Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Usaha Modal 5 Juta, Emang Bisa?

by Satrya Agung on 14 April, 2016

pinjaman usaha bank ukm - CekAja.com

Pertanyaan ini pernah datang pada kami. Sebuah pertanyaan yang cukup bagus sebenarnya. Tapi, sebelum kita bahas lebih jauh ada sedikit pesan moral yang ingin kami sampaikan, yakni jangan pernah pesimis dalam hidup.

Selalu ada kemungkinan yang bisa dicapai, walau untuk mencapai ke titik itu tidaklah mudah. Ok, cukup ceramahnya, sekarang balik ke tema, “Emang bisa, usaha modal 5 juta?” Seperti yang kami bilang sebelumnya, selalu ada “Kemungkinan” dalam hidup ini. Atau istilah lainnya, “Tidak ada yang tidak mungkin”.

Untuk membuktikannya sebernarnya tidaklah sulit. Cukup buka mata dan perhatikan dengan saksama yang terjadi di sekitar mu, apakah ada yang punya usaha yang modal bisnis awalnya bahkan tidak sampai 5 juta? Jawabannya, banyak banget!

Contoh, di lampu merah. Ada banyak orang yang menjajakan dagangannya dan modal mereka tidaklah banyak. Bahkan hanya beberapa ratus ribu saja. Dan mereka tetap hidup kok. Walau cuma mengasong, tapi mereka tetap bisa dibilang punya usaha atau pengusaha.

Tapi skalanya memang kecil. Atau contoh lain, di pinggir jalan juga banyak memberi contoh. Seperti tukang bikin plat nomor polisi. Dengan lapak yang seadanya bahkan sempit, modal mereka bisa dihitung dengan kasat mata dan itu tidaklah lebih dari 5 juta saja.

Contoh lainnya, pasti di dekat rumah kamu ada yang jualan pulsa kan? Untuk membuka usaha pulsa atau counter pulsa modalnya juga cukup walau cuma punya Rp 5 juta. Dan usaha ini termasuk dalam kategori bidang usaha yang punya umur panjang. Karena saat ini pulsa sudah menjadi bagian dari kebutuhan hidup. Orang tidak akan cari pulsa lagi kalau sudah tidak ada lagi teknologi di dunia dan itu artinya sudah dekat dengan kiamat.

Berbagai Usaha Yang Menjanjikan

Selanjutnya usaha modal 5 juta yaitu bisa dengan menjalankan bisnis laundry. Kamu bisa cari 2 mesin cuci bekas yang masih dalam kondisi bagus yang dilengkapi dengan pengeringnya. Ini akan menghemat pengeluaranmu ketimbang beli mesin baru. Dan saran agar kamu cepat mendapat pelanggan adalah dengan menyediakan antar jemput cucian.

Jika untuk mencuci baju sendiri saja orang-orang sudah memilih yang praktis, tentu akan lebih praktis lagi kalau cucian tersebut juga diantar jemput, bukan? Tinggal kamu menambahkan beli alat timbangan yang sistem gantung sehingga berat cucian bisa dihitung di depan pelanggan.

Atau kamu adalah tipe orang yang ditakdirkan sukses di bidang kerajinan tangan dan pernak-pernik? Kalau iya, maka saran kami adalah membuka toko aksesoris yang mana kamu bikin sendiri. Gali kreatifitasmu dan tuangkan dalam prakaryamu. Untuk menjualnya pun tidak perlu toko fisik. Cukup pajang di akun sosial mediamu saja dan daftarkan dalam situs-situs jualan online.

Dukung dengan tampilkan foto-foto yang menarik dan orisinil maka kamu akan segara mendapatkan pembeli. Jangan lupa kemas dalam bingkisan yang apik. Dan jika kamu sudah mempunyai modal usaha yang lebih, maka sesekali ikutlah pameran dan bazar untuk ajang promosi lainnya.

Sesungguhnya masih banyak contoh lain. Tinggal pilih apa yang paling kamu minati dan kuasai kemudian skalanya diperkecil. Jangan berpikir untuk buka toko terlebih dahulu. Pintar-pintarlah mengukur bayang-bayang, kalau kata orang tua dulu.

Yang artinya sadari kemampuan diri. Jika kamu hanya punya kemampuan usaha modal 5 juta ya jalankan saja dengan apa yang kamu punya itu. Maksimalkan apa yang sudah dipunya. Jika harus beli maka utamakan beli yang bekas dahulu untuk penghematan. Lakukan sebaik mungkin selanjutnya serahkan pada Tuhan. Rejeki pasti ada!

Tentang Penulis

Satrya Agung

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami