Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Unik! Ini Makanan Khas Lebaran di Berbagai Daerah!

by Gito on 12 Juni, 2018

Lebaran rasanya tak lengkap tanpa ketupat dan opor. Entah mengapa kedua makanan tersebut seakan menjadi makanan wajib ada di setiap rumah saat Lebaran. Namun selain ketupat dan opor, ternyata banyak makanan unik khas Lebaran di berbagai daerah. Yuk cek!

Berdasarkan daerah, terdapat banyak sekali ragam makanan khas yang menjadi primadona masing-masing wilayah saat Lebaran. Maka tak aneh jika siapapun yang pernah merasakannya pasti akan rindu untuk segera pulang.

Perihal mudik, juga kadang menyangkut perut selain spiritual. Orang rela menempuh ratusan kilometer hanya untuk melampiaskan dahaganya akan rasa yang telah lama dirindukan. Berikut 5 makanan khas lebaran di Indonesia dari berbagai daerah. Yuk Cek!

Bebek Gulai Kurma
http://indonesian-medan-food.blogspot.com

Sekilas suguhan ini mirip dengan gulai bebek biasa. Namun siapa sangka jika Anda mulai mencicipi empuknya daging bebek yang bercampur dengan kentalnya bumbu khas Aceh ini, Anda baru akan tersadar bahwa hidangan yang satu ini sangat kaya akan rasa.

Meskipun begitu, Anda jangan sampai terkecoh untuk mencari dimana letak kurmanya. Karena ternyata masakan olahan unggas ini tidak menggunakan kurma dalam penyajiannya.

Kellapate
magazine.job-like.com

Tahukah Anda jika di Madura terdapat panganan khas yang bukan berbahan dasar kambing atau bebek?  JIka Anda belum mengetahuinya, ternyata terdapat sajian khas Madura yang umumnya selalu disuguhkan pada saat Lebaran yang menggunakan bahan dasar ikan tenggiri.

Sajian yang bernama Kellapate ini mirip dengan makanan khas Makassar, kuah kuning. Dalam sajian khas negeri yang terkenal akan produksi garamnya ini digodok dengan santan, aneka bumbu dan juga belimbing wuluh.

Gulai Nangka
selerasa.com

Makanan khas Medan ini bakal ramai dijumpai di meja makan saat Lebaran. Potongan nangka muda yang dicampur dengan iga sapi dan rempah seperti ketumbar, jahe, kunyit dan lengkuas ini memiliki cita rasa yang sangat kaya.

Jika dilihat sekilas memang sajian ini mirip sekali dengan gulai nangka dari Sumatera Barat. hanya saja bedanya di Sumatera Barat daging sapi hanya digunakan sebagai kaldu, bukan satu kesatuan dengan sayuran.

Lomang
islamiktunes.blogspot.com

Sajian khas Tapanuli Selatan (Tapsel) ini mirip sekali dengan panganan khas Sumatera Barat yang bernama lemang. Namun di Tapsel jenis makanan ini disebut Lomang. Makanan yang menggunakan ketan sebagai bahan dasarnya ini umum ditemui di meja makan pada saat Lebaran di Tapsel.

Lomang sendiri dengan cara ketan dimasukkan didalam bambu kemudian dibakar hingga matang. Kelezatan Lomang di Makassar bahkan mampu menggeser posisi ketupat lho sebagai menu utamanya. Untuk menu pendampingnya, Lomang bisa dimakan dengan rendang ataupun sayuran.

Ayam Gagape
www.jitunews.com

Makanan berbahan dasar ayam ini berbeda dengan olahan ayam pada umumnya. Di Makassar, daging ayam disajikan dengan parutan kelapa sangrai. Panganan bernama Ayam Gagape ini memiliki cita rasa yang kental dan gurih.

Karena rasanya yang kaya, Ayam Gagape juga kerap disantap bersamaan dengan coto. Namun pada saat Lebaran, umumnya suguhan ini disajikan bersamaan dengan ketupat.

Melihat banyaknya sajian khas yang menggiurkan tersebut, sebenarnya dapat Anda jadikan peluang untuk menambah pundi-pundi uang Anda. Apalagi untuk masyarakat yang hidup di Ibukota, waktu untuk membuat dan memasak masakan tersebut sangat susah untuk dibagi.

Tentang Penulis

Veritas Vos Liberabit

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami