Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Waralaba Modal Mini yang Bisa Hasilkan Omzet Puluhan Juta

by Surtan Siahaan on 8 Mei, 2016

bisnis waralaba - CekAja.com

Sudah bekerja keras namun tidak kunjung puas dengan penghasilan sekarang sebagai seorang pekerja? Mungkin kamu harus mempertimbangkan mengajukan surat pengunduran diri dan memulai usaha sendiri.

Namun, keinginan memiliki bisnis seringkali terbentur dengan ide dan ketersediaan dana tunai. Uang yang dibutuhkan terlalu besar sementara bujet pas-pasan. Ilham bisnis yang cocok dengan kita juga tidak kunjung datang meski sudah berfikir sejak lama. Nah, jika permasalahannya hanya modal yang mini, tidak ada salahnya lho memulai bisnis waralaba.

Selain tidak perlu pusing memikirkan bentuk bisnisnya, banyak juga waralaba yang hanya mensyaratkan modal kecil namun menawarkan profit jumbo yang mungkin sulit kamu peroleh dengan bekerja sebagai karyawan. Berikut ini waralaba modal Rp 5 jutaan yang menarik untuk kamu:

Waralaba jasa logistik

Bisnis jual-beli online kini tengah menjamur di Indonesia. Mulai dari perusahaan besar dengan omzet miliaran hingga ibu rumah tangga menjalankan bisnis online. Imbasnya, industri jasa pengiriman kian subur.

Dengan prospek yang cerah, bisnis satu ini sepertinya menarik untuk dijajal. Kalau tertarik, Satria Andalan Prima (SAP) Express Courier menawarkan modal mini bagi yang tertarik menjadi agen.

Terdapat dua paket keagenan yang ditawarkan perusahaan yang didirikan tahun 2014 ini. Pertama paket 1 dengan harga Rp 2 juta dan paket 2 senilai Rp 5 juta. Untuk paket 1 agen akan dibekali fasilitas traning penjualan, brosur, stempel, tarif, stiker, poster, spanduk, papan nama, neon box, timbangan 100 kg, meteran dan seragam.

Sedangkan agen dengan keanggotaan paket 2 mendapatkan seluruh fasilitas paket 1 ditambah personal computer dan printer. Salah satu yang menarik dari tawaran waralaba ini adalah bebas joining fee dan royalty fee. Saat ini SAP Express Courier memiliki 70 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

(Baca juga: Cek Perbedaaan Reksadana Syariah dan Konvensional?)

Waralaba agen wisata

Biro perjalanan adalah bisnis yang sudah berkembang sejak lama. Meski demikian, peluang di sektor ini masih menjanjikan mengingat potensi pariwisata Indonesia cukup besar dan semakin tergali. Banyak agen biro perjalanan yang masih bisa meraup omzet puluhan juta Rupiah per bulan.

Salah satunya adalah Voltras Agent Network. Soal prestasi Voltras punya catatan menarik karena berhasil meraih penghargaan Indonesia Travel and Tourism Award (ITTA) 2014/2015 untuk kategori “Indonesia Leading Travel Technology Provider” dari ITTA Foundation yang bekerjasama dengan Binus Business School.

Menariknya, kamu tak perlu memiliki keahlian khusus untuk menjalankan bisnis agen travel ini, karena Voltras telah menyiapkan seluruh instrumen yang dibutuhkan. Mitra hanya perlu fokus menjangkau target market mereka. Asyiknya lagi, Voltras menawarkan sejumlah paket waralaba yang sangat terjangkau.

Pertama, Paket Van Basic. Paket ini cocok bagi yang baru memulai usaha travel agent namun memiliki modal terbatas. Cukup dengan Rp 300 ribuan, mitra memperoleh user login ke dalam sistem VAN, akses reservasi utnuk semua maskapai domestik dan internasional, tiket kereta dan hotel. Selain itu mitra memperoleh komisi penjualan 3%-4% atau setara 60%-80% komisi airline, dukungan helpdesk 24 jam.

Paket ini diestimasi balik modal hanya dengan 20 penjualan tiket. Kedua Paket VAN Pro senilai Rp 4,9 juta. Untuk paket ini, mitra memperoleh tiga user login, akses reservasi utnuk semua maskapai domestik dan internasional, tiket kereta dan hotel. Komisi penjualan paket ini sebesar 4%-5% atau setara 80%-100% komisi airline, dukungan helpdesk 24 jam. Paket ini diestimasi balik modal dalam 5 bulan atau dengan penjualan 150 tiket.

Waralaba laundry

Melia Laundry terkenal sebagai pelopor bisnis franchise binatu terbesar di Indonesia. Kalau kamu memiliki tempat yang strategis, bisnis laundry menjanjikan cuan yang tidak sedikit. Tidak perlu pusing memikirkan modal puluhan juta untuk menjadi juragan laundry.

Kalau tertarik namun memiliki modal ngepas, kita hanya perlu menyiapkan Rp 5 juta untuk mencoba konsep keagenan atau konter. Fasilitas yang diberikan adalah jaringan dari Workshop Melia Laundry & Drycleaning di satu wilayah area kerja, desain interior dan branding dari pusat.

Waralaba es krim

Usaha es krim potong sedang jadi trend di sektor makanan dan minuman di Indonesia. Tidak terhitung kedai es krim berdiri dengan berbagai brand untuk menggarap ceruk pasar yang memikat ini. Maklum, untuk negeri tropis yang punya hawa panas seperti Indonesia, es krim memang jajanan yang jadi favorit banyak orang mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Es krim potong Ice Kitchen menyediakan tawaran waralaba seperti kelas Bazzar dengan modal mulai Rp 2,5 Juta, Paket Bronze A dengan modal Rp 4 Juta dan paket Bronze B senilai Rp 4,5 Juta. Ice Kitchen memproyeksikan jangka waktu balik modal 2 hingga 6 bulan.

Tentang Penulis