Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Waspada, Ini 5 Gangguan Kesehatan yang Sering Muncul Saat Mudik

by Rafly Aditia on 29 Juni, 2016

sakit ketika Lebaran _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Mudik sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia saat Lebaran. Saat mudik, kamu bisa mendapatkan berbagai pengalaman mulai dari yang menyenangkan hingga yang menyebalkan seperti mengalami gangguan kesehatan.

Tanpa perlu basa-basi, kamu perlu mengetahui ada beberapa gangguan kesehatan yang sering menyerang pemudik berikut ini:

Mabuk laut

Salah satu masalah yang sering menghantui para pemudik yang menggunakan kapal laut adalah mabuk laut. Hal ini sering dialami orang yang tidak terbiasa dengan gelombang air laut. Guncangan yang disebabkan oleh ombak di laut memang bisa membuat perut terasa mual.

Maka dari itu, tidak salahnya menyediakan obat anti mabuk dalam perjalanan mudik. Kamu juga bisa menggunakan buah-buahan dengan rasa asam seperti asam jawa, jeruk, dan sebagainya untuk meredakan mabuk. (Baca juga: Jangan Anggap Perjalanan Mudik Akan Aman Jika Belum Punya Perlindungan Ini)

Diare

Penyakit lain yang sering muncul saat musim mudik adalah diare. Penyebabnya sangat banyak, salah satunya adalah mengonsumsi makanan yang tidak higienis. Biasanya terjadi karena pemudik makan di jalan. Untuk meredakan diare atau menangkalnya, kamu bisa mengonsumsi teh pahit.

Dehidrasi

Terlalu lama di mobil atau angkutan umum dengan cuaca yang panas ditambah kurang minum bisa bikin dehidrasi. Yup, dehidrasi jadi salah satu gangguan kesehatan yang paling sering muncul ketika mudik Lebaran tiba. Agar tidak dehidrasi, sebaiknya minum air putih yang cukup minimal 8 gelas per hari.

Masuk angin

Terlalu lama beraktivitas seperti menyetir, kurang tidur, dan berbagai hal lainnya bisa bikin kondisi kesehatanmu drop. Masuk angin seringkali menyerang para pengendara mudik, terutama bagi kamu yang pergi mudik menggunakan motor. Bisa dibilang masuk angin bukan hal yang asing lagi bagi para bikers. (Baca juga: Resign Kerja Setelah Lebaran Dianggap Jadi Waktu yang Tepat, Ini Alasannya)

Radang tenggorokan

Saat perjalanan mudik biasanya kamu bakal kurang istirahat. Selain itu, keinginan untuk mencicipi makanan khas, sampai makanan paling populer di perjalanan dan di tempat tujuan juga bisa bikin kamu sakit. Kalau terlalu sering jajan dan makan-makanan pedas dan berminyak bisa-bisa kamu terkena sakit radang tenggorokan.

Solusinya? Jangan terlalu berlebihan saat makan, kurangi minum air es dan perbanyak minum air putih.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami