Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Wanita Dianggap Lebih Baik Siapkan Tabungan Pensiun, Kenapa?

by Rafly Aditia on 28 November, 2015

Ketidakseimbangan pendapatan tidak hanya ada pada saat kamu dan pasangan masih bekerja, namun juga ketika pensiun. Sebuah hasil studi yang dilaporkan dari The Vanguard Funds mengungkapkan bahwa para wanita memiliki jumlah tabungan pensiun yang lebih sedikit dibandingkan dengan pria.

Hal tersebut terjadi karena adanya kesenjangan pendapatan yang dimiliki oleh kaum pria dan wanita dimana kaum pria memiliki pendapatan yang lebih besar dibandingkan dengan wanita.

Tetapi, buat kamu yang merupakan seorang wanita kamu boleh berbangga hati karena walaupun memiliki pendapatan yang lebih kecil para wanita memiliki perencanaan hari tua yang cukup baik ketimbang para pria. Mengapa seperti itu? Karena wanita memiliki perbedaan dalam mengatur keuangan mereka dengan pria. Apa saja sih perbedaannya? Berikut adalah perbedaannya;

Wanita menyisihkan lebih banyak

Ya, yang paling pertama dan menjadikan wanita sebagai kaum yang lebih baik dalam mengatur keuangan untuk hari tua nanti adalah mereka menyisihkan beberapa persen lebih banyak dari pendapatan mereka untuk tabungan pensiunnya.

(Baca juga: Ini Beda Wanita dan Pria dalam Hal Asuransi)

Masih menurut studi yang dilaporkan oleh Vanguard, ternyata rata-rata wanita menyisihkan 7 persen dari pendapatan mereka untuk tabungan hari tua mereka nantinya.

Sementara para pria menyisihkan uang lebih sedikit yaitu hanya sbeesar 6,8 persen dari gaji atau pendapatan mereka untuk keperluan dan tabungan di masa tua.

Wanita lebih suka obligasi, Pria investasi saham

Berdasarkan studi yang dilaporkan oleh Vanguard, ternyata para wanita menginvestasikan uang yang mereka miliki di sektor-sektor yang mempunyai potensi dengan tingkat keuntungan yang bisa dibilang cukup baik.

Para wanita dikabarkan lebih cenderung memilih berinvestasi dalam bentuk obligasi, sementara para pria lebih menyukai investasi saham. Sehingga bisa dibilang wanita menginvestasikan uangnya di sektor yang lebih aman dibandingkan pria.

Wanita menyadari pentingnya rencana tabungan pensiun

Dan perbedaan yang terakhir antara wanita dan pria dalam merencanakan tabungan adalah Para wanita lebih banyak mendaftarkan diri mereka kedalam rencana tabungan pensiun sehingga masa tua mereka bisa dibilang akan lebih aman dibandingkan dengan pria.

Melalui studi yang dirilis oleh Vanguard, 73 persen responden wanita mendaftarkan diri dalam program rencana tabungan pensiun. Sementara pria hanya sekitar 66 persen saja.

(Baca juga: 4 Tips Mewujudkan Transparansi Keuangan Bersama Pasangan)

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.