Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Viral Biaya Masuk TK Selangit, Ini Cara Persiapkan Dana Sekolah Anak

by Sindhi Aderianti on 11 Desember, 2019

Postingan biaya sekolah TK yang diunggah oleh akun financial planner Jouska, viral di Instagram. Uang pangkal dan SPP mencapai ratusan juta, membuat para ibu muda panik. Santuy! Kuncinya hanya di perencanaan keuangan yang matang.

bisnis daycare

Setiap orang tua tentu menginginkan sekolah yang terbaik untuk si kecil. Dengan mendapatkan pendidikan yang baik di sekolah, seorang anak pun diharapkan bisa lebih sukses di kemudian hari.

Namun di sisi lain, biaya pendidikan di Indonesia kian hari memang kian mahal. Kenaikan biaya pendidikan sendiri bisa mencapai 10-15%  per tahunnya. Lantas, bagaimana cara terbaik mempersiapkan dana sekolah untuk anak?

  • Rencanakan jenjang pendidikan anak

Pertama, diskusikan mengenai jenjang pendidikan anak. Misalnya apakah ingin mendaftarkannya terlebih dulu ke PAUD lalu dilanjutkan playgroup dan baru TK?

Seiring dengan berjalannya waktu, barulah rencanakan jenjang selanjutnya yaitu SD, SMP, SMA, dan kuliah. Kira-kira, sekolah mana yang akan dipilih anak?

Tapi ingat, lakukan perencanan jenjang ini secara berkala, agar tidak terlalu jadi beban. Bila jenjang pendidikan sudah diputuskan, maka akan lebih mudah untuk memprediksi dan menyusun biaya pendidikan anak.

  • Hitung biaya pendidikan anak

Setelah menyusun rencana jenjang pendidikan, kini saatnya menghitung biaya yang dibutuhkan. Kamu juga harus menghitung kemungkinan inflasi per tahun, sehingga kenaikan biaya pendidikan di masa depan lebih ‘kebayang’.

(Baca juga: Pentingnya Mendampingi Anak di Hari Pertama Sekolah)

Cari tahu info perintilan biaya yang bakal dikeluarkan. Mulai dari urusan transportasi, uang jajan, buku, dan seragam. Hitung juga waktu untuk menabung atau mengumpulkan pundi-pundi uang masuk sekolah tersebut.

Semisal apakah dalam jangka waktu 4 tahun (sejak anak lahir), biaya masuk TK sudah terkumpul?

  • Tabungan pendidikan

Dana pendidikan anak seharusnya dipisah dengan tabungan lain, agar tidak terpakai untuk kebutuhan lain. Nah dari pada pusing, mending buka tabungan pendidikan saja.

Tabungan pendidikan adalah cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk menabung biaya pendidikan anak. Jenis tabungan ini sangat cocok untuk mengelola biaya pendidikan yang sifatnya rutin seperti membayar kursus, membeli buku dan membayar SPP.

Namun, tabungan pendidikan kurang menguntungkan untuk investasi jangka panjang karena bunga yang diberikan sangat kecil, sekitar 2-3% saja per tahun.

  • Mengambil asuransi pendidikan

Pilihan lain yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak adalah dengan mengambil asuransi pendidikan. Tujuan mengambil asuransi pendidikan adalah supaya saat anak masuk sekolah, orang tua punya simpanan yang cukup untuk membayar uang sekolah.

Sistemnya hampir sama dengan menabung di bank, namun secara jumlah tergantung seberapa besar premi yang sanggup kamu bayarkan. Semakin dini anak diasuransikan, biaya preminya pun akan lebih terjangkau.

  • Mulai berinvestasi

Melihat kenaikan biaya sekolah yang semakin liar, mungkin tabunganmu juga perlu didukung oleh sejumlah investasi. Semisal dengan bermain di reksa dana atau emas mungkin? Reksa dana sangat fleksibel, dapat dibeli kapan saja dan dijual kapan saja sesuai dengan ketentuan yang berlaku di prospektus.

Jika ingin berinvestasi emas untuk biaya pendidikan anak, segera lakukan karena emas termasuk investasi yang sifatnya jangka panjang. Usahakan menyimpan emas batangan yang memiliki kadar 99% dari pada emas dalam bentuk perhiasan.

  • Selalu libatkan anak

Tak hanya orang tua yang berperan dalam mempersiapan dana pendidikan, tetapi anak pun harus ikut dilibatkan. Bukan secara finansial hingga ikut mencari uang ya, namun tanyakan interest mereka. Apakah tertarik dengan sekolah biasa atau mau homeschooling?

(Baca juga: Pilihan Pinjaman Berbunga Rendah untuk Keperluan Sekolah)

Bahkan sekarang ada pilihan sekolah alam juga. Sesuaikan minat tersebut, agar semakin mempermudahmu saat memilih sekolah yang tepat untuknya nanti. PR lain untuk orangtua, bandingkan kurikulum dan ketahui bagaimana lingkungan serta pergaulan di sana.

Jangan keburu terbebani dengan nominal biaya pendidikan anak. Lupakan nilainya, fokuslah menabung dan berinvestasi. 

CekAja.com juga bisa membantu kamu mencarikan dana mendadak untuk keperluan sekolah anak, lewat Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang bisa kamu pilih dan ajukan secara online. Tapi ingat, keputusan untuk berutang demi menutupi kebutuhan sekolah anak sebaiknya jadi alternatif terakhir kalau memang belum menyiapkan tabungan pendidikan ya. Semangat!

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.