Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Untuk Kamu yang Baru Pertama Kali ke Luar Negeri, Ini Tips Sebelum Menukar Uang di Money Changer

by Ariesta on 29 Desember, 2015

Bagi sebagian orang, menukar rupiah ke dalam kurs mata uang asing merupakan hal yang membingungkan. Tapi tenang, dengan tips singkat berikut kebingungan kamu saat menukar uang di money changer dapat teratasi. Kamu yang punya rencana liburan akhir tahun ke luar negeri untuk pertama kali wajib membaca artikel ini.

Jual atau beli? Kolom mana yang harus dilihat?

Banyak orang bingung angka mana yang harus dilihat saat berkunjung ke money changer. Angka di kolom jual atau beli? Begini caranya. Bilang pada petugas gerai money changer bahwa kamu ingin membeli mata uang lain dengan menggunakan rupiah.

Misalnya kamu akan traveling ke Jepang, ini kursnya.

Jual      : 112,75

Beli      : 110

Ini artinya kamu harus menukar setiap ¥ 1 dengan uang sebesar Rp 112,75. Nah kalau ternyata sepulang dari Jepang uang yen milikmu masih tersisa, kamu harus melirik kolom ‘beli’. Money changer akan membeli setiap uang ¥ 1 seharga Rp 110.

Rate di internet belum tentu sama dengan rate di gerai money changer

Kalau kamu mengecek rek di internet harga jual ¥ 1 = Rp 111, maka di gerai akan sedikit lebih mahal. Lewat perbedaan harga inilah gerai money changer meraup untung. Hal ini juga berlaku untuk harga beli.

(Baca juga: Kota-kota Termurah di Asia Ini Wajib Kamu Kunjungi Kalau Kamu Backpacker Sejati)

Cari money changer dengan kurs terbaik

Akan jadi hal yang mengesalkan ketika kamu berlibur ke luar negeri bersama teman, tapi temanmu menukarkan mata uang dengan nilai lebih rendah. Apalagi kalau kamu sudah terlanjur menukar dalam jumlah besar. Supaya hal seperti ini tidak terjadi, rajin-rajinlah mengecek gerai money changer terbaik di kotamu. Kamu bisa menelepon mereka untuk menanyakan kurs dan ketersediaan. Intinya, jangan malas mencari tahu. Selamat berlibur!

(Baca juga: Modal Rp 1,5 Juta Bisa Puas Jalan-jalan di Tokyo? Ini Caranya)

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami