Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Usaha Sampingan Mahasiswa yang Bisa jadi Lumbung Uang

by Miftahul Khoer on 22 Juli, 2019

Tahun ajaran baru segera dimulai. Bukan hanya untuk siswa SD, SMP atau SMA, tetapi juga untuk mahasiswa baru alias maba. Buat kamu mahasiswa baru yang harus merantau jauh dari rumah, tidak ada salahnya loh memulai usaha sampingan dan mulai mandiri.

Sebab dengan menjadi mahasiswa, kamu dituntut lebih dewasa dalam semua urusan termasuk membantu orang tua memenuhi biaya kuliah.

Memang sih, biaya kuliah itu merupakan tanggung jawab orangtua. Namun, gak ada salahnya sebagai anak yang beranjak dewasa kamu mengurangi beban orangtua untuk mencari penghasilan sendiri. Nah, berikut ini kami rangkum beberapa jenis peluang usaha sampingan yang bisa dilakoni oleh mahasiswa. Yuk cek!

  1. Ojol/Taksol

Pamor ojek online (ojol) dan taksi online (taksol) saat ini sudah hampir tersebar ke berbagai daerah di kota-kota besar di Indonesia. Kebutuhan transportasi yang lebih fleksibel dan nyaman sudah menjadi pilihan utama masyarakat saat ini.

Kehadiran ojol dan taksol pun bisa menjadi peluang bagi mahasiswa untuk mendapat penghasilan sampingan. Ya, sebagian besar mahasiswa saat ini hampir sudah memiliki kendaraan sendiri seperti sepeda motor. Ada juga yang memiliki mobil.

(Baca juga: Tarif Ojek Online Naik, Angkutan Umum Kembali Diminati?)

Dua jenis kendaraan ini bisa dimanfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan. Kamu bisa menjadi driver ojol dan taksol di sela-sela waktu kuliahmu. Jangan salah lho, penghasilan ojol dan taksol cukup lumayan. Mungkin bisa menambah uang jajang atau biaya kuliah kamu.

  1. Jual kebutuhan kuliah

Namanya mahasiswa pasti ada saja kebutuhan yang harus dibeli. Misalnya buku, hingga peralatan mengetik seperti komputer atau laptop dan perlengkapannya. Nah, buat kamu yang ingin mencari penghasilan tambahan, bisnis buku sebagai usaha sampingan bisa menjadi pilihan.

Biasanya mahasiswa ditugaskan oleh dosen untuk membeli buku tertentu. Ini bisa menjadi peluang bisnis buat kamu. Caranya kamu koordinir teman-teman sekelasmu yang akan beli buku tersebut. Lalu kamu beli buku-buku tersebut dengan harga yang sudah ditentukan marginnya.

Selain itu kamu juga bisa menjual jasa kamu sebagai perakit komputer atau laptop. Syaratnya kamu harus punya kenalan orang yang berbisnis perlengkapan komputer atau laptop untuk mendapatkan harga yang cukup miring.

  1. Reseller

Salah satu bisnis dengan modal minim adalah reseller. Kamu bisa memulai bisnis ini dengan menjual barang milik orang lain yang kamu pasarkan baik secara online maupun offline. Saat ini pola belanja konsumen sudah banyak berubah dari belanja konvensional dengan mendatangi toko langsung menjadi belanja online. Dengan demikian ini menjadi peluang besar buat kamu.

Untuk reseller online misalnya, kamu bisa cari supplier barang kemudian dipasarkan di marketplace atau media sosial. Sementara untuk offline, kamu bisa menjual berbagai produk mulai dari makanan hingga pakaian yang banyak digandrungi kalangan mahasiswa seperti kaos musik, kaos gambar tokoh dan yang lainnya. Kuncinya, jangan gengsi untuk berjualan dan memulai usaha sampingan di kampus. Selama kita mencari rezeki dengan cara yang halal, maka gak ada yang harus ditakutkan.

  1. Manfaatkan hobi

Kamu punya hobi fotografi atau videografi? Wah jasa foto dan membuat video bisa dijadikan usaha sampingan untuk menambah uang jajan tuh. Jangan salah, banyak kegiatan di lingkungan kampus yang membutuhkan jasa fotografer dan videografer untuk diabadikan. Kamu bisa manfaatin tuh hobi dengan menjual jasa ke mereka.

Selain acara-acara di kampus, kamu juga bisa menjual jasa di acara-acara pesta pernikahan, tunangan atau khitanan. Biasanya mereka akan mencari harga yang lebih miring dari penyedia jasa fotografi dan videografi yang profesional.

Sebagai mahasiswa yang punya di bidang itu, kamu gak usah pasang tarif mahal-mahal deh ya. Biarkan klien merasa puas dulu dengan hasil karyamu. Suatu saat mereka akan kembali lagi untuk memberikan proyek baru untuk dikerjakan.

  1. Penulis lepas

Kegiatan mahasiswa di kampus tak jauh dari membaca dan menulis. Kedua kebiasaan inilah yang membuat karakter seorang mahasiswa menjadi lebih terbuka dan berwawasan luas. Tak heran jika seorang mahasiswa memiliki kemampuan berbicara dan menulis yang mumpuni. So, dengan membaca dan menulislah identitas seorang mahasiswa diakui oleh orang lain.

(Baca juga: Yakin Mau Kerja Freelance? Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangannya!)

Nah, jika kamu seorang mahasiswa yang senang menulis, baiknya kamu tak hanya menulis tulisan-tulisan ilmiah. Kamu bisa menjadi penulis lepas yang bisa dikirimkan ke media massa. Kamu bisa menulis opini, hingga tulisan sastra yang dimuat media.

Honornya pun lumayan untuk seorang mahasiswa. Selain itu, kamu juga bisa menyusun buku yang bisa dikirimkan ke penerbit. Kuncinya, tuangkan gagasan kamu ke dalam tulisan sehingga banyak orang yang baca dan menyukai hasil tulisanmu.

Nah, itulah beberapa peluang usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan sebagai seorang mahasiswa. Selama kamu gak membebani orangtua, maka kamu bisa menjadi mahasiswa mandiri dan berprestasi.

Jika untuk menunjang usaha sampingan sambil kuliah tersebut kamu kekurangan modal, coba cari produk Kredit Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bisa kamu dapatkan dengan bunga rendah lewat CekAja.com. Semangat!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami