Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Waspada, Ini 4 Hal Terkait Uang yang Bisa Bikin Kamu Salah Tingkah Hingga Malu

by Surtan Siahaan on 24 Januari, 2016

Banyak hal berkaitan dengan uang bisa bikin orang dewasa canggung atau salah tingkah. Contohnya bisa seabrek karena ini adalah hal yang sehari-hari kita hadapi.

Saat teman meminjam uang, saat bertukar kado yang harus dibuka di depan umum hingga saat menghadapi tagihan makan malam bersama belasan teman di sebuah restoran.

Situasi sehari-hari seperti ini kadang sulit dihindari dan bisa berujung pada perasaan salah tingkah bahkan bikin malu. Meski demikian, ada banyak cara cerdik untuk mengatasi momen canggung seperti itu.

Caranya, kamu membutuhkan ketenangan dan 4 tips di bawah ini agar terhindar dari salah tingkah yang membuat malu.

(Baca juga: Ini Rencana Keuangan untuk Anak Berkebutuhan Khusus)

1. Kartu kredit ditolak

Ini adalah kejadian memalukan nomor xxx: kamu mentraktir keluarga atau teman di sebuah restoran untuk merayakan hari ulang tahun atau kenaikan jabatan.

Saat akan membayar menggunakan kartu kredit, waiter mengatakan bahwa kartu kredit tidak dapat digunkan karena ditolak. Solusinya, seperti sudah dikatakan di atas kamu harus tenang! Ingat-ingat lagi apakah kamu sudah membayar tagihan kartu kredit tersebut.

Jika kamu merasa sudah melakukan pelunasan, minta waiter sekali lagi menggesek kartu tersebut. Manfaatkan jeda waktu tersebut untuk menghubungi bank penerbit kartu kredit.

Karena biasanya bank penerbit kartu bisa mengecek apakah tagihan sudah masuk atau belum. Jika itu persoalan koneksi, minta waiter untuk kembali bersabar.

Tapi, kalau ternyata kamu baru ingat jika lupa membayar tagihan, sebaiknya kamu harus segera meluncur ke gerai ATM terdekat untuk melakukan penarikan tunai.

2. Teman dekat atau saudara meminjam uang

Hal ini bisa jadi persoalan sulit jika orang yang meminjam adalah teman dekat atau saudara. Tapi coba ingat sekali lagi bahwa uang yang mau dipinjamkan adalah uang milikmu sendiri yang diperoleh dengan susah payah.

Sebelum memutuskan, coba lihat dulu profil si calon peminjam. Jika dia adalah orang yang bertanggungjawab namun sering meminjam, berikan separuh dari jumlah yang diajukan.

Bila kamu tetap ingin memberikan jumlah yang diminta, berikan dengan sejumlah syarat seperti bunga atau bilang bahwa ini adalah pinjaman terakhir.

Ini bertujuan agar ke depannya orang yang bersangkutan semakin bertanggungjawab akan keuangannya. Nah, bila kamu ragu pada orang yang mau meminjam, tetapkan batas toleransi.

Jika dia sudah pernah kamu pinjami dan pengembaliannya tidak menyenangkan, tolak dengan tegas. Namun, kamu harus berikan solusi agar hubungan dengan orang tersebut tidak renggang. Solusinya bisa dengan memberikan pekerjaan atau informasi pekerjaan yang menghasilkan uang.

3. Bayar tagihan saat makan bersama teman

Teman yang tidak membayar tagihannya sesuai pesanan bukanlah orang yang enak diajak makan bersama. Namun, jika sudah terlanjur makan bersama teman seperti itu, cara terbaik adalah meminta waiter untuk memisahkan tagihan sedari awal.

Yakin saja tindakan seperti ini akan didukung oleh teman yang lain. Cara yang lain, kamu bisa mengisi perut dulu sebelum menghadiri acara seperti ini.

Sehingga, saat datang kamu hanya perlu memesan makanan pencuci mulut seperti es krim atau buah. Sediakan uang tunai sebelumnya.

(Baca juga: 7 Makanan Ini Harus Dihindari Jika Ingin Sehat di Tahun 2016)

4. Seorang teman menawarkan jasa pekerjaan dan memberikan diskon, tapi kamu tidak suka dengan hasilnya.

Kamu harus memposisikan situasi ini sebagai urusan bisnis murni. Berikan apresiasi untuk usahanya dan khususnya pada diskon yang diberikan. Tunjukkan bahwa kamu sangat menghargai kerja kerasnya. Namun, tetap berikan komentar atas pekerjaan tersebut.

Tentang Penulis