Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Virtual Account, Alternatif Pengganti Kode Transfer Bank

by lhmdi on 10 September, 2017

pinjaman bank_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Hampir lebih dari 100 bank yang ada di Indonesia sudah menyiapkan kode transfer bank milik mereka sendiri. Tujuannya sederhana, agar mempermudah proses transfer bagi masyarakat yang memiiki rekening bank berbeda.

Apalagi bagi masyarakat yang senang berbelanja online melalui satu akun media sosial seperti Facebook atau Instagram. Belum tentu rekening bank yang kita miliki sama dengan rekening bank dari si penjual.

Tidak hanya untuk belanja online, kode transfer bank pun kini dibuat lebih fleksibel. Namun, melakukan transfer antar bank pun terkadang sering tidak memuaskan banyak masyarakat.

Beberapa penyebabnya adalah isu kemanan yang menyebabkan nomor rekening seseorang bisa digunakan untuk kriminalitas, sering terjadinya human eror dan lain-lainnya.

Virtual Account, Alternatif Pengganti Kode Transfer Bank

Karena masih sering mengalami kendala, beberapa bank kini sudah punya alternatif baru dalam memudahkaan sebuah proses perindahan uang.

Kehadiran Virtual Account yang disiapkan oleh bank kini bisa menjadi alternatif pengganti kode transfer bank.

(Baca: Mau Transfer? Kenali Daftar Kode Bank di Indonesia)

Salah satu bank menjalankan sistem ini adalah Bank Permata. Melalui layanan Virtual Account yang sudah disiapkannya, masyarakat kian dimudahkan untuk melakukan transaksi keuangan.

Virtual Account sendiri menggunakan nomor rekening berbentuk kode unik yang dapat mengidentifikasi setiap pembelian tagihan, hingga transaksi yang sudah dibayar.

Dengan sistem yang lebih cepat dan sistematis Virtual Account, bahkan dapat meminimalisir risiko terjadnya human-error.

Dikutip dari Techinasia pada bulan Mei yang lalu, pihak PermataBank mengatakan bahwa Virtual Account tidak hanya mempermudah proses transaksi sebuah kegiatan yang berkaitan dengan perpindahan uang namun memiliki beberapa nilai tambah dibandingkan menggunakan kode transfer bank.

Nilai tambah itu diantaranya adalah:

  1. Dapat menerima pembayaran atau aktifitas perpindahan uang dari semua bank.
  2. Pembeli dan penjual yang terlibat dalam transkasi online tidak perlu melakukan konfirmasi serta cek pembayaran secara manual.
  3. Uang yang dikirimkan berproses dengan cepat, bahkan pad ahari yang sama ke rekening yang akan dituju.

Dari ketiga fungsi Virtual Account ini PermataBank pun menjalin berbagai macam kerjasama dengan berbagai macam rekan bisnis yang juga menggunakan layanan digital untuk setiap kegiatan transaksinya.

Berikut beberapa diantaranya:

1. Top up saldo Go-Pay

Kehadiran Go-Jek sebagai salah satu layanan transportasi berbasis aplikasi terus berkembang. Salah satu layanan yang kini dikembangkan oleh Go-Jek adalah Go-Pay.

Go-Pay sendiri merupakan teknologi pengisian saldo dari Go-Jek untuk berbagai layanan yang mereka sediakan.

Mulai dari layanan transportasi baik motor dan mobil, pembelian makanan, pengiriman barang dan layanan lainnya. Melalui layanan Go-Pay setiap penggunakan layanan Go-Jek tidak perlu lagi menggunakan uang tunai setelah selesai menggunakan setiap jasa dari Go-Jek.

Nah, salah satu cara untuk menambah saldo Go-Pay bisa dilakukan dengan menggunakan layanan Virtual Account dari PermataBank. Layanan ini bisa digunakan ketika seseorang akan mengisi saldo Go-Pay.

(Baca: Kenali Jenisnya, Ini Cara Aman Tansaksi E-Money)

Caranya mudah, setelah mendatangi salah satu lokasi ATM PermataBank, masukkan nomor PIN, Pilih menu transfer dan piih transfer ke rekening PermataBank.

Saat layar mesin ATM PermataBank meminta no rekening sebagai tujuan, masukkan tiga digit angka yang merupakan kode Virtual Account dari Go-jek, diikuti nomor ponsel yang terdaftar di layanan Go-Jek.

Sebagai contoh 898085228609145 dan lanjutkan dengan memasukkan nominal isi ulang yang diinginkan.

2. Isi ulang dompet virtual DOKU

Bagi kita yang belum faimiliar dengan DOKU, layanan merupakan dompet virtual yang dilengkapi dengan kehadiran pembayaran melalui kartu kredit dan juga cash wallet.

Kegunaannya, dompet virtual dari DOKU dapat digunakan untuk belanja online melalui merchant yang telah bekerjasama dengan DOKU.

Bersama DOKU, PermataBank juga menyediakan layanan untuk mengisi ulang dompet digital ini. Layanan pengisian ulang ini sendiri menggunakan kode Virtual Account dan daat dilakukan di ATM PermataBank.

Caranya sangat mudah, pilih menu transaksi lainnya, lanjutkan dengan transaksi pembayaran, pilih menu lain-lain, lanjutkan dengan menekan pembayaran Virtual Account.

Masukkan kode Masukkan kode “856666” ditambah dengan 10 digit DOKU ID yang sudah dimiliki, pilih benar dan akhiri dengan memasukkan nominal isi ulang dompet digital di DOKU.

3. Beli tiket pesawat Sriwijaya Air

PermataBank juga bekerjasama dengan maskapai penerbangan Sriwijaya Air dalam pembelian tiket pesawat.

Dengan menggunakan metode “Virtual Account” PermataBank berharap setiap penumpang yang akan membeli tiket Sriwijaya Air jadi lebih mudah dalam melakukan pembayaran.

Jika sebelumnya Virtual Account ini umum digunakan melalui mesin ATM, PermataBank kali membuka hampir semua layanan transaksinya lebih luas lagi.

Selain mesin ATM, PermataBank juga menyediakan layanan Virtual Account bagi masyarakat yang membeli tiket pesawat sriwijaya Air dengan menggunakan Internet Banking atau Mobile Banking.

Khusus untuk kerjasama dengan Sriwijaya Air, masyarakat nantinya akan mendapatkan nomor unik yaitu 16 digit, yang terbagi atas 4 digit BIN 8777 yang merupakan nomor khusus Sriwijaya Air dan 12 digit kode transaksi.

4. Pembayaran asuransi di Chubb

PermataBank juga bekerjasama dengan perusahaan asuransi Chubb untuk memudahkan semua nasabah membayar premi asuransi mereka.

Unutk layanan ini PermataBank menggunakan kode virtual account 890900 ditambahkan dengan 10 angka nomor polis asuransi Chubb yang dimiliki.

(Baca: Strategi Aman Saat Bertransaksi dengan SMS Banking)

5. Belanja online di JD.ID

Bagi yang suka belannja online dan ingin mencoba layanan Virtual Account PermataBank bisa membeli berbagai macam barang yang disediakan JD ID.

PermataBank membuka layanan transaksi bagi masyarakat yang memiliki rekening PermataBank menggunakan Virtual Account, dengan menggunakan mesin ATM.

Caranya, setelah memasukkan kartu ATM dan nomor PIN, pilih menu transaksi lainnya, pembayaran, dan pilih Virtual Account. Setelah itu kita akan mendapatkan kode Virtual Account khusus yang dapat digunakan ditambah dengna nomor transaksi.

Lanjutkan dengan nominal pembayaran, dan belanja di JD.ID menggunakan Virtual Account Bank Permata sudah selesai dilakukan.

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami