Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Vidi Aldiano Kena Kanker Ginjal, Kenali Gejalanya

by Sindhi Aderianti on 17 Desember, 2019

Jumat (13/12) lalu, Penyanyi Vidi Aldiano mengumumkan kabar tentang penyakit kanker ginjal yang diidapnya beberapa bulan terakhir, melalui postingan video di Instagram. Saat itu juga, ia menjalani operasi untuk menangani penyakit tersebut di Singapura.

sakit punggung _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Fungsi ginjal dalam tubuh adalah untuk menyaring darah dalam tubuh. Jika berfungsi normal, organ ini akan memisahkan asupan ke dalam tubuh yang beracun, mengatur keseimbangan cairan, elektrolit, dan menyeimbangkan asam basa.

Selain itu, ginjal juga berperan memproduksi urine serta hormon untuk membantu mencerna makanan, hingga mendorong sumsum tulang belakang agar sel darah merah tetap mengalir.

Kanker memang salah satu momok bagi masyarakat Indonesia. Hampir semua organ pada tubuh manusia bisa diteror oleh sel abnormal yang kemudian berubah menjadi kanker, termasuk ginjal. Jarang terdengar, seperti apa kanker ginjal yang diidap penyanyi 29 tahun itu?

  • Awalnya Hanya Kista

Vidi tak pernah menyangka bisa terkena kanker. Apalagi di pemeriksaan awal, hasil diagnosa hanya menunjunkkan adanya kista di sebelah kiri ginjalnya. Namun lama kelamaan, kista tersebut berubah menjadi tumor ganas alias kanker.

Mengenai proses diagnosa, umumnya kanker ginjal baru ketahuan setelah menjalani beberapa prosedur screening. Dari mulai tes urine, lalu agar lebih akurat pasien umumnya juga direkomendasikan untuk  menjalani CT scan atau MRI.

(Baca juga: Ria Irawan Kembali Dirawat, Yuk Mengenal Penyakit Kanker Lebih Jauh!)
  • Waspada Gejala Ini

Pengidap kanker ginjal biasanya akan mengalami sejumlah gejala yang muncul. Waspada jika kamu mengalami beberapa di antara tanda-tanda berikut ini:

1. Pipis berdarah

Pertama, urine yang dikeluarkan berwarna keruh. Secara wujud nampak seperti air cucian daging. Tapi untuk memastikannya, pasien harus menjalani pemeriksaan urine. Bila ditemukan sel darah merah (eritrosit) pada urine, maka tanda ini patut dicurigai.

2. Sakit pinggang

Gejala selanjutnya bisa juga diikuti oleh rasa sakit akibat tekanan dari pinggang. Bahkan terkadang merasa ada benjolan pada perut tengah kanan atau kiri. Hal ini terjadi ketika massa tumor sudah membesar dan menekan jaringan lain di sekitar ginjal.

3. Letih dan lesu

Biasanya pengidap kanker ginjal juga mengeluhkan tubuhnya terasa letih dan lesu secara terus-menerus tanpa diketahui penyebabnya. Jika gejala nyeri punggung dan kencing darah sudah muncul, baiknya segera periksakan diri ke dokter.

4. Penurunan berat badan

Ginjal berperan amat penting dalam proses pencernaan makanan dan metabolisme tubuh. Saat ginjal bermasalah, tentu penyerapan nutrisi menjadi ikut terganggu. Penderita dapat mengalami kehilangan nafsu makan hingga berakibat penurunan berat badan.

5. Masalah pada darah

Kanker ginjal juga menyebabkan anemia, ketidakseimbangan kalsium, hingga masalah lain pada darah. Akan tetapi, tidak ada ciri khusus untuk kanker ginjal sehingga gejala ini sering diindikasi merupakan penyakit lain.

Faktor Risiko Kanker Ginjal

Melansir Alodokter, sebagian besar penderita kanker ginjal adalah orang berusia 50 tahun ke atas. Masih tergolong muda, mengapa tumor ganas tersebut bisa menyerang Vidi Aldiano?

Umur tidak selamanya menjadi tolak ukur munculnya suatu penyakit. Pun tidak ada penyebab khusus dari kanker ginjal ini, namun memang ada kaitan terhadap faktor risiko.

(Baca juga: Yuk Kepoin Penyebab, Gejala, dan Cara Mendeteksi Kanker Payudara)

Misalnya kebiasaan merokok, mengonsumsi alkohol, serta pola makan tidak sehat bisa menjadi pemicu kanker ginjal. Kedengarannya memang klise, tapi gaya hidup sangat berpengaruh terhadap risiko penyakit apapun termasuk kanker ginjal.

Operasi Kanker Ginjal

Ada beberapa upaya pengangkatan kanker pada ginjal, salah satunya operasi. Pengobatan ini dilakukan berdasarkan ukuran atau diameter kanker. Dokter biasanya juga akan melihat seberapa jauh penyebarannya di dalam tubuh.

Vidi sendiri mengaku telah menjalani berbagai pemindaian kanker. Setelah konsultasi dan menjalani serangkaian pemeriksaan, pelantun ‘Status Palsu’ ini mengambil keputusan untuk menjalani operasi pengangkatan kanker di ginjal kirinya tersebut.

Mantan kekasih Sheila Dara ini tidak menceritakan jelas bagaimaa proses operasinya. Namun untuk mengankat kanker pada ginjal, umumnya ada beberapa pilihan operasi yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Nefrektomi parsial

Prosedur operasi ini meliputi pengangatan sebagian ginjal yang telah berubah menjadi sel kanker. Nefrektomil parsial biasanya dilakukan jika diameter tumor kurang dari 4 cm.

  • Nefrektomi radikal

Sementara dalam prosedur ini, pihak medis akan mengangkat seluruh organ ginjal yang terdapat sel kanker. Operasi nefrektomi radikal menyebabkan pasien harus menjalani hidup dengan satu ginjal.

Saat ini, Vidi Aldiano masih dalam fase pemulihan pasca operasi di rumah sakit Singapura. Rencananya Kamis, (19/12/19) nanti ia baru akan pulang ke Tanah Air. Semoga cepat sembuh, Vidi!

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.