 dolar AS untuk satu liter bir di Bulgaria, dan beberapa dolar lagi untuk paket makan di negara-negara lainnya.

5. Yunani

Sebelum negara ini bangkrut, Yunani sudah menjadi tujuan wisata bagi sebagian besar pelancong. Berapa bujet yang diperlukan bila berkunjung ke sini? Cukup dengan 3 dolar AS (sekitar Rp40 ribu), Anda bisa mencicipi roti isi khas Yunani, gyro. Minumannya pun memiliki harga yang sama. Selin itu, Anda juga bisa menikmati makan malam daging kambing ukuran jumbo hanya dengan 10 dolar AS (setara dengan Rp132 ribu). Tarif penginapannya juga sangat menarik. Biaya satu kamar tidak sampai 30 dolar AS atau di bawah Rp395 ribu.

(Baca juga: 3 Fakta Anda Wajib Punya Asuransi Perjalanan)

6. Guatemala, Nikaragua, El Salvador dan Negara-negara Sekitar

Jika Anda gemar menjelajahi reruntuhan kuno, mengelilingi hutan, berselancar dan menikmati hidangan lezat bersama dengan turis asing dari berbagai negara, maka negara-negara yang terletak di Amerika Tengah ini adalah jawabannya.

Disini Anda bisa menemukan hotel bujet yang hanya sekitar 15 dolar AS atau setara dengan Rp198 ribu per malam serta paket makan dan tiket bus dengan harga yang sama yaitu, sekitar 3 dolar AS atau setara dengan Rp40 ribu. Bahkan, bagi penggemar bir, Anda bisa menikmati minuman tersebut dengan harga di bawah satu dolar.

Jangan lupa, jika Anda berniat untuk mengunjungi negara-negara tersebut beberapa hal penting yang perlu dimiliki adalah asuransi perjalanan dan cadangan tabungan. Dengan begitu, perjalanan Anda pun bebas khawatir.

Bagasi hilang, pesawat terlambat, dan risiko lain ditanggung asuransi perjalanan. Dapatkan di sini.

Tentang Penulis

Writer & Coffe Lover - Finansial dan ekonomi adalah makanan sehari-hari.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami