Untung Rugi Melahirkan di Bidan, Tambah Untungnya Pakai Asuransi Cigna

3 min. membaca Oleh CekAja on

Melahirkan merupakan prosesi yang diidamkan oleh hampir seluruh wanita di dunia. Karena dengan begitu, perannya sebagai perempuan dirasa lengkap sepenuhnya. Dalam menjalani prosesi melahirkan, ada 2 opsi yang bisa dijadikan pilihan, yakni melahirkan di rumah sakit bersama dokter, atau melahirkan bersama ibu Bidan di klinik bersalin. Untuk poin kedua, merupakan pilihan yang untung pada zaman ibu dan nenek kita dulu.

Peran ibu Bidan juga tidak bisa dikesampingkan dalam menurunkan angka kematian bayi di tanah air.

Mengacu pada data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), angka kematian bayi pada tahun 2019 mencapai 21,12. Jumlah tersebut mengalami penyusutan dibandingkan angka pada tahun 2018 yang sebesar 21,86.

Angka kematian bayi sendiri merupakan tingkat kematian bayi dibawah 1 tahun per 1.000 kelahiran dalam satu tahun.

Bertambahnya fasilitas Kesehatan di pelosok dan juga peran serta Bidan juga dokter merupakan hal baik yang patut disyukuri dalam perjalanan angka kematian bayi.

Nah bertepatan dengan Hari Bidan Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Mei, berikut merupakan beberapa untung dan rugi jika kamu melahirkan di Bidan.

(Baca juga: Serba Serbi Mengenai Asuransi Kehamilan dan Melahirkan)

1. Fokus pada kelahiran alamiah

Seorang Bidan dipastikan bakal mempertimbangkan dengan seksama kehamilan dan kelahiran secara alamiah. Hal itu disandarkan pada disiplin ilmu yang selama ini dipelajarinya.

Caranya adalah dengan melakukan tindak pencegahan saat proses melahirkan dan juga kecukupan nutrisi bagi ibu hamil. Hal itu semua dilakukan agar proses kelahiran bisa dijalankan secara normal.

Tetapi tetap, jika sudah telihat bahwa kehamilan kamu memiliki risiko tinggi, biasanya Bidan akan mengarahkan kamu untuk berkonsultasi secara medis di rumah sakit.

Jadi jika kamu memang memimpikan kelahiran secara alamiah, kamu bisa berkonsultasi di klinik bersalin milik Bidan.

Walaupun begitu, kamu juga tetap harus ingat, bahwa melahirkan normal ataupun lewat intervensi dokter dengan jalan operasi cesar, tidak mengurangi kemuliaan kamu sebagai seorang Ibu.

Dua proses tersebut tetap memilki risiko masing-masing yang tidak bisa dibandingkan satu sama lain.

2. Lebih dekat dengan Bidan

Poin untung melahirkan di Bidan lainya adalah, kamu bakal lebih sering bertemu untuk konsultasi. Hal itu dikarenakan proses persiapan dan juga kecukupan nutrisi anak dan ibu hamil menjadi fokus utama.

Dengan begitu, jalinan komunikasi dan juga kebatinan bakal lebih erat. Hal itu dibutuhkan untuk menciptakan suasana nyaman saat melakukukan proses persalinan. Jadi kamu bisa menjadi lebih untung dalam menjalankan proses kelahiran.

3. Biaya persalinan yang lebih murah

Membincang persalinan, erat kaitannya dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk mengeluarkan si jabang bayi.

Jika kamu memiliki risiko kelahiran rendah, dalam arti ibu hamil dalam keadaan sehat, keadaan kandungan juga sehat dan normal, kamu bisa memilih Bidan untuk menjadi penolong persalinan kamu.

Namun jangan kecewa juga jika ternyata di tengah jalan, kamu mengalami kondisi yang membuat persalinan kamu berisiko, artinya kamu harus ditangani oleh dokter di rumah sakit.

Biaya yang harus kamu keluarkan di Bidan berkisar diangka Rp3 juta hingga Rp5juta.

Sementara untuk proses persalinan yang sama di Rumah Sakit, biaya yang harus dikeluarkan mencapai Rp6 juta hingga Rp9 juta.

Kamu juga harus memahami, bahwa proses melahirkan di Rumah Sakit baru akan didatangi oleh dokter jika memang kamu sudah mulai menunjukkan gejala kuat melahirkan.

Pun jika ternyata proses melahirkan mengalami masalah, dokter bisa langsung mengambil tindakan.

Berbeda dengan Bidan, yang akan langsung mengirim kamu ke Rumah Sakit untuk diambil tindakan. Ya, apapun itu semuanya memiliki keuntungan dan kelebihan. Kamu lebih nyaman dimana?

(Baca juga: Ini Nih Manfaat Dan Jenis Asuransi Melahirkan!)

Tambah keuntungan dengan Asuransi Cigna

Melahirkan merupakan sesuatu yang jarang dapat diduga kapan akan terjadinya.

Dokter atau Bidan mungkin sudah menghitung masa kehamilan dan menentukan tanggal melahirkan, namun kadang itu bisa maju atau malah mundur dari tanggal yang diproyeksikan.

Padahal kebutuhan dana untuk melahirkan cukup banyak. Perlu strategi jitu agar kamu tidak bingung dan pastinya tetap untung.

Salah satunya adalah dengan menggunakan produk asuransi yang memberikan proteksi terhadap ibu hamil dan bayinya.

Kamu bisa menggunakan produk Cigna Family Care Optima dari Asuransi Cigna.

Karena dengan begitu, proses pemeriksaan saat hamil, biaya persalinan dan juga proteksi terhadap si buah hati saat baru lahir bisa dicover oleh Cigna.

Hal tersebut jarang ditemui pada produk asuransi lain. Selain itu, sesuai namanya Cigna Family, 5 anggota keluarga inti termasuk kamu tentunya juga bisa diproteksi sekaligus.

Dapatkan asuransi Cigna di CekAja.com dan temukan produk keuangan lain yang cocok dengan kebutuhan kamu.

Tentang kami

CekAja

CekAja