Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Waspadai Pinjaman Tunai Tanpa Jaminan Langsung Cair!

by Satrya Agung on 21 April, 2016

uang elektronik - CekAja.com

Rasanya tidak satu pun orang di muka Bumi ini yang ingin terjebak dalam situasi yang mengharuskan dirinya untuk meminjam uang dan berhutang.

Ini adalah situasi yang paling tidak mengenakkan. Tapi dengan dalil kepepet maka tak ada jalan lain selain pinjam uang. Dan diperparah jika butuh uang saat itu juga sedangkan tidak memungkinkan meminjam pada orang-orang terdekat seperti keluarga atau teman. Maka pilihannya adalah pinjaman tunai tanpa jaminan langsung cair.

Lakukan Cek Terhadap Penyedia Pinjaman

Sekarang sudah banyak yang mengaku lembaga keuangan dan menjanjikan pinjaman uang online dan bisa dicairkan hanya dalam waktu 1 jam bahkan 15 menit. Bagi orang yang benar-benar dalam situasi terjepit maka ini dianggap solusi. Tapi jika diperhatikan lebih seksama ada hal-hal yang tidak dijelaskan secara gamblang pada calon nasabah.

Salah satunya yang paling vital ada besarnya bunga yang dibabankan pada si peminjam tersebut. Memang bunga adalah sumber penghasilan baik bagi bank maupun lembaga keuangan mana pun. Tapi walau bagaimana pun meski seseorang berada dalam posisi berhutang, dia tetap mendapatkan perlakuan yang layak dan adil di mana pun terlebih di mata hukum.

Dan termasuk dalam bungah hutang yang ia tanggung. Jangan sampai malah terjerat dalam lubang yang semakin dalam. Lubang yang tanpa ia sadari digalinya sendiri. Menjadi orang yang berhutang saja sudah menjadi beban sosial baik bagi dirinya sendiri maupun orang sekitarnya atau yang dihutangi. Dengan status “utang” yang ia sandang maka ia telah menanggung malu. Karena itu tidaklah sepatutnya ditambah dengan bunga yang besar bahkan bunga yang bisa berbunga. Ini sama saja mencekik leher si orang yang berutang tersebut dan membunuhnya secara perlahan.

Tips Memilih Penyedia Pinjaman 

Sekarang kita bayangkan saja, jika sedang butuh dan cepat dan akhirnya mendapatkan pinjaman tunai tanpa jaminan langsung cair namun dengan bunga yang besarnya 30% sebulan, tentu ini akan sangat menyulitkan sekali. Jika kita pinjam uang sebesar 1 juta rupiah, maka di akhir jangka waktu yakni bulan depan uang yang harus kita bayarkan sebanyak Rp. 1.300.000.

Dengan kata lain bunga yang dibebankan sebesar 1% per hari. Ini dia yang secara kasat mata akan membutakan calon peminjam. Angka 1% ini dianggap kecil. Kita lengah dengan penjelasan “perhari” yang dicantumkan di belakangnya. Andai cuma meminjam selama 7 hari mungkin tidak akan berasa, yang mana bunga yang dibayarkan hanya 70 ribu saja. Atau jangka waktu pinjaman 15 hari, berarti kita harus menyetorkan uang sebanyak Rp.1150.000 dimana untuk bunga saja sudah 150 ribu rupiah.

Bijak Dalam Menentukan Pinjaman

Masih tidak berasa kan? Tapi kalau sudah mengambil pinjaman dengan jangka waktu 30 hari? 300 ribu untuk bunga saja ini bukanlah angka yang kecil mengingat pinjaman hanya 1 juta. Hampir setengah dari jumlah pinjaman. Okelah kita bisa bayar kembali utang dan bunga tersebut. Tapi jika dalam satu tahun kita pinjam uang 3 kali dengan nominal yang sama, yakni 1 juta rupiah dengan jangka waktu 30 hari, maka untuk bunganya saja sudah 900 ribu rupiah lho! Saat membayarnya memang tidak akan terasa. Tapi jika dihitung kembali baru ketahuan rasa sakitnya. Tapi sudah kejadian mau dibilang apa?

Untuk itu, marilah kita lebih bijak jika harus mencari pinjaman uang tunai tanpa jaminan langsung cair. Jangan sampai yang tadinya ingin lolos dari mulut harimau malah terjebak dalam mulut buaya.

 

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami