Fakta Seputar Uang Baru 2022, Apa Bedanya dengan yang Lama?

Pada 18 Agustus lalu, pemerintah baru saja memperkenalkan uang baru 2022. Berikut fakta-fakta soal uang baru dan perbedaannya dengan uang yang lama.

Fakta Seputar Uang Baru 2022, Apa Bedanya dengan yang Lama?

Bank Indonesia (BI) resmi meluncurkan 7 pecahan uang Rupiah kertas Tahun Emisi 2022. Dikutip dari Bisnis.com, peluncuran uang baru 2022 ini dihadiri langsung oleh sejumlah pejabat.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dikabarkan menghadiri peluncuran uang baru 2022.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, mewakili pemerintah dalam peluncuran tersebut menyampaikan bahwa Rupiah bukan sekadar uang, namun mata uang yang menggambarkan perjalanan bangsa Indonesia.

“Sebuah motif, spirit. Di sisi satu adalah keberagaman dan di sisi lain adalah kebersatuan. Ini adalah lambang dan sekaligus komitmen bagi kita semua,” katanya seperti dikutip dari Bisnis.com, Senin, (22/8/2022).

Lalu, ada berapa pecahan uang baru yang diluncurkan dan apa bedanya dengan uang lama? Simak beberapa fakta uang baru 2022 berikut ini.

Fakta Tentang Uang Baru 2022

1. Memperingati HUT ke-77 RI

Bank Indonesia mengatakan ada tujuh pecahan Uang Kertas Tahun Emisi 2022 yang resmi berlaku, dikeluarkan dan diedarkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bertepatan pada HUT-77 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2022.

2. Ada 7 Pecahan

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menyebut Uang Kertas Tahun Emisi 2022 terdiri dari 7 pecahan, yaitu Rp100 ribu, Rp50 ribu, Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu, Rp2 ribu, dan Rp1000.

(Baca Juga: Begini Cara Buka Tabungan Online Danamon! Praktis!)

3. Gambar

Untuk gambar, yang ada pada 7 pecahan uang baru 2022 masih tetap menggunakan gambar pahlawan nasional sebagai gambar utama.

Untuk gambar di bagian belakang yang digunakan adalah tema kebudayaan Indonesia, meliputi gambar tarian, pemandangan alam, dan flora.

Pahlawan yang dijadikan gambar pada uang baru 2022, antara lain:

  1. Gambar pahlawan nasional Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta: Pecahan Rp100 ribu.
  2. Gambar pahlawan nasional Ir. H. Djuanda: Pecahan Rp50 ribu.
  3. Gambar pahlawan nasional Dr. G.S.S.J. Ratulangi: Pecahan Rp20 ribu.
  4. Gambar pahlawan nasional Frans Kaisiepo: Pecahan Rp10 ribu.
  5. Gambar pahlawan nasional Dr. K.H. Idham Chalid: Pecahan Rp5.000.
  6. Gambar pahlawan nasional Mohammad Hoesni Thamrin: Pecahan Rp2.000.
  7. Gambar pahlawan nasional Tjut Meutia: Pecahan Rp1.000.

4. Perbedaan dengan Uang Sebelumnya

Ada tiga aspek yang berubah pada uang baru 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Perubahan ini dimaksudkan agar uang Rupiah kian mudah dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan, serta lebih sulit untuk dipalsukan.

Dengan begitu, uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan NKRI.

5. Uang Lama tetap Berlaku

Meski sudah ada uang baru 2022, uang lama tetap bisa digunakan sebagai alat transaksi yang sah. Selama, uang tersebut belum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia.

(Baca Juga: Deretan Keuntungan Tabungan Danamon D-Save, Tabungan Tanpa Biaya Admin!)

Nah itu dia beberapa fakta seputar uang baru 2022. Supaya lebih aman, simpan uangmu di tabungan yang disediakan oleh banyak perbankan.

Misalnya tabungan Danamon yang bisa kamu ajukan dengan mudah di CekAja.com. Ada dua tabungan yang bisa kamu pilih adalah produk dari Bank Danamon. Keduanya adalah Danamon Save dan Danamon Save iB syariah.

Tabungan Danamon Save tidak memerlukan setoran awal dan tidak memiliki ketentuan saldo minimal, saldo ditahan, dan bebas biaya penutupan rekening.

Suku bunga yang ditawarkan juga beragam. Besaran suku bunga ini ditentukan oleh jumlah saldo tabungan masing-masing nasabah, seperti berikut ini.

● Nasabah dengan saldo lebih dari Rp500 ribu, suku bunganya 0,10%.

● Nasabah dengan saldo lebih dari Rp50 juta, suku bunganya 0,25%.

Sementara tabungan D-Save iB adalah produk simpanan terbaik dengan prinsip syariah mudharabah (akad bagi hasil) yang diperuntukkan khusus bagi nasabah perorangan.

Tabungan ini juga bebas biaya administrasi bulanan, bebas biaya tarik tunai, cek saldo, dan transfer online antar Bank masing-masing hingga 10 kali dalam sebulan. Yuk ajukan sekarang juga!