Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Universitas Leeds Gak Masuk 5 Kampus di Inggris Tujuan Utama Mahasiswa Indonesia

by Miftahul Khoer on 8 Januari, 2020

Akhir-akhir ini nama negara Inggris, University of Leeds, dan kota Manchester sedang ramai jadi pemberitaan di Indonesia karena adanya kasus pemerkosaan terbesar yang dilakukan Warga Negara Indonesia di sana. Namun, terlepas dari kasus tersebut, Inggris merupakan salah satu negara yang menjadi tujuan para mahasiswa asal Indonesia untuk melanjutkan studinya.

Ini Universitas Terbaik di Indonesia dan Pencetak Lulusan Berkualitas 2020

Negara yang dipimpin Ratu Elizabeth II tersebut memiliki banyak kampus dengan reputasi global yang baik dan juga menyediakan beasiswa untuk mahasiswa asal Indonesia. Salah satunya melalui GREAT Scholarships yang merupakan kampanye British Council-Study UK untuk mendorong banyak pelajar melanjutkan studi di Inggris.

Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa yang berwarganegara Indonesia, India, China, Malaysia, Thailand, dan Turki. Selain beasiswa GREAT, Kampus-kampus favorit di Inggris juga menawarkan beasiswa, antara lain:

Liverpool John Moores University - Universitas Leeds Gak Masuk 5 Kampus di Inggris Tujuan Utama Mahasiswa Indonesia

Kota Liverpool yang terkenal dengan klub sepakbolanya dan juga grup musik The Beatles memiliki kampus yang jadi salah satu kampus terbaik di Inggris, sekaligus universitas sipil modern yang berada di pusat kota bernama Liverpool John Moores University.

Universitas ini sebelumnya bernama Liverpool Mechanics’ School of Arts yang berdiri sejak tahun 1823 sebagai institut mekanik pertama di Inggris.

Nama John Moores berasal dari nama seorang pelaku bisnis lokal dan seorang dermawan yang berdonasi untuk lembaga universitas tersebut.

Kampus tersebut memiliki jumlah mahasiswa 25 ribu orang yang berasal lebih dari 100 negara dengan 2.500 staf dan 250 program gelar.

University of Bristol - Universitas Leeds Gak Masuk 5 Kampus di Inggris Tujuan Utama Mahasiswa Indonesia

Kampus ini memiliki jumlah mahasiswa internasional sebanyak 6.500 orang dari 140 negara dan memiliki salah satu komunitas internasional terbesar di Inggris dan berdiri sejak tahun 1909.

Universitas ini didirikan melalui Royal Charter dengan institusi pendahulunya bernama University College, Bristol yang berdiri sejak tahun 1876.

(Baca juga: Mau Kuliah? Cek Dulu Rata-rata Biaya Universitas Saat Ini)

Kampus ini konsisten berada dalam daftar 20 kampus terbaik di Inggris dan berada di posisi 51 kampus terbaik dunia versi QS World University Ranking 2019.

  • University of Dundee

University of Dundee - Universitas Leeds Gak Masuk 5 Kampus di Inggris Tujuan Utama Mahasiswa Indonesia

Universitas ini berdasarkan Royal Charter menjadi institusi pendidikan formal pada 1 Agustus 1967 dan saat ini telah memiliki 18 ribu siswa dari 80 negara yang menciptakan komunitas internasional.

Persentase mahasiswa di universitas ini adalah 60 persen berasal dari Skotlandia, 20 persen dari wilayah lainnya di Inggris, dan sisanya dari negara-negara Uni Eropa dan luar negeri.

Universitas ini berada di posisi 8 di Inggris berdasarkan pengalaman siswa dan di posisi 2 di Skotlandia.

Kampus tersebut baru-baru ini mendapatkan penghargaan University of the Year for Student Experience 2020, Scotland’s Best Place to Live 2019, Top 20 Worldwide for Sustainable Development, dan berbagai penghargaan lainnya.

  • University of Hull

University of Hull - Universitas Leeds Gak Masuk 5 Kampus di Inggris Tujuan Utama Mahasiswa Indonesia

Kampus ini memiliki sekitar 1.300 siswa internasional dari 100 negara yang 97,9 persen di antara mahasiswanya langsung bekerja atau melanjutkan pendidikan dalam jeda waktu enam bulan setelah diwisuda.

Universitas ini serius membangun fasilitas baru berstandar internasional seperti perpustakaan, fasilitas kesehatan kampus, ruang konser, akomodasi mahasiswa di kampus, serta sarana olahraga baru dengan nilai investasi mencapai 200 juta poundsterling.

(Baca juga: Ini Universitas Terbaik di Indonesia dan Pencetak Lulusan Berkualitas 2020)

University of Hull ingin memastikan para mahasiswanya seakan berada di rumah dengan akomodasi yang disediakan guna menunjang kenyamanan dalam menuntut ilmu.

Kampus ini juga termasuk dalam 50 besar institusi di Inggris untuk kekuatan riset oleh The Times Higher Education.

  • Queen’s University Belfast

Queens University Belfast - Universitas Leeds Gak Masuk 5 Kampus di Inggris Tujuan Utama Mahasiswa Indonesia

Kampus yang berdiri 1845 merupakan universitas tertua kesembilan di Inggris serta menjadi universitas Inggris terbaik di Irlandia.

Universitas ini terletak di Belfast, Irlandia, yang merupakan salah satu dari 10 tujuan wisata terbaik di Inggris versi Trip Advisor 2015. Kampus ini berada di peringkat 180 universitas terbaik di dunia versi QS World University Ranking 2019 dan merupakan anggota Russell Group di Inggris.

Universitas ini memiliki komitmen untuk memberikan pengalaman standar internasional kepada mahasiswanya dengan menginvestasikan sekitar 700 juta poundsterling dalam peningkatan fasilitas dan layanan pendukung mahasiswa, termasuk dana beasiswa tahunan internasional senilai 1,5 juta poundsterling.

Kampus ini merupakan kampus terindah nomor 10 di Inggris versi The Times Higher Education dengan dasar pendidikan kelas dunia dalam bidang penelitian mutakhir, inovasi, kolaborasi, dan keterlibatan mahasiswa.

Dengan adanya tawaran beasiswa yang diberikan pemerintah Inggirs tentu menjadi kesempatan kepada para calon mahasiswa Indonesia untuk memanfaatkannya. Dengan semangat dan do’a, peluang kuliah di Inggris bisa tercapai.

Tetapi kamu juga perlu menyiapkan modal untuk bisa berkuliah di luar negeri bukan? Ajukan kredit tanpa agunan (KTA) yang bisa membantu kamu memenuhi kebutuhan dana kuliah lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.