Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Virus Corona, Awal Mula hingga Negara-negara yang Terjangkit

by Sindhi Aderianti on 27 Januari, 2020

Virus corona mulai menyebar di beberapa negara tetangga. Bagi yang berencana ke luar negeri, sebaiknya urungkan niatmu sementara. Pasalnya, sudah ada lebih dari 800 kasus corona yang terjadi. Jangan sampai kita menjadi korban selanjutnya!

virus Corona

Nyaris serupa dengan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS/Sindrome Pernapasan Akut Berat) yang juga pernah menggemparkan dunia tahun 2003 lalu, virus corona awalnya berasal dari sebuah kota di China bagian tengah bernama Wuhan. Memang, ada apa di sana?

Awal Mulai Virus Corona Menyebar

Wuhan diketahui punya sebuah Pasar Makanan Laut Huanan yang menjual berbagai jenis makanan tak biasa. Mulai dari anak serigala, rubah hidup, buaya, salamander raksasa, ular, tikus, burung merak, landak, daging unta hingga musang.

Masalahnya, berbagai binatang yang dijual di pasar itu merupakan spesies yang terkait dengan pandemi SARS. Corona sendiri merupakan virus yang kerap menginfeksi hewan. Namun, virus itu lambat laun dapat berevolusi dan menyebar ke tubuh manusia.

(Baca juga: Cara Melihat Premi Asuransi Kesehatan yang Harus Dibayarkan)
Gejala Mirip Radang Tenggorokan

Gejala penyakit yang disebabkan virus corona terbilang sangat umum. Hal ini sempat memicu kesalahpahaman hingga viral di gedung BRI II. Karyawan yang diduga terjangkit virus tersebut, rupanya hanya mengalami radang tenggorokan.

Agar tak terkecoh dan keburu panik, kenali beberapa gejala virus corona sebagai berikut:

  • Sakit tenggorokan
  • Pusing kepala
  • Hidung berlendir (ingusan)
  • Batuk
  • Demam
  • Bersin-bersin
  • Merasa kelelahan

Berdasarkan pedoman World Health Organization (WHO), jika dalam 14 hari seseorang yang ada di kriteria tersebut merasakan gejala demam, batuk dan nyeri tenggorokan, maka ia terpaksa harus diisolasi.

Virus ini bisa menyebar lewat cairan yang terinfeksi dan bisa menular juga melalui batuk atau bersin. Selain itu, penyebarannya lewat sentuhan dengan penderita, bahkan kalau tak sengaja memegang bagian tubuh terinfeksi seperti hidung pun bisa kena juga.

Melansir tribunnews.com, untuk mencegah terkontaminasi virus corona kita bisa menghindari dulu makan daging dan telur mentah, hindari area asap dan merokok, habis bersin dan batuk jangan lupa cuci tangan, beristirahat yang cukup, dan jauhi dulu keramaian.

(Baca juga: Asuransi Kesehatan untuk Pelajar di Luar Negeri)
Negara-negara Terjangkit Virus Corona

Berhubung virus corona semakin liar menjalar, rencanamu liburan ke luar negeri agaknya perlu dipending dulu, deh. Sebab, virus yang menyerang pernapasan ini belum memiliki penawar baik itu obat atau vaksin. Walaupun mirip-mirip pneumonia, imunisasi PCV pun tak akan mempan.

Ada sekitar 5 negara wisata di Asia yang perlu kita hindari untuk sementara waktu. Paling terdekatnya Singapura!

1. China

Mengingat China merupakan negara awal virus ini berasal, tentu kasus corona paling banyak menjangkiti warga di sana. Per Jumat (24/1), kasus pernyebaran virus ini bertambah cukup pesat menjadi 830 dengan jumlah kematian mencapai 25 orang. Bahkan semua transportasi masuk dan keluar utama dari Kota Wuhan, harus dihentikan sementara.

2. Hong Kong

Selain Wuhan, korban penyakit akibat virus ini juga terjadi di Hong Kong dan Makau. Di Hong Kong, sekitar 1.300 warga diperkirakan sudah terinfeksi. Sementara Makau, pemerintah setempat mengkonfirmasi dua kasus. Kasus pertama melibatkan seorang pengusaha wanita berusia 52 tahun yang baru saja tiba dari Wuhan.

3. Jepang

Pada 16 Januari 2020 lalu, Kementerian Kesehatan Jepang mengkonfirmasi kasus pertamanya. Pengidap adalah seorang warga terjangkit virus corona setelah pulang dari Wuhan. Beberapa hari setelahnya, Negeri Sakura itu pun mengkonfirmasi kasus kedua, yakni pria asal China yang hendak berlibur ke Jepang.

4. Singapura

Virus corona kabarnya juga sudah muncul di Singapura. Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) menjelaskan, pengidap yang terbukti positif virus corona merupakan seorang pria berusia 66 tahun yang datang langsung dari Kota Wuhan. Untuk menghindari penularan virus, pihak imigrasi sudah mengisolasinya.

5. Thailand

Masih yang terdekat dari Indonesia, Negeri Gajah Putih juga sudah mengonfirmasi masuknya virus tersebut. Lewat alat pemindai suhu tubuh di Bandara Suvarnabhumi, seorang perempuan berusia 74 tahun terdeteksi memiliki gejala penyakit pneumonia yang disebabkan corona. Selain itu, dokter juga sempat menemukan turis asal China lain yang terjangkit virus ini.

Di Indonesia sendiri belum ada kasus virus corona yang masuk. Hanya saja di Bali, pemerintah setempat berjaga-jaga memeriksa sejumlah turis. Mereka diobservasi di RSUP Sanglah. Pendatang tersebut merupakan orang Meksiko yang sebelumnya berkunjung ke Negeri Tirai Bambu. Sedangkan dua turis lainnya adalah anak-anak kebangsaan China berusia sekitar 5 tahun.

Check up rutin sangat direkomendasikan agar bisa terus memantau kesehatan  tubuhmu. Gunakan asuransi kesehatan untuk meng-cover semua biayanya, beli sekarang juga hanya di CekAja.com.

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.