Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Waspada! Banyak Situs Hoax Penerimaan CPNS 2018

by Achmad Fauzi on 25 Juli, 2018

Hati-hati bagi Anda yang ingin mendaftar penerimaan CPNS 2018. Pasalnya, situs penerimaan CPNS 2018 palsu atau hoax bertebaran di internet. Sehingga, Anda harus waspada agar tidak tertipu situs penerimaan CPNS.

keuntungan menjadi PNS - CekAja.com

Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur menegaskan bahwa saat ini belum ada penerimaan CPNS. Dengan pernyataan itu,  jika ada situs yang menawarkan ‎penerimaan CPNS 2018, maka sudah dipastikan situs penerimaan itu hoax.

Selain itu, Menpan Asman Abnur juga menyatakan, formasi penerimaan CPNS juga belum ditetapkan. Sehingga belum ada posisi yang tersedia dalam penerimaan CPNS 2018. “Semua masih dalam proses. Belum ada formasi, kalau ada yang beredar itu tidak benar,” kata Menpan Asman Abnur, dalam keterangan resminya.

(Baca juga: INFOGRAFIS: Fakta-fakta tentang Anak dan Remaja dalam Dunia Digital)

Jangan Mudah Percaya

Dengan belum dibukanya pendaftaran CPNS 2018, maka disarankan Anda jangan mudah percaya jika ada yang menawarkan pendaftaran di portal yang tidak jelas. Selain itu, pendaftaran penerimaan CPNS 2018 juga tanpa biaya alias gratis.

Dengan begitu, jika dalam situs pendaftaran tersebut Anda diharuskan mengeluarkan biaya, maka Anda harus waspada dan berpikir kembali. Sebab, dipastikan portal penerimaan CPNS itu hoax. Para calon pendaftar bisa memantau informasi dan pelaksanaan CPNS 2018 di portal www.menpan.go.id.

Pendaftaran Terpusat di Satu Portal

Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku panitia seleksi CPNS 2018 akan menerapkan mekanisme baru penerimaan CPNS. Pada  tahun ini, BKN menggunakan sistem terintegrasi dalam mekanisme pendaftaran CPNS 2018.

(Baca juga: Wow! Ternyata Startup Indonesia Setara dengan Uni Eropa)

Jika pada tahun sebelumnya, pendaftar seleksi CPNS pada sejumlah instansi masih harus membuka dua portal saat akan registrasi, kini proses pendaftaran hanya berfokus pada portal SSCN (Sistem Seleksi CPNS Nasional) dengan portal sscn.bkn.go.id.

Dengan terpusat pada satu portal ini akan mempermudah dan mempercepat Anda saat mendaftar CPNS tahun 2018. Selain itu, dengan mekanisme tersebut, Anda tidak merasa bingung, karena tidak perlu membuka banyak portal saat proses pendaftaran CPNS 2018.

Seleksi Gunakan Sistem CAT-BKN

Selain mekanisme satu portal, pelaksanaan seleksi juga menggunakan satu sistem yaitu dengan Computer Assissted Test (CAT-BKN). CAT adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS.

(Baca juga: Cek Motor Jadul yang Harganya Tak Main-main, Salah Satunya Yamaha RX-King!)

Sistem ini dipercaya untuk mempermudah dan mempercepat jalannya seleksi. Karena, masyarakat tak perlu lagi melingkari lembar jawaban dalam seleksi ilmu pengetahuan. Selain itu, dengan CAT-BKN akan meningkat kepercayaan publik karena objektivitas dan transparansi. Karena, hasilnya juga ditentukan dari sistem tersebut.

Itulah beberapa informasi mengenai penerimaan CPNS 2018. Dengan adanya informasi ini diharapkan, Anda tidak menjadi korban penipuan dari situs hoax penerimaan CPNS 2018. Dengan begitu, Anda bisa mendaftar CPNS 2018 sesuai jalur yang ditentukan.

Tentang Penulis

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami