Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ucapan-Ucapan Kontroversi Bos Teknologi di Tahun 2016

by lhmdi on 1 Desember, 2016

Menjelang tutup tahun baru 2016, tentunya akan selalu bermunculan ucapan tahun baru dengan beragam ungkapan yang menarik. Namun, ada yang berbeda di tahun 2016. Ucapan-ucapan “selamat datang” sering diungkapkan oleh para tokoh-tokoh publik terkenal dunia.

Kali ini kami akan merangkum “ucapan tahun baru” atau selamat datang khusus di bidang teknologi. Beberapa bos perusahaan teknologi terkenal memberikan berbagai ucapan, mulai dari nada-nada pesimis, optimis bahkan sebuah kritik yang membuat telinga kompetitornya menjadi panas.

Siapa saja petinggi perusahaan teknologi tersebut? Ikuti ceritanya berikut ini:

  1. Ucapan bos BlackBerry

Perusahaan yang sangat dikenal diantara tahun 2006 hingga tahun 2012. Berbekal ponsel pintar Qwerty andalan, BlackBerry merupakan sebuah fenomena di masa itu. Seiring berjalannya waktu dan munculnya perkembangan teknologi BlackBerry seakan-akan hilang ditelan oleh para pesaingnya di bisnis ponsel pintar. Samsung dengan Android, Google dengan Nexus, Apple dengan iPhone bahkan Windows dengan Windows Phone menenggelamkan BlackBerry.

“Ucapan tahun baru” yang dikeluarkan oleh CEO BlackBerry John Chen pada awal tahun 2016 yang mengungkapkan bahwa mereka akan berhenti membuat ponsel pintar pun menjadi kenyataan. Meskipun mengeluarkan seri terbaru dari ponsel pada pertengahan tahun 2016, namun sistem operasi yang dikembangkan bukan lagi milik RIM namun menggunakan Android dari Google.

Menyerahnya BlackBerry di bisnis ponsel pintar pun mendapatkan angin segar di Indonesia. Emtek, salah satu raksasa media membeli teknologi dari BlackBerry Mesenger atau dikenal dengan BBM, sebuah pesan instan yang sangat populer bagi masyarakat Indonesia dengan bekerjasama melalui anak-anak perusahaan Emtek.

Era baru ponsel pintar BlackBerry telah berakhir, bagaimana dengan nasib BlackBerry Messenger di Indonesia?

  1. Pernyataan Jokowi tentang E-commerce

Menjelang akhir tahun 2016, Presiden Indonesia melakukan kunjungan ke markas raksasa E-commerce dari Tiongkok, Alibaba. Pada kesempatan itu, Jokowi membuat ucapan yang penting di tahun 2016 dimana akan mengajak Bos Alibaba Jack Ma untuk menjadi penasehat E-commerce di Indonesia.

Pertumbuhan E-Commerce yang begitu tinggi di Indonesia membuat pemerintah sudah menyiapkan regulasi tersendiri. Untuk mendampingi perjalanan E-commerce agar bisa berjalan sukses di Indonesia Jokowi ingin Jack Ma memberikan nasehat-nasehatnya bagi pelaku bisnis.

Namun, sayangnya ucapan Jokowi ini batal terealisasi. Karena belum tercapainya kesepakatan-kesepakatan mendetil dari pemerintah dengan Jack Ma. Namun, siapa tahun di masa yang akan datang kerjasama ini benar-benar terwujud.

  1. Pernyataan menyindir Apple

LeEco, perusahaan teknologi dari Tiongkok juga pernah memcerikan “ucapan tahun baru” yang tidak nyaman di dengar oleh para petinggi Apple. Perusahaan yang dipimpinnya memberikan kritik kepada Apple dan menyebutnya sebagai sebuah perusahaan teknologi yang sudah ketinggalan jaman dan mulai kehilangan inovasi.

Ucapan ini diutarakan oleh Jia Yueting, Chairman dan CEO LeEco dalam sebuah wawancara khusus dengan salah satu televisi swasta Amerika. Namun uniknya, LeEco saat ini justru sedang mengembangkan bisnisnya di Amerika dan memiliki satu tempat R&D yang siap dibangun di Sillicon Valley. Tempat dimana Apple mengembangkan riset dan teknologi yang dimilikinya.

Kira-kira ucapan ini akan membuat Apple kembali menghadirkan inovasi terbaru dalam teknologi?

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami