Universitas dengan Program MBA Terbaik di Dunia Beserta Kisaran Biaya

6 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Magister Bisnis Administrasi atau dalam Bahasa Inggrisnya adalah Master of Business Administration (MBA), merupakan sebuah gelar tertinggi setelah lulus S1 di bidang manajemen bisnis atau administrasi. MBA juga dianggap sebagai sebuah gelar Master profesional dan juga gelar akademis tradisional. Maka tak heran jika, banyak para penyuka bidang bisnis, menimba ilmu hingga ke berbagai universitas dengan program MBA terbaik di dunia.

universitas dengan program MBA terbaik di dunia

Tidak hanya karena ilmunya, gelar tersebut juga sangat penting, terlebih untuk memajukan karier dan tuntutan dunia kerja yang semakin tinggi saat ini. Sehingga, banyak universitas dengan program MBA terbaik di dunia, yang menjadi incaran para pelamar dari kalangan pebisnis, staff kantor, PNS, pemilik perusahaan, dosen, peneliti dan lain-lain, setelah mereka lulus S1 di bidang manajemen bisnis dan administrasi.

Alasan Lain Mengapa Kamu Harus Melanjutkan Kuliah MBA

  • Segi Penghasilan Tentu Lebih Baik
  • Kesempatan Karir yang Lebih Luas
  • Memiliki Jaringan dan Kesempatan Kerja yang Luas
  • Ketika Kembali Bekerja, Kamu Bisa memiliki Pengalaman yang Tentunya Lebih Banyak

Apakah Memerlukan Keahlian Khusus untuk Kuliah MBA?

Tidak sembarang orang, yang mungkin mampu dan bisa melanjutkan studi di program MBA, terlebih di universitas dengan program MBA terbaik di dunia. Pasalnya, untuk bisa melanjutkan studi di program MBA, kamu wajib memiliki keahlian khusus.

Hal tersebut diperlukan, agar kamu bisa lebih mudah dalam mempelajari seputar dunia bisnis dan manajemen bisnis, serta dapat dengan mudah mengaplikasikannya dalam pekerjaan di dunia nyata. Lantas apa saja keahlian yang harus dimiliki tersebut?

  • Kemampuan Interpersonal
  • Berpikir Strategis
  • Memiliki Jiwa Entrepreneur
  • Memiliki Kemampuan Berkomunikasi dengan Baik
  • Memiliki Kemampuan Kepemimpinan

Nah, bagaimana, tertarik untuk melanjutkan kuliah MBA di universitas dengan program MBA terbaik di dunia? Namun, sebelum memutuskan untuk lanjut kuliah di program ini, sebaik kamu menilik informasi dari tiap universitas terbaik dan menjanjikan.

Universitas dengan Program MBA Terbaik di Dunia

Berikut daftar universitas dengan program MBA terbaik di dunia, yang mungkin bisa jadi pilihan tepat untuk kamu:

1. Harvard University – Cambridge USA

Harvard University - Cambridge USA - Universitas dengan Program MBA Terbaik di Dunia Beserta Kisaran Biaya

Universitas dengan program MBA terbaik di dunia yang pertama adalah Harvard University. Kampus yang terletak di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat ini juga menawarkan berbagai jurusan yang berfokus pada bisnis dan manajemen, seperti konsultan e-commerce, ekonomi, kewirausahaan, etika, keuangan, general manajemen, pajak, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa kuliah di sini, kamu juga tidak hanya mempersiapkan kemampuan, tetapi juga biaya kuliah yang terkenal mahal. Berikut rincian kasar terkait biaya kuliahnya:

– Full time: USD 73.440 per tahun atau sekitar Rp1,055 miliar (Durasi kuliah 24 bulan)

– Total: USD 146.880 atau sekitar Rp2,11 miliar

(Baca Juga: 15 Universitas Terbaik di Dunia, Indonesia Termasuk?)

2. London Business School – London UK

London Business School - London UK - Universitas dengan Program MBA Terbaik di Dunia Beserta Kisaran Biaya

Universitas dengan program MBA terbaik di dunia selajutnya adalah London Business School yang terletak di London. Kampus yang didirikan pada 1964 ini juga merupakan salah satu sekolah bisnis yang memiliki akreditasi triple crown yakni (AACSB, EQUIS, AMBA).

Tidak hanya itu, kampus ini juga pernah menjadi sekolah bisnis terbaik di Eropa selama tiga tahun berturut-turut, dari 2014 hingga 2016.

Jurusan yang ditawarkan di kampus ini, di antaranya adalah akuntansi, ekonomi, keuangan, ilmu manajemen dan operasi, pemasaran, dan masih banyak lagi.

Untuk biaya kuliahnya sendiri, kampus ini mematok biaya kuliah sebesar 78.500 poundsterling atau sekitar Rp1,468 miliar.

3. Stanford University – California USA

Stanford University - California USA - Universitas dengan Program MBA Terbaik di Dunia Beserta Kisaran Biaya

Universitas dengan program MBA terbaik di dunia berikutnya adalah Stanford University. Maudy Ayunda yang merupakan artis multitalenta asal Indonesia ini, juga memilih Stanford University, jurusan Master of Business Administration, sebagai kampus keduanya setelah lulus S1 di Oxford University.

Bagaimana tidak, salah satu kampus bergengsi di dunia ini juga memiliki banyak jurusan dan konsentrasi, di antaranya adalah jurusan akuntansi, e-commerce, kewirausahaan, keuangan, general management, manajemen manufaktur dan teknologi, pemasaran, dan masih banyak lagi.

Untuk biaya kuliah full time, adalah sebesar USD 70.590 per tahun atau sekitar Rp1,012 miliar (durasi kuliah 21 bulan). Untuk total biaya yang harus kamu keluarkan adalah sebesar USD 137.736 atau hampir Rp2 miliar.

4. University of Pennsylvania – Philadelphia USA

University of Pennsylvania - Philadelphia USA - Universitas dengan Program MBA Terbaik di Dunia Beserta Kisaran Biaya

Universitas dengan program MBA terbaik di dunia yang tak kalah unggul adalah University of Pennsylvania. Sama halnya dengan universitas lain, kampus ini juga menyediakan berbagai jurusan dan konsentrasi di bidang bisnis yang lengkap.

Jurusan dan konsentrasi yang terdapat di kampus ini antara lain akuntansi, actuarial science, e-commerce, ekonomi, kewirausahaan, etika, keuangan, manajemen SDM, asuransi, bisnis internasional, dan masih banyak lagi.

Untuk biaya dengan sistem kuliah full adalah sebesar USD 72.300 per tahun atau sekitar Rp1,04 miliar. Namun, untuk total biaya hingga lulus, adalah sebesar USD 153,160 atau sekitar Rp2,2 miliar.

5. Insead – Fontainebleau, French

Insead - Fontainebleau, French - Universitas dengan Program MBA Terbaik di Dunia Beserta Kisaran Biaya

Selanjutnya ada Insead yang juga masuk dalam daftar universitas program MBA terbaik. Tidak hanya itu, kampus yang menjadi tempat menimba ilmu Bapak Jusuf Kalla ini juga memiliki tiga kampus, yakni di Perancis, Singapura, dan Abu Dhabi.

Untuk soal biaya, jika kamu ingin menempuh pendidikan program MBA di Insead, setidaknya kamu harus mengeluarkan biaya sekitar 82.000 euro atau sekitar Rp1,3 miliar. Bagaimana, ingin kuliah disini juga seperti Bapak Jusuf Kalla?

(Baca Juga: Negara Terbaik untuk Kuliah Bisnis, Apa Saja?)

6. HEC Paris

HEC Paris - Universitas dengan Program MBA Terbaik di Dunia Beserta Kisaran Biaya

Universitas selanjutnya adalah HEC Paris. Terletak di Paris-Saclay Innovation Cluster, 17 kilometer dari pusat Kota Paris ini, juga menyediakan lingkungan ideal bagi siswa, untuk menyadari potensi penuh mereka, demi bisa menjadi pemimpin bisnis abad 21st.

HEC Paris juga menyediakan program MBA selama 16 bulan, di mana bis memberi siswa jumlah waktu yang ideal untuk menggali informasi baru hingga membangun CV mereka, melalui magang dan kursus khusus yang seimbang dengan lokakarya praktis.

Untuk biaya informasi tentang biaya, adalah sebesar 66.000 euro atau sekitar Rp1,007 miliar. Namun, HEC Paris juga menyediakan beasiswa, di mana semua pelamar memiliki kesempatan mengajukan beasiswa.

7. EMLYON Business School – Perancis

EMLYON Business School - Perancis - Universitas dengan Program MBA Terbaik di Dunia Beserta Kisaran Biaya

Memiliki program MBA internasional yang menawarkan jalur yang berfokus pada keuangan, EMYLON Business School ternyata juga masuk dalam daftar universitas program MBA terbaik di dunia.

Bahkan MBA Eksekutif EMYLON dinobatkan di antara program EMBA 100 Teratas oleh Financial Times dalam peringkat 2016-nya.

Terletak di Ecully, Perancis, kampus ini memiliki biaya kuliah sebesar 38,500 euro, biaya aplikasi 120 euro, dan biaya administrasi 500 euro per tahun.

8. Columbia Business School – Amerika Serikat

Columbia Business School - Amerika Serikat - Universitas dengan Program MBA Terbaik di Dunia Beserta Kisaran Biaya

Berikutnya ada Columbia Business School yang masuk dalam daftar universitas terbaik di dunia. Terletak di Amerika Serikat yang berbasis di New York ini, menawarkan berbagai macam jurusan dan konsentrasi seperti akuntansi, konsultan ekonomi, kewirausahaan, keuangan dan masih banyak lagi.

Untuk biaya kuliahnya sendiri yakni full time sebesar USD 74.400 atau sekitar 1,07 miliar per tahun. Jika dihitung sampai lulus yakni sekitar USD 143.088 atau Rp2,05 miliar.

9. MIT Sloan School – Amerika Serikat

MIT Sloan School - Amerika Serikat - Universitas dengan Program MBA Terbaik di Dunia Beserta Kisaran Biaya

Universitas dengan program MBA terbaik di dunia yang juga menawarkan banyak jurusan ini adalah MIT Sloan School. Terletak di Amerika Serikat, kampus ini menawarkan jurusan dan konsentrasi di antaranya adalah akutansi ekonomi, kewirausahaan, keuangan, general management, manajemen SDM, bisnis internasional dan masih banyak lagi.

Untuk biaya kuliah per tahunnya adalah sekitar USD 74.200 atau sekitar Rp1,06 miliar. Jika ditotalkan hingga kelulusan, biaya yang harus disiapkan adalah sekitar USD 136.500 atau setara Rp1,96 miliar.

(Baca Juga: Mau S2 Nggak Punya Biaya dan Gagal Beasiswa? Ini Solusinya!)

10. IE Business School – Spanyol

IE Business School - Spanyol - Universitas dengan Program MBA Terbaik di Dunia Beserta Kisaran Biaya

Universitas berikutnya adalah IE Business School. Terletak di Madrid, Spanyol, kampus ini memiliki beberapa program yakni BBA, MBA, EMBA, program magister bidang keuangan dan manajemen, program pendidikan eksekutif, serta program PhD dan DBA.

Untuk biaya kuliah yang harus kamu siapkan adalah sebesar 72.000 euro atau sekitar Rp1,16 miliar.

Nah, itulah beberapa universitas dengan program MBA terbaik di dunia, yang mungkin bisa jadi pilihan tepat untuk kelanjutan studi kamu. Nah, seperti informasi lainnya yang disampaikan di atas, bahwa kamu tidak hanya menyiapkan kemampuan keahlian, tetapi juga biaya.

Yuk siapkan dana pendidikan kamu, demi bisa menimba ilmu di universitas bergengsi dunia impianmu. Ayo, ajukan segera pinjaman dana untuk pendidikan, melalui situs CekAja.com!