Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Waspada! Inilah Daftar Penyakit yang Bisa Kambuh Pasca Lebaran

by JTO on 9 Juli, 2016

Hidangan yang menggugah selera, rasa lelah akibat mudik dan silaturahmi ke keluarga, bisa menyebabkan ancaman dan kambuhnya beberapa gejala penyakit yang disebutkan di sini. apa saja?

Lebaran terasa tidak lengkap tanpa adanya hidangan yang menggugah selera. Mulai dari opor ayam, rendang, camilan dan kue-kue manis, dan berbagai makanan lain yang sangat nikmat untuk dinikmati sambil silaturahmi.

Namun apakah kamu tahu dibalik hidangan-hidangan tersebut ada berbagai penyakit kronik yang bisa mengancam. Khususnya apabila pola makan kamu tidak terkontrol pasca puasa.

Tidak sedikit orang yang memiliki nafsu makan yang besar pasca puasa. Karena itu, godaan hidangan istimewa di Hari Raya Idul Fitri sering disantap tanpa kontrol. Apalagi makanan yang disediakan pada saat Lebaran umumnya berlemak tinggi, manis, dan juga asin.

Ditambah pola makan yang tidak terjaga dan ketahanan tubuh yang menurun akibat kelelahan dengan aktivitas ketika Lebaran. Dimulai dari persiapan memasak, persiapan mudik, keliling silaturahmi ke keluarga, dan aktivitas lain. Semua melelahkan dan butuh tenaga ekstra.

Lalu, apa saja penyakit yang bisa mengancam atau kambuh pasca Lebaran? Berikut adalah daftarnya;

Obesitas & Diare

Entah karena dendam pasca puasa atau hidangan yang disajikan sangat menggugah seleran, biasanya disaat Lebaran seseorang akan memiliki pola makan tak terkontrol. (Baca juga: Diet Plan Setelah Lebaran, Bikin Perut Bisa Jadi Sixpack!)

Tidak salah bila kamu yang sebelumnya mengalami kegemukan dan ketika Ramadan bisa menurunkan berat badan, namun sehabis Lebaran berat badan cenderung bertambah. Bahkan karena pola makan asal santap, gejala diare pun tidak bisa dihindarkan.

Diabetes

Kue-kue manis, minuman bersoda, dan makanan manis lainnya adalah hidangan yang cukup identik dengan Lebaran. BIla tanpa kontrol dalam mengonsumsinya, maka kamu yang sudah tervonis miliki penyakit diabetes pun harus hati-hati dan mengontrol asupan makanan.

Karena seseorang dengan penyakit ini akan cenderung memiliki gula darah tak terkontrol jika tidak mengatur pola makan. (Baca juga: Mau Makan Enak Tapi Tidak Ganggu Kesehatan Saat Lebaran? Begini Caranya!)

Asam Urat & Darah Tinggi

HIdangan Lebaran juga umumny amengandung santan dan lemak yang tinggi. Terlebih masakan yang dihidangkan dimasak berulang-ulang yang bisa menyebabkan lemak jenuh makin tinggi. Ditambah konsumsi hidangan daging yang banyak disediakan ketika Lebaran.

Batuk & Radang Tenggorokan

Kegiatan silaturahmi yang melelahkan dan kurang tidur. Ya, dua hal itulah yang bisa menyebabkan kambuhnya penyakit ini. Apalagi dibarengi dengan pola makan yang tidak teratur dan tidak sehat.

 

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami