Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Waktu Perjalanan KRL Bertambah, Pertimbangkan Kendaraan Pribadi

by Achmad Fauzi on 13 August, 2018

Bagi Anda yang berangkat kerja dengan menggunakan Kereta Rel Listrik (KRL) atau Commuter Line lintas Bogor-Jakarta, maka Anda harus berangkat lebih pagi lagi. Hal ini dikarenakan waktu perjalanan menjadi lebih lama. Anda  bisa mulai mempertimbangkan untuk menggunakan kendaraan pribadi.

disiplin kerja - CekAja.com

Adanya pertambahan waktu perjalanan KRL  selama 5 menit-10 menit membuat Anda akan menghabiskan waktu lebih lama di perjalanan. Misalnya, waktu perjalanan KRL lintas Bogor–Jakarta Kota dari yang semula 1 jam 55 menit, maka dengan adanya pertambahan waktu tersebut, perjalanan KRL menjadi 2 jam atau 2 jam 5 menit.

Pertambahan waktu perjalanan KRL tersebut karenanya ada perpindahan jalur rel KRL lintas Bogor–Jakarta di Stasiun Manggarai, dari yang semula di jalur 6 dan 7 berpindah menjadi ke jalur 8 dan 10.

(Baca juga: Begini Cara Dapat Pinjaman untuk Modifikasi Kendaraan)

Pembangunan Stasiun Manggarai Modern Berlanjut

Perpindahan jalur tersebut disebabkan oleh keberlanjutan pembangunan Stasiun Manggarai menjadi Stasiun Sentral KA yang modern. Perlu Anda ketahui, jalur rel kereta di Stasiun Manggarai akan dibangun dua tingkat untuk memisahkan jalur kereta api, yaitu antara kereta api jarak jauh, kereta api Commuter Line Jabodetabek, dan kereta api bandara.

Sementara, Stasiun Manggarai sendiri juga akan dibangun sebanyak 3 lantai yang mana lantai 1 terdiri dari jalur KA Bekasi line 4 jalur, KA Bandara 4 jalur, dan peron 12 stamformasi. Kemudian, lantai 2 terdiri dari layanan penumpang dengan luas lantai kurang lebih 9.108 meter persegi serta kapasitas kurang lebih 17.800 orang dilengkapi lift dan eskalator.

Terakhir, lantai 3 terdiri dari jalur KA main line 6 jalur dan Bogor line 4 jalur, serta peron 12 stamformasi. Stasiun ini akan menjadi tempat pemberhentian terakhir untuk perjalanan kereta api jarak jauh.

(Baca juga: Ini Daftar Kendaraan yang 'Bebas' dari Aturan Ganjil Genap)

Mulai Gunakan Kendaraan Sendiri

Dengan pertambahan waktu perjalanan KRL tersebut, maka Anda harus mulai berpikir untuk menggunakan transportasi lain menuju tempat pekerjaan Anda. Misalnya, beralih ke transportasi umum lainnya.

Meski begitu, Anda perlu menghitung waktu saat menggunakan transportasi umum lain menuju tempat pekerjaan. Jika dirasa menguras waktu yang lebih banyak, maka Anda bisa mencari solusi lain. Salah satunya, dengan menggunakan kendaraan sendiri, seperti mobil dan motor.

Dengan kendaraan sendiri, Anda tak perlu repot menuju ke stasiun atau halte untuk naik transportasi umum menuju tempat bekerja. Karena Anda bisa langsung berangkat dari rumah dengan kendaraan sendiri.

(Baca juga: Begini Cara Dapat Pinjaman untuk Modifikasi Kendaraan)

Walaupun pastinya Anda akan menghadapi macet, tetapi Anda bisa mencari jalan alternatif yang tidak ramai dengan kendaraan. Apalagi, kini banyak aplikasi smartphone yang bisa Anda gunakan untuk mencari jalan pintas agar bebas dari kemacetan.

Beli Kendaraan dengan Fasilitas Kredit

Tak perlu risau jika Anda belum memiliki kendaraan seperti motor dan mobil. Karena, Anda bisa membelinya dengan secara kredit. Apalagi, Anda bisa sesuaikan cicilan bulanan dengan penghasilan saat mengajukan kredit kendaraan bermotor.

Selain itu, kini Anda juga bisa mengajukan kredit kendaraan bermotor secara online. E-commerce finansial nomor satu di Indonesia CekAja.com menyediakan fitur kalkulator yang dapat memudahkan Anda menghitung cicilan bulanannya.

(Baca juga: Pemerintah Tebas Bunga Kredit Usaha Pariwisata, Yuk Manfaatkan!)

CekAja.com juga menyediakan asuransi kendaraan bermotor dari berbagai perusahaan ternama. Yuk cek!

Tentang Penulis

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami