Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Waktu Tepat untuk Berolahraga

by hanna on 19 September, 2014

Tampaknya hampir semua orang mengetahui manfaat berolahraga. Tubuh sehat, kuat, serta ideal merupakan beberapa manfaat yang didapat dari olahraga secara rutin. Tapi, kapan waktu yang tepat untuk berolahraga? Berikut beberapa kesempatan yang dapat digunakan untuk berolahraga.

Pagi Hari

Profesor ilmu olahraga terapan di University of New England, Lara Carlson, Ph.D., mengatakan bahwa jika Anda ingin menurunkan berat badan atau meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, maka waktu yang tepat untuk berolahraga adalah di pagi hari. Selain itu, olahraga di pagi hari dapat membantu Anda meningkatkan energi untuk melakukan aktivitas seharian.

Sore Hari

Jika tidak memiliki waktu di pagi hari, Anda dapat berolahraga di sore hari, pada pukul 14:00-18:00. Olahraga di sore hari dapat membantu untuk mengontrol tekanan darah dan mendapatkan tidur yang lebih baik, serta membuat otot Anda lebih fleksibel.

Saat Flu

Anda masih dapat berolahraga saat terserang flu. Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Thomas G. Weidner, PhD. dari Ball State University, menyebutkan bahwa saat berolahraga, tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang bisa meningkatkan suasana hati dan meringankan gejala flu ringan. Namun, jangan terlalu lama berolahraga dan kurangi porsi latihan sekitar 50% dari porsi latihan pada kondisi normal.

Saat Haid

Ketika menstruasi wanita cenderung malas bergerak karena rasa sakit. Tapi menurut para ahli, zat endorfin (zat biokimia dalam tubuh), dikenal sebagai hormon kebahagian, yang dilepaskan oleh tubuh selama olahraga dapat meningkatkan mood serta mengurangi rasa sakit ketika haid. Bahkan, Stacy Sims, PhD., seorang ahli fisiologi olahraga dari Stanford Prevention Research Center, mengungkapkan bahwa masa haid mungkin adalah waktu terbaik untuk meningkatkan intensitas olahraga dan dapat membuat seorang wanita merasa lebih kuat serta membantu menghilangkan rasa sakit lebih cepat.

Saat Lelah

Penelitian menyebutkan energi yang dimiliki seseorang setelah bekerja selama delapan jam lebih besar ketimbang setelah bangun tidur. Berolahraga dengan aktivitas jalan cepat atau kardio setelah jam kerja usai akan membantu Anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Kapan waktu yang tepat untuk Anda berolahraga?

Tentang Penulis

hanna

Social media writer, coffee lover, twenty-something.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami