Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Wedlite Tawarkan Solusi Pada Calon Pengantin

by Satrya Agung on 8 Desember, 2016

tips menikah - CekAja.com

Pernikahan adalah sebuah momentum yang sakral bagi masyarakat. Tidak seperti negara-negara maju, di Indonesia memiliki keluarga dan anak-anak yang lucu adalah impian tertinggi.

Tak heran jika dalam sebuah pernikahan maka yang repot bukan hanya calon pengantinnya saja, tapi juga keluarga besar dari kedua belah pihak ikut andil. Segala rancangan pun dibuat, alhasil biaya yang dibutuhkan pun ikut membengkak. Dan di sinilah permasalahan mulai muncul.

Dengan persiapan yang kurang matang, tak jarang perhelatan suci tersebut akhirnya berantakan. Bahkan ada yang sampai gagal menikah dan ada juga yang bercerai setelah menikah. Melihat polemik ini Wedlite hadir memberi solusi bagi calon pengantin yang kekurangan dana.

(Baca juga: 10 Cara Anti Bangkrut dalam Persiapan Pernikahan)

Dalam mempersiapkan pernikahan khalayak ramai biasanya akan menabung jauh-jauh hari. Padahal –biasanya- dari waktu keputusan untuk menikah diambil hingga ke hari pelaksaan paling lama adalah 1 tahun. Jika hanya mengharapkan dari sebagian dari gaji yang ditabung maka dibutuhkan waktu yang cukup lama hingga bisa mewujudkan pernikahan yang diimpikan.

kredit-dengan-agunan-cekaja

Lalu opsi lain adalah dengan menjual aset yang dipunya, baik itu tanah, rumah, mobil, atau motor. Tentu ini sebuah keputusan yang salah. Hanya demi mengadakan acara satu hari tapi mengorbankan aset yang jauh lebih bermanfaat hingga di kemudian hari.

(Baca juga: Cara Bisnis Undangan Pernikahan dengan Modal Minim)

Kita sebagai manusia sering tersilaukan dengan kemewahan dan pujian. Salah satunya dengan perhelatan pernikahan yang mewah maka akan mendulang pujian sana-sini. Padahal jika bisa menahan nafsu sesaat, masih banyak cara mengadakan acara pernikahan yang istimewa bahkan terkesan mewah namun budget yang minim. Dan pun kalau terpaksa harus menyediakan biaya yang lebih maka jumlahnya tentu tidak akan besar karena segala kebutuhan telah diminimalisasi sebelumnya.

Wedlite menangkap hal ini sebagai sebuah peluang. Di mana orang akan mengajukan pinjaman pada bank untuk menutup kekurang biaya pernikahan mereka. Sebagaimana dikutip di websitenya bahwa dengan naiknya biaya pernikahan setiap tahun membuat calon pengantin terpaksa menjual aset yang mereka punya hanya untuk membayar tiap tagihan yang timbul dalam pernikahan tersebut. Sementara fasilitas pinjaman yang seharusnya jadi solusi tidak memberikan solusi yang sesuai dengan keadaan keuangan para calon pengantin. Dikarenakan sulit mendapatkan persetujuan serta bunganya yang tinggi.

Wedlite pun mempunyai visi membantu masyarakat dalam mewujudkan pernikahan impian mereka walau keadaan finansialnya tidak memungkinkan. Sehingga ditawarkanlah pinjaman dengan bunga paling murah. Walaupun tetap menerapkan bunga, tapi setidaknya lebih rendah jika dibandingkan dengan lembaga perbankan. Jangka waktu pembayarannya atau tenor dimulai dari satu tahun hingga tiga tahun. Dan untuk mendapatkan pinjaman ini harus ada yang dijaminkan, biasanya mobil atau motor. Jadi bisa dibilang jenis pinjaman yang ditawarkan adalah kredit dengan agunan.

Lalu apa saja persyaratan yang dibutuhkan?

Berikut persyaratan yang dibutuhkan untuk pinjaman dengan jaminan BPKB kendaraan:

  • KTP
  • Kartu Keluarga
  • PBB / sertifikat rumah atau tempat tinggal (bila ada)
  • Slip gaji / keterangan kerja
  • Mutasi rekening / buku tabungan 3 bulan terakhir
  • BPKB mobil atau motor (akan diperiksa saat pengecekan nanti)

Selain memberikan pinjaman dengan jaminan BPKB, Wedlite juga menerima jaminan Sertifikat Kepemilikan Rumah atau Ruko. Yang membedakan adalah bunga yang nanti dibebankan. Jika meminjam dengan jaminan BPKB kendaraan maka besar bunganya 1% perbulan. Sedangkan jaminan Sertifikat Kepemilikan Rumah atau Ruko bunganya 2% perbulan. Dari keduanya suku bunganya flat atau tetap sehingga tidak ada perubahan di kemudian hari.

Estimasi pencairan dana rata-rata sebesar 70% hingga 80% dari harga pasaran saat itu. Jika yang kamu jaminkan adalah mobil yang mana kisaran harganya 100 juta saat itu, maka dana yang bisa kamu terima 80 juta, dan itu sudah maksimal.

Kemudian jumlah tenor yang diberikan pun berbeda antara jaminan dengan BPKB kendaraan dengan jaminan Sertifikat Kepemilikan Rumah atau Ruko. Lama pinjaman dengan jaminan BPKB kendaraan maksimal 3 tahun sedangkan jaminan Sertifikat Kepemilikan Rumah atau Ruko bisa hingga 5 tahun.

Persyaratan untuk jamianan Sertifikat Kepemilikan Rumah atau Ruko hampir sama dengan jaminan BPKB kendaraan, hanya saja bagian BPKB diganting dengan fotokopi Sertifikat Jaminan (SHM atau SHGB) serta fotokopi IMB dan bukti pembayaran PBB terakhir.

Jika tidak mempunyai barang yang bisa dijaminkan kamu masih bisa meminjam untuk biaya pernikahanmu di Wedlite dengan skema pinjaman tanpa agunan (KTA). Besaran bunganya sendiri sebesar 0.99% dengan tenor yang bisa kamu pilih dari 1 tahun hingga 3 tahun. Jumlah pinjamannya sendiri mulai dari 5 juta hingga 200 juta, tergantung dengan limit kartu kredit yang kamu punya yang mana baru akan disetujui jika limit kartu kreditmu minimal 6 juta.

Kembali kita kutip pernyataan yang terdapat di website Wedlite yang mana mengklaim bahwa bunga pinjaman mereka paling murah dan paling ringan di Indonesia, coba kita bandingkan dengan sesama fintech yang juga memberikan jasa pinjaman, yakni CekAja.com.

Silakan kamu kunjungi website CekAja.com lalu pilih layanan Kredit lalu pilih Pinjaman KTA kemudian masukkan jumlah pinjaman sebesar 20 juta dengan tenor 3 tahun, maka hasil pencarian menunjukkan bahwa bunga terkecil yang diberikan hanya 0,96%! Apalagi jika tenor semakin kecil maka otomatis bunganya pun mengecil (tenor 1 tahun, bunganya hanya 0,88%). Di sini terbukti bahwa bunga di Wedlite tidaklah paling murah, karena bunga di CekAja terbukti paling rendah.

Maka setelah ditelaah, layanan yang disajikan Wedlite bukanlah sebuah hal yang baru, namuan hanya LABEL yang berbeda. Karena pada prinsip dan cara kerjanya pun sama dengan layanan fintech lain. Akhirnya, tinggal kamu yang memutuskan.

Dapatkan dana segar melalui pinjaman online bunga ringan di sini

Tentang Penulis

Satrya Agung

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami