Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Waspada, Ini 5 Tanda Kamu Akan di-PHK

by Rafly Aditia on 4 Januari, 2016

tips karier_KPR - CekAja.com

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) jadi momok yang menakutkan bagi para pegawai kantoran. Apalagi dalam masa perekonomian yang naik turun seperti ini, PHK menjadi hal yang paling dihindari oleh para pekerja mulai dari pekerja pabrik hingga pegawai kantoran.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa PHK bisa menimpa siapapun termasuk kamu. Untuk itu, kamu harus mempersiapkan diri agar kamu tidak terlalu shock saat tiba-tiba di PHK, apalagi jika kamu sedang punya pinjaman dalam jumlah besar. Ketahuilah tanda-tanda yang mengindikasikan seorang pegawai kantoran akan di PHK. Apa saja sih tanda atau ciri-ciri yang dimaksud? Berikut 5 tanda kamu akan segera di-PHK oleh perusahaan;

Perusahaan merger dan kamu memiliki rekan di posisi yang sama

Ketika perusahaan telah memutuskan untuk melakukan merger dengan perusahaan lain dan menjadi satu, lalu di sebuah divisi dipegang oleh dua orang maka salah satu dari orang tersebut akan terancam di PHK. Karena perusahaan baru akan berusaha sebisa mungkin untuk menghindari rangkap jabatan dan pastinya mengurangi karyawan demi efisiensi keuangan.

(Baca juga: Sebagai Pegawai Kantoran, Pastikan 4 Hal Ini Sudah Kamu Dapatkan dari Perusahaan)

Kamu gagal promosi

Ciri-ciri kamu akan di PHK yang selanjutnya adalah kamu gagal mendapatkan promosi dimana promosi jabatan tersebut seharusnya diberikan kepada orang dnegan segala kualifikasi yang sebenarnya sudah ada dalam diri kamu, maka kemungkinan besar perusahaan sudah tidak lagi membutuhkan tenaga kamu.

Lebih parah lagi, tidak jarang perusahaan sudah menyusun berbagai macam rencana untuk membuat kamu segera keluar dari perusahaan.

 

Diminta berkas pekerjaan

Apabila kamu secara mendadak diminta untuk membagikan berkas-berkas dan file pekerjaan kamu kepada semua rekan di divisi yang kamu tempati saat ini maka bisa dibilang kamu sudah berada di ujung tanduk dimana tinggal menunggu bel PHK yang dalam waktu dekat akan berbunyi.

Terutama jika kamu dimintai password laptop atau komputer, kontak klien dan sebagainya. Hal tersebut adalah tanda-tanda besar bahwa perusahaan sudah mencari orang untuk menggantikan posisi kamu.

 

Kamu dibebankan proyek khusus

Bisa dibilang saat kamu diberikan proyek khusus diluar tanggung jawab pekerjaan kamu ada dua kemungkinan yang dapat terjadi, pertama kamu akan mendapatkan kesempatan untuk perpindahan jabatan atau justru kamu akan mengalami pemutusan hubungan kerja oleh perusahaan.

Maka dari itu, selalu lah waspada dan melihat situasi dan kondisi yang sedang terjadi di lingkungan kerja kamu.

 

Hadir sebuah sistem yang bisa melakukan pekerjaan kamu secara otomatis

Jika tiba-tiba hadir perangkat ataupun sistem yang dapat melakukan pekerjaan kamu secara otomatis. Maka, kamu harus bersiap-siap untuk mencari tempat kerja yang baru karena kemungkinan besar kamu akan diPHK.

Perusahaan tentunya akan lebih memilih efisiensi biaya dan efektifitas bekerja dengan menggunakan mesin atau sistem daripada harus membayar manusia untuk mengerjakan hal-hal tersebut.

(Baca juga: Langkah-langkah Aman Beralih dari Pegawai Menjadi Bos)

 

Bosan jadi pegawai? Jalani bisnis impianmu dengan mengajukan KTA disini

 

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami