Untuk Kamu yang Boros, Tips Hemat Penggunaan Kartu Kredit

6 min. membaca Oleh Teti Purwanti on

Kartu kredit saat ini bukan lagi menjadi barang yang asing bagi sebagian besar orang. Semua orang bisa saja memiliki kartu kredit jika memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditentukan oleh pihak bank yang mengeluarkan produk kartu kredit.

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa kepemilikan kartu kredit bisa menjadi salah satu faktor yang mendorong perilaku hidup konsumtif. Bagaimana tidak, dengan kartu kredit, pemegang kartu bisa membeli barang ataupun jasa tanpa mengeluarkan uang sedikitpun saat melakukan transaksi.

Hanya, yang perlu diingat adalah kamu selaku pemegang kartu bakal mendapatkan tagihan setiap bulannya yang harus kamu bayar atas transaksi belanja yang kamu lakukan sebelumnya. Ketidakdisiplinan dalam membayar tagihan ini tentu akan memberikan dampak yang tidak baik ke depannya.

Kendati demikian, memiliki kartu kredit tidak melulu membuat kamu hidup boros. Jika kamu lebih rajin dan teliti sebelum berbelanja menggunakan kartu kredit, kamu bisa saja menemukan hal-hal yang bakal memberikan keuntungan secara finansial.

Jadi, buat kamu pemegang kartu kredit atau yang tengah bimbang apakah sebaiknya memiliki kartu kredit atau tidak, buang keraguanmu. Sebab, menggunakan kartu kredit untuk berbelanja juga bisa membuat kamu lebih hemat.

Caranya? Berikut ini tips hemat penggunaan kartu kredit yang bisa kamu terapkan.

Pilih Kartu Kredit yang Sesuai dengan Kebutuhan

Agar kamu bisa hemat dalam penggunaan kartu kredit, pilihlah produk kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Jangan sampai kepemilikan kartu kredit malah membuat kondisi keuanganmu malah berantakan.

Tidak jarang kartu kredit menawarkan promo berupa potongan harga di merchant-merchant yang sudah bekerja sama. Jika merchant ini merupakan produk atau supermarket yang biasa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan, maka kartu kredit ini layak kamu pertimbangkan untuk dipilih. Sebab, kerja sama dengan merchant ini tentu memberikan keuntungan buat kamu secara finansial.

Manfaatkan Promo, Diskon, dan Cashback

Jangan keburu nafsu untuk berbelanja saat sudah memegang kartu kredit. Salah-salah mengambil keputusan saat berbelanja akan menjadi beban finansialmu di kemudian hari.

Saat ini tidak sedikit kartu kredit yang menawarkan promo, diskon, ataupun cashback pada merchant-merchant tertentu. Guna menghemat penggunaan kartu kredit, kamu bisa memanfaatkan tawaran tersebut. Dengan begitu, kamu bisa menghemat pengeluaran dari yang seharusnya kamu bayarkan.

Kumpulkan Reward Point dan Gunakan untuk Berbelanja

Salah satu keuntungan menggunakan kartu kredit adalah kamu akan mendapatkan reward point tiap kali melakukan transaksi. Menariknya, poin-poin yang terkumpul itu nantinya bisa kamu tukarkan dengan berbagai produk atau layanan menarik.

Pengumpulan reward point ini tentu bisa menjadi salah satu solusi agar kamu bisa hemat dalam penggunaan kartu kredit. Kebijakan dari penerbit kartu kredit akan mengatur jumlah poin yang harus dikumpulkan agar bisa ditukarkan atau bisa digunakan untuk belanja. Biasanya, penggunaan atau penukaran reward point ini juga memiliki masa kadaluarsa. Jadi, kumpulkan terus reward point-mu dan gunakan sebelum masa berlakunya habis ya.

Jangan Gunakan Kartu Kredit untuk Berhutang

Setiap kartu kredit memiliki limit pembayaran atau penggunaan. Tidak peduli limit kartu kredit besar atau kecil, yang harus kamu ingat adalah bahwa batas penggunaan itu bukan lah uangmu.

Sebagai pemegang kartu, kamu harus memahami bahwa kartu kredit merupakan alat pembayaran, bukan alat yang bisa kamu gunakan untuk berhutang. Dengan begitu, kamu bisa mengontrol pengeluaranmu dengan kartu kredit sesuai kemampuan finansial dalam membayar cicilan nantinya. Dengan kata lain, ukur kemampuan membayar saat ingin berbelanja menggunakan kartu kredit.

Pilih Kartu Kredit yang Menawarkan Banyak Keuntungan

Sebelum memutuskan untuk memilih kartu kredit dari salah satu bank atau penerbit kartu, ada baiknya kamu melakukan perbandingan atau survei terhadap beberapa produk kartu kredit.

Biasanya, pihak bank atau provider kartu kredit menawarkan berbagai macam keuntungan bagi nasabahnya. Hal ini bisa menjadi pertimbangan kamu dalam memilih kartu kredit yang tepat. Keuntungan itu biasanya antara lain fasilitas yang bisa dinikmati, promosi, cashback, dan potongan harga. Lewat berbagai keuntungan yang ditawarkan ini, kamu bisa hemat dalam penggunaan kartu kredit.

Selain itu, yang tak kalah penting untuk diperhatikan saat akan memilih kartu kredit adalah soal besaran iuran tahunan, denda yang harus diemban ketika mengalami keterlambatan pembayaran, biaya administrasi, serta biaya-biaya yang berhubungan dengan tagihan bulanan kamu.

Bayar Tagihan Sebelum Jatuh Tempo

Disiplin membayar tagihan kartu kredit setiap bulannya merupakan salah satu cara agar hemat dalam penggunaan kartu kredit. Tidak sedikit nasabah yang kadang abai terhadap permasalahan pembayaran tagihan kartu kredit ini. Padahal, nasabah akan dikenai denda apabila membayar tagihan setelah melewati tenggat waktu pembayaran.

Denda yang harus dibayarkan ketika membayar tagihan setelah lewat tanggal jatuh tempo mungkin tidak besar. Namun, jika ini dilakukan berulang, tentu angkanya cukup signifikan dan menjadi pengeluaran yang tidak semestinya.

Karena itu, agar keuangan tetap aman, bayarlah tagihan kartu kredit sebelum tanggal jatuh tempo. Beberapa provider kartu kredit juga ada yang memberikan reward point bagi nasabahnya yang disiplin dalam membayar tagihan, lho.

Hindari Tarik Tunai dengan Kartu Kredit

Salah satu fitur menggiurkan yang disematkan oleh pihak provider pada kartu kredit adalah fitur tarik tunai. Yap, dengan kartu kredit, kamu bisa melakukan transaksi penarikan dana tunai layaknya kartu debit. Hanya, nominal tarik tunai kartu kredit dibatasi berdasarkan limit kartu.

(Baca Juga: Review Kartu Kredit Bank Mayapada Gold)

Keberadaan fitur ini mungkin bisa dianggap sebagai solusi cepat saat kamu membutuhkan dana dadakan. Namun, jika kamu ingin hemat dalam penggunaan kartu kredit, hal ini tidak dianjurkan. Sebab, dengan melakukan tarik tunai di kartu kredit, itu sama saja halnya dengan kamu melakukan pinjaman kepada pihak bank.

Pihak provider memiliki kebijakan tertentu perihal penarikan tunai kartu kredit ini, seperti biaya penarikan dan bunga. Karena itu, pertimbangkan dengan matang dan kalau bisa hindari untuk melakukan transaksi tunai dengan kartu kredit agar kondisi finansial kamu tetap aman.

Pilih Kartu Kredit tanpa Iuran Tahunan

Salah satu cara untuk menghemat keuangan dengan memiliki kartu kredit adalah pilih kartu kredit dari pihak bank atau provider yang tidak membebani nasabah dengan iuran tahunan. Berapapun besarnya, iuran tahunan pada akhirnya tetap menjadi beban finansial yang harus dibayarkan oleh nasabah.

Karena itu, sebelum memutuskan memilih satu produk kartu kredit tertentu, kamu harus jeli dan teliti dalam membaca syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh pihak provider. Pilihlah kartu kredit yang tidak membebani nasabahnya dengan iuran tahunan. Tidak usah bingung, saat ini banyak provider yang memasarkan produk kartu kredit tanpa iuran tahunan.

Pindah ke Kartu Kredit Lain

Sebagai orang yang sudah memiliki kartu kredit, tentu kamu lebih paham mengenai berbagai hal yang menguntungkan nasabah. Kendati demikian, kamu tidak harus terpaku pada satu produk kartu kredit. Jika kamu merasa kartu kredit sudah tidak menguntungkan dibanding kartu kredit lainnya, tidak ada salahnya jika kamu beralih ke kartu kredit lain. Sebagai nasabah, kamu tentu ingin yang terbaik.

Selain itu, tidak jarang pihak bank atau provider kartu kredit menawarkan banyak keuntungan atau promo menarik bagi nasabah baru. Dengan beralih ke kartu kredit baru yang menawarkan banyak keuntungan, pada akhirnya kamu akan lebih hemat secara finansial dibanding bertahan pada kartu kredit lama yang tidak lagi menguntungkan.

Periksa Tagihan Kartu Kredit dengan Detail

Sebagai pemegang kartu kredit dan telah melakukan transaksi, kamu tentu akan mendapat tagihan setiap bulannya yang akan dikirim ke alamat yang kamu cantumkan pada saat pengajuan. Jangan percaya begitu saja dengan tagihan tersebut.

Periksa tagihan kartu kredit yang dikirim tersebut dengan detail dan teliti. Hal ini perlu dilakukan untuk mengecek apakah tagihan itu benar-benar sesuai dengan transaksi yang pernah kamu lakukan. Jika ternyata tidak sesuai, segera laporkan ke pihak penerbit atau provider kartu. Dengan begitu, kamu sudah terhindar dari pemborosan akibat membayar tagihan atas transaksi yang tidak kamu lakukan.

Itu dia beberapa tips hemat penggunaan kartu kredit yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan finansialmu. Terlepas dari itu semua, jangan lupa untuk selalu bijak dalam menggunakan kartu kredit ya agar kondisi keuanganmu tetap aman.

Untuk kamu yang belum punya Kartu Kredit, ayo ajukan kartu kredit di CekAja.com sekarang juga.

Tentang kami

Teti Purwanti

Teti Purwanti