Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Walaupun di Rumah Aja, 7 Ide Pesta Ulang Tahun Ini Bikin Anak Happy!

by Sindhi Aderianti on 7 April, 2020

Ulang tahun adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh hampir setiap orang. Terutama untuk anak-anak, karena ada banyak kado, hiasan balon, dan sesi tiup lilin di hari spesialnya. Bagi mereka, hal ini sangatlah menyenangkan.

Ide Perayaan Ulang Tahun Anak Saat Corona

Namun di tengah wabah COVID-19 ini, tentu saja perayaan ulang tahun tak mungkin diselenggarakan beramai-ramai karena harus tetap menuruti aturan social distancing. Jangankan ulang tahun, pernikahan saja terpaksa ditunda. Semua demi memutus rantai penularan virus corona.

Sebagai orang tua yang ingin membahagiakan anak di ulang tahunnya, jangan sedih. Kamu tetap bisa merayakan hari spesial ini dengan lebih sederhana, kok. Meski hanya di rumah, CekAja punya 7 ide ulang tahun anak yang tak terlupakan.

1. Buat dekorasi sederhana

Buat dekorasi sederhana - Masih Darurat Corona Ini 7 Ide Ulang Tahun Anak yang Seru di Rumah

Tetaplah membuat dekorasi selayaknya perayaan ulang tahun. Cukup yang sederhana saja, misalnya dengan flag chains bertuliskan “happy birthday” dan balon warna-warni. Kumpulkan mainan atau boneka favorit anak, agar suasana terasa lebih ramai. Bila perlu, pasang speaker kecil untuk memutar lagu-lagu kesukaanya. Dijamin euphoria ulang tahun anak semakin meriah, walaupun tak ada tamu yang datang.

 2. Pesan kue ulang tahun

Pesan kue ulang tahun - Masih Darurat Corona Ini 7 Ide Ulang Tahun Anak yang Seru di Rumah

Anak-anak biasanya juga sangat menunggu momen dimana mereka tiup lilin dan memotong kue ulang tahun. Maka pastikan kamu juga menyediakan hal ini untuknya. Agar lebih praktis, pesan via telepon dan delivery saja . Pilih rasa dan warna yang menarik bagi anak-anak. Misalnya fruit cake, red velvet, atau cheese cake. Tambahkan beberapa cake topper tokoh kartun kesukaan anak di atasnya, agar tampilan kue tampak semakin menarik.

3. Tetap membelikan kado

Tetap membelikan kado - Masih Darurat Corona Ini 7 Ide Ulang Tahun Anak yang Seru di Rumah

Selain kue, tentunyasi kecil juga menantikan kado dari orang-orang tersayang. Berikan benda yang sedang ia inginkan secara online, agar tetap bisa menerapkan social distancing. Anak-anak biasanya juga menyukai hadiah yang banyak, daripada mahal tapi hanya sedikit. Pastikan kamu membungkusnya dengan rapi menggunakan kertas kado, karena mereka pun senang ketika akan membuka bingkisan tersebut satu per satu.

(Baca Juga: 8 Judul Buku Edukasi untuk Balita yang Seru dan Menyenangkan)

4. Video call dengan saudara atau teman

Video call dengan saudara atau teman - Masih Darurat Corona Ini 7 Ide Ulang Tahun Anak yang Seru di Rumah

Anak mulai protes karena pesta ulang tahunnya sepi? Siasati dengan melakukan video call bersama saudara atau teman, ketika hendak tiup lilin dan potong kue. Jadi serasa merayakan ulang tahun tapi online. Dengan cara ini, para kerabat juga tetap bisa memberi ucapan sekaligus silaturahmi, meski fisik tak bertemu. Kamu bisa menggunakan Zoom, salah satu aplikasi video yang memungkinan si kecil bertatap dengan banyak orang.

 5. Sediakan makanan kesukaannya

Sediakan makanan kesukaannya - Masih Darurat Corona Ini 7 Ide Ulang Tahun Anak yang Seru di Rumah

Khusus di hari ulang tahunnya, manjakan si kecil dengan makanan kesukaan yang mungkin selama ini tidak boleh sering dimakan. Misalnya chicken nugget, sosis, atau nachos sebagai finger food. Sediakan juga pasta yang lebih menarik bagi anak-anak seperti penne atau fettuccine, dengan saus carbonara. Untuk dessert, buat pudding atau es krim. Selain mudah dibuat, kamu juga bisa lebih menghemat budget.

6. Buat permainan

Buat permainan - Masih Darurat Corona Ini 7 Ide Ulang Tahun Anak yang Seru di Rumah

Merayakan ulang tahun di rumah aja, tak sebosan yang dibayangkan. Agar suasana kian meriah, buat sejumlah permainan untuk semua anggota keluarga. Misalnya, tebak-tebakan gambar ala Eat Bulaga. Cara ini juga bisa melatih anak supaya lebih cepat tanggap, serta memperkaya kosa katanya, lho. Sediakan hadiah kecil-kecilan supaya games lebih seru dilakukan. Bagi yang tak bisa menjawab, beri ‘hukuman’ jahil dengan coretan bedak.

7. Nonton film bersama

Nonton film bersama - Masih Darurat Corona Ini 7 Ide Ulang Tahun Anak yang Seru di Rumah

Sebagai puncak acara, buat sesi menonton film bersama. Lama juga, kan tak merasakan suasana karena social distancing? Ubah tatanan ruang keluarga seperti bioskop, redupkan lampu dan kencangkna sedikit volumenya. Biarkan anak memilih film yang ia sukai untuk ditonton bersama-sama. Jangan lupa, sediakan camilan seperti popcorn instan dan minuman ringan agar semakin mirip bioskop.

Melansir HaiBunda, psikolog anak dari Tiga Generasi @ Brawijaya Clinic, Fathya Artha Utami mengatakan, ada banyak manfaat ketika merayakan ulang tahun anak. Pertama, ia bisa merasakan hal yang menyenangkan. Selain itu, si kecil juga akan merasa spesial dan keberadaannya dihargai oleh orang lain. Nah, jadi walaupun masih dalam suasana darurat COVID-19, kamu bisa membuat pesta kecil-kecilan dengan 7 ide ulang tahun anak di atas. Mudah, tak perlu keluar rumah, dan seru!

Permudah transaksi online-mu dalam mempersiapkan ulang tahun anak di rumah, dengan menggunakan kartu kredit Citibank. Nikmati juga berbagai keuntungannya seperti bebas biaya keterlambatan dan iuran tahunan terjangkau. Yuk, ajukan hanya di CekAja.com!

(Baca Juga: 7 Aktivitas Bareng Anak Biar Gak Boring di Rumah)

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.