Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Umumkan Royal Exit, 5 Aturan Kerajaan Ini Pernah Dilanggar Pangeran Harry

by Sindhi Aderianti on 13 Januari, 2020

Pangeran Harry dan Meghan Markle membuat pengumuman yang amat mengejutkan di awal tahun ini. Melalui akun Instagram resmi mereka @sussexroyal, keduanya memutuskan untuk mundur dari anggota senior keluarga Kerajaan Inggris.

Selain itu, orangtua dari  Archie Mountbatten-Windsor tersebut berkomitmen membiayai hidup sendiri tanpa Sovereign Grant alias tunjangan kerajaan lagi. Untuk memulai kembali segalanya dari nol, mereka berencana pun ingin pindah ke Amerika Serikat, negara asal Meghan.

Secara teknis, pasangan yang bergelar Duke dan Duchess of Sussex itu hanya mundur sebagai anggota ‘senior’ kerajaan. Namun mereka tetap menjadi bagian keluarga monarki tersebut dan bisa mengabdi serta bekerja untuk kerajaan.

Lantas bagaimana reaksi Ratu Elizabeth II? Mengutip CNN internasional, ratu yang telah memimpin Britania Raya Selama 67 tahun ini sangat kecewa lantaran enggan membicarakannya dulu dengan pihak Istana.

Pangeran Charles selaku ayah pun bahkan dilaporkan sangat geram terhadap pengumuman tersebut. Sementara kakaknya, Pangeran William terlihat pasrah tentang keputusan Harry. Ia mengatakan, satu-satunya hal yang bisa ia lakukan adalah mendukung sang adik.

Keputusan tersebut pastinya menimbulkan konsekuensi yang harus ditanggung pasangan tersebut. Ini dia sejumlah fakta menarik yang mengiringi keputusan Harry dan Meghan resign dari Kerajaan Inggris:

Selamat Tinggal Tunjangan 5 Juta Pounds - Umumkan Royal Exit
Source: uk.reuters.com

Mundur dari Royal Family, seperti yang tadi dikatakan Pangeran Harry dan Meghan Markle otomatis bakal mencari sumber pundi-pundi untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya sendiri. Praktis, sokongan materi dari kerajaan pun tak bisa lagi mereka dapatkan.

Seperti dikutip Daily Mail, setiap tahunnya Ratu Elizabeth II mendapat upah ‘Sovereign Grant’ sebesar 82 juta poundsterling atau sekitar Rp1,4 triliun dari pajak rakyat. Melalui dana tersebut, Ratu Elizabeth II mengalokasikan 5 juta poundsterling untuk Pangeran Harry dan kakaknya, Pangeran William.

Keluar dari Royal Family Gara-gara Foto - Umumkan Royal Exit, 5 Aturan Kerajaan Ini Pernah Dilanggar Pangeran Harry
Source: rollingstone.com

Keputusan mengejutkan Pangeran Harry dan Meghan Markle ini tentu ada trigger yang membuatnya semakin mantap untuk melepas keanggotaan senior Kerajaan Inggris. The Times menuliskan, usut punya usut penyebab keduanya mundur adalah karena masalah foto.

Menyambut Tahun Baru 2020, Ratu Elizabeth II memang diketahui sempat merilis foto kerajaan bersama tiga ahli warisnya, yakni Pangeran Charles, Pangeran William, dan Pangeran George.

Hal ini membuat Duke of Sussex merasa kecewa karena tak diajak, mengingat ia pun adalah salah satu pewaris kerajaan walaupun ‘jalan’ menuju tahta itu masih sangatlah jauh.

Pangeran Harry dan Istri Sulit Patuhi Aturan Kerajaan - Keluar dari Royal Family Gara-gara Foto - Umumkan Royal Exit, 5 Aturan Kerajaan Ini Pernah Dilanggar Pangeran Harry
Source: hellomagazine.com

Menjadi anggota Royal Family kerajaan Inggris, siapapun itu berarti harus mematuhi aturan-aturan yang sudah ditetapkan. Dalam setahun terakhir, Pangeran Harry dan Meghan Markle lima kali terlihat tak acuh dengan beberapa golden rules tersebut.

(Baca juga: 15 Marga Korea Terpopuler Beserta Sejarah dan Artinya)

Berbeda dengan Pangeran William dan Kate Middleton yang sangat patuh terhadap aturan dan etika kerajaan, inilah sejumlah aturan yang pernah adik serta ipar mereka langgar semenjak menikah pada 19 Mei 2018 silam:

  1. Berciuman di depan umum

Agak bertolak belakang dengan kultur Barat pada umumnya, mesra-mesraan secara publik justru sangat tak disukai oleh Royal Family. Akan tetapi Duke dan Duchess of Sussex seolah menolak untuk menurutinya.

Mereka sering kali tertangkap kamera saling berpegangan tangan dan berpelukan. Bahkan setelah menang dalam acara amal polo, Pangeran Harry tampak mencium bibir Meghan Markle di depan umum.

  1. Pesta baby shower

Merayakan penghujung kehamilan dengan baby shower juga bukan hal yang biasa dilakukan oleh anggota Kerajaan Inggris. Istri Pangeran Harry itu nampaknya tak mau ambil pusing terhadap aturan kaku tersebut.

Demi menyambut sang jabang bayi, Meghan terbang ke New York untuk bertemu dengan para sahabat seperti Amal Clooney dan Serena Williams, kemudian melangsungkan perayaan baby shower di sana.

  1. Mengenakan stoking

Setiap wanita di Royal Family selalu didorong untuk menjaga kesopanan mereka saat mengenakan pakaian termasuk rok. Artinya, mereka wajib memakai stocking untuk menutupi bagian kaki yang tampak.

Merasa bukan syarat resmi kerajaan, aturan ini pun tak diindahkan oleh Meghan. Ia bahkan pernah mengenakan rok terlalu pendek, sementara aturan mengharuskan panjang rok setidaknya menutupi lutut.

  1. Interaksi dengan fans

Meghan Markle adalah aktris yang cukup terkenal pada masanya. Wanita keturunan kulit hitam ini  pernah menjadi pemeran utama dalam serial ‘Suits’ di tahun 2011. Oleh karenanya pantas jika ia memiliki banyak fans.

Namun, pihak Ratu Elizabeth II melarang setiap anggota Kerajaan Inggris untuk berinteraksi langsung dengan mereka. Meghan Markle dan Pangeran Harry lagi-lagi justru membiarkan kontak fisik dan berfoto bersama sejumlah fans.

  1. Telanjang kaki di pantai

Pada kunjungannya ke Australia dua tahun lalu, Pangeran Harry dan Meghan Markle tertangkap kamera tengah berjalan di atas pasir Bondi Beach tanpa mengenakan alas kaki apapun. Mereka santai melepas sepatu yang ternyata sangat melanggar Kerajaan Inggris, terutama untuk para wanitanya.

(Baca juga: Mengenal Brompton, Sepeda Lipat Mahal yang Bikin Geger Indonesia)

Sementara Duchess of Cambrige Kate Middleton tetap mematuhi aturan ini dengan terus mengenakan sepatu hak tinggi.

  • Meghan Markle akan Bekerjasama dengan Disney
Meghan Markle akan Bekerjasama dengan Disney - Pangeran Harry dan Istri Sulit Patuhi Aturan Kerajaan - Keluar dari Royal Family Gara-gara Foto - Umumkan Royal Exit, 5 Aturan Kerajaan Ini Pernah Dilanggar Pangeran Harry
Source: oversixty.com.au

Setelah membuat keputusan besar untuk keluar dari anggota ‘senior’ keluarga Kerajaan Inggris bersama suami, Megan Markle diketahui telah menandatangani kontrak dengan Disney. Ada kerjasama apa kira-kira?

Melansir laman Papermag, wanita kelahiran Los Angeles, 4 Agustus 1981 itu akan mengerjakan dubbing film animasi. Kentungan proyek amal ini nantinya akan diberikan kepada ‘Gajah Tanpa Batas’, sebuah organisasi yang didedikasikan untuk konservasi satwa liar dan sumber daya alam. Good luck, Meghan!

Kabar terakhir hari ini, (13/1) Pangeran Harry sudah bertemu dengan Ratu Elizabeth II. Pertemuan itu dilangsungkan di Istana Sandringham untuk membahas beberapa hal terkait keinginannya yang ingin mundur dari anggota senior Kerajaan Inggris, antara lain masalah gelar, pekerjaan, dan sejumlah biaya yang berhak mereka dapatkan.

Pangeran Charles dan Pangeran William pun dikabarkan hadir pada diskusi tersebut. Sedangkan Meghan Markle harus absen karena tengah berada di Kanada.

Hidup mandiri tanpa ‘sponsor’ dari orangtua pasca menikah, memang susah-susah gampang. Bekali dirimu dengan asuransi kesehatan salah satunya, guna mengantisipasi pengeluaran mendadak di kemudian hari. Cari asuransi kesehatan terbaik? Kunjungi CekAja.com sekarang juga.

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.