Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

UKM Bisa Dapatkan Pinjam Uang Syarat Mudah dari BUMN Lho!

by Satrya Agung on 6 April, 2016

tips bisnis anti bangkrut _ kredit tanpa agunan - CekAja.com

Permasalahan klasik yang selalu dihadapi para pengusaha kecil adalah keterbatasan modal. Baik yang bisnisnya sudah berjalan, maupun yang baru akan memulai usahanya.

Di sisi lain pemerintah terus mencoba jalan keluar untuk masalah ini. Salah satunya adalah dengan terciptanya program Program Kemitraan dan Bina Lingkungan atau PKBL yang mana hasil kerjasama dengan BUMN. Di sini BUMN diwajibkan memberikan pinjam uang syarat mudah pada pelaku UKM dengan bunga rendah.

Program ini sesungguhnya sudah dicanangkan sejak lama. Tepatnya pada tahun 1999 yang lalu. Dimana tertuang dalam Peraturan Menteri Negara BUMN No: 216/M-PBUMN/1999 tanggal 28 September 1999. Dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa BUMN wajib menyisihkan 2% dari laba perusahaan dan disalurkan kepada pengusaha kecil dalam bentuk mikro-kredit. Pemberian pinjaman ini ditujukan pagi pelaku UKM yang berpotensi tumbuh besar sehingga bisa menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi.

Besar pinjaman UKM yang bisa diberikan sebesar 20 juta per UKM. Bunganya pun sangat ringan yang mana hanya 6% saja pertahun. Bunga ini jauh lebih kecil ketimbang bunga yang diberikan pihak bank ketika kita mengajukan pinjaman, yakni 15-18% pertahunnya. Jadi jika kamu mendapatkan pinjaman ringan ini sebesar 20 juta dengan jangka waktu 2 tahun berarti tiap bulan kamu hanya membayar cicilannya sebesar 900 ribu rupiah.

Program PKBL ini diharapkan bisa menjadi solusi bagi pengusaha UKM yang sedang membutuhkan pinjam uang syarat mudah. Meski demikian hingga saat ini masih sedikit pelaku UKM yang menikmati program ini. Kendalanya datang karena beberapa hal. Seperti persyaratannya yang terbilang cukup menyusahkan para wirausaha yang baru mulai berbisnis.

Syarat-syaratnya lebih kurang adalah sebagai berikut:

  • Usaha yang dijalankan sudah berusia setidaknya satu tahun
  • Mempunyai laporan keuangan sederhana dan prospek usaha ke depan.
  • Kartu Keluarga dan KTP
  • Mempunyai jaminan atau agunan

Dari persyaratan di atas, yang sering kali ditemui adalah tidak adanya laporan keuangan dan jaminan. Dengan demikian banyak pelaku UKM yang gagal mendapatkan bantuan ini. Belum lagi sedikitnya informasi yang diterima masyarakat akan keberadaan program ini.

Kendala lainnya pun datang dari sisi BUMN itu sendiri. Seperti batasan pinjaman yang diberikan (20 juta untuk bantuan pertama kali) sedangkan anggaran yang tersedia sangatlah besar. Sebagi contoh kendala yang dialami Bank Mandiri, dana Program Kemitraan yang tersedia sekitar 196 Miliar.

Ini artinya Bank Mandiri harus mendapatkan mitra binaan sebanyak 9.800 mitra binaan. Ini bukanlah jumlah yang sedikit. Bayangkan jika ada 100 BUMN yang mempunyai dana program kemitraan yang jumlah hampir sama dengan Bank Mandiri tadi. Angka yang sangat fantastis bukan.

Belum lagi yang mengelola program ini di tiap BUMN dijalankan oleh pegawai meraka yang notabene-nya mempunyai tugas harian. Alhasil mereka harus berburu mitra di akhir pekan. Padahal agar lebih bisa dikelola dengan tepat dan cepat maka harus ada tim khusus yang menanganinya.

Meski demikian program ini haruslah kita sambut gembira. Semua pihak haruslah bekerja sama. Dan bagi pengusaha UKM pun harus bisa bergerak cepat dan jemput bola. Jangan hanya sekedar menunggu sambil bertopang dagu saja. Dengan mengetahui informasi seperti ini diharapkan bisa langusung mencari tahu info lengkapnya. Bisa saja dengan mendatangi tiap kantor BUMN yang ada di kota kamu.

Bagaimana? Semakin banyak bukan sumber pinjam uang syarat mudah untuk pengusaha UKM?! Ayo semangat untuk terus berkarya ya.

Tentang Penulis

Satrya Agung

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami