Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Weekend, Kunjungi Tempat Wisata “Hijau” di Kota-kota Penyangga Jakarta!

by Miftahul Khoer on 7 September, 2018

Akhir pekan adalah waktu yang ditunggu-tunggu setiap orang. Terutama bagi kalangan pekerja kantoran. Bagi Anda yang setiap harinya bekerja di Jakarta, tentu ingin menghabiskan waktu libur di luar Jakarta, bukan?

Anda tak perlu bingung karena banyak sekali tempat wisata di kawasan penyangga Jakarta seperti Bogor, Depok dan Bekasi. Dan, kali ini CekAja akan membahas tempat wisata bernuansa alam murah yang berada di kota-kota penyangga Jakarta tersebut.

Jika ditelusuri, banyak sekali tempat wisata alam yang berada di ketiga daerah tersebut. Namun, lokasinya sebagian besar berada di kawasan kabupaten. Nah, bagaimana dengan tempat wisata yang masih berada di kawasan kota? Tenang, Anda masih bisa menemukan tempat bernuansa alam di tengah Kota Bogor, Depok, hingga Bekasi lho. Yuk, simak!

(Baca juga: Cek Potensi Devisa Indonesia dari Pariwisata!)

Bogor

Kebun Raya Bogor

Wisata alam yang berada di Kota Bogor satu ini sudah tidak asing lagi. Lokasinya yang tepat berada area Istana Presiden dan Balai Kota Bogor ini menyuguhkan nuansa alam yang indah.

Kebun Raya merupakan jantungnya Kota Bogor. Kawasan hijau terluas dengan pepohonan yang berusia puluhan hingga ratusan tahun itu memberikan kesan yang sangat asri kepada para pengunjung.

Masih ingat bukan ketika Mantan Presiden Amerika Serikat Obama pada Juni 2017 lalu berkunjung ke Indonesia dengan menyempatkan diri datang ke Kebun Raya? Bukan hanya Obama saja yang pernah berkunjung ke Kebun Raya. Pada 2016, Putri Astrid dari Belgia pun sempat berkunjung.

Lokasi Kebun Raya Bogor:

Jl. Ir. H. Juanda No. 13 Bogor Jawa Barat, Indonesia

Telp:

(0251) 8311362 – 8336871

Jam Buka:

07.30 – 16.00 WIB

Tiket Masuk:

Rp16.000 per orang (lokal)

Rp26.000 per orang (asing)

(Baca juga: Pemerintah Tebas Bunga Kredit Usaha Pariwisata, Yuk Manfaatkan!)

Kampung Air Katulampa

Nama Bendungan Katulampa sudah melekat dengan Kota Bogor. Konon, jika Jakarta dilanda banjir, itu disebabkan karena banjir kiriman dari Bogor. Dan Bendungan Katulampa disebut sebagai gerbang awal arus masuk air ke wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Namun, di area Bendungan Katulampa tersebut, rupanya banyak ide-ide kreatif warga sekitar untuk menjadikan kawasan tersebut tempat wisata. Salah satunya Kampung Air Katulampa.

Di sini Anda bisa menikmati liburan dengan beragam fasilitas yang disediakan mulai dari outbond, arung jeram, paint ball, pemancingan, dan fasilitas lainnya.

Lokasi Kampung Air Katulampa:

Jl. Bendung Katulampa No.45, Bogor, Jawa Barat.

Tlp: 0251 8245250 & 0251 8244627

Jam Buka:

07.00 – 17.00 WIB

Tiket Masuk:

Rp10.000 – Rp20.000 per orang

(Baca juga: Liburan Sekolah, Cek 5 Tempat Wisata Irit dan Edukatif Ini)

Depok

Kampung 99 Pepohonan

Di tengah gersangnya Kota Depok, terdapat salah satu tempat yang bakal membuat Anda seperti berada di dalam hutan. Ya, nama lokasi wisata ini adalah Kampung 99 Pepohonan.

Kampung ini cocok bagi Anda yang ingin berekreasi bersama keluarga. Di sini Anda bisa mengajak beragam kegiatan anak dan keluarga memerah susu kambing, berkuda, membajak sawah hingga menginap di rumah pohon.

Bukan itu saja, di Kampung 99 Pepohonan juga Anda bisa menikmati suasana pedesaan yang asri dan sejuk seperti berada di perkampungan sebenarnya.

Lokasi Kampung 99 Pepohonan:

Jl. KH. Muhasan II, Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Kota Depok, Jawa Barat.

Jam Buka:

07.30 – 22.00 WIB

Tiket Masuk:

Rp25.000 per kegiatan

Rp125.000 per 5 kegiatan

(Baca juga: 6 Alasan Harus Miliki Tabungan Haji untuk Umat Muslim)

Godong Ijo

Tempat wisata ini juga cocok untuk dinikmati bersama keluarga. Ada banyak beragam aktivitas wisata yang bisa dinikmati mulai dari melihat satwa, flora, pemancingan, outbond, dan lain sebagainya.

Ketika liburan di Godong Ijo, Anda bersama keluarga diajak belajar mengenal nama-nama tumbuhan dan binatang yang terdapat di area objek wisata.

Lokasi Godong Ijo:

Jalan Cinangka Raya KM 10 No. 60, Desa Serua, Bojongsari, Kota Depok

Jam Buka:

09.00 – 17.00 WIB

Tiket Masuk:

Rp50.000

(Baca juga: Ini 5 Negara dengan Kredit Macet Tertinggi!)

D’Kandang Amazing Farm

Sesuai namanya, tempat wisata D’Kandang Amazing Farm menawarkan beragam aktivitas wisata alam bertemakan peternakan, sehingga sangat cocok sebagai lokasi untuk berlibur keluarga.

Anda bisa menemukan kandang kelinci, sapi, ayam, kambing, dan lainnya. Di sini, objek paling banyak digemari anak-anak adalah kandang kelinci. Sebab, para pengunjung dipersilakan memberi makan kelinci sepuasnya. Selain itu, ada juga aktivitas wisata lain yakni outbond, berkuda dan memanah.

Lokasi D’Kandang Amazing Farm:

Jl. Penarikan RT 07 / 02, Pasir Putih, Sawangan, Kota Depok

Jam Buka:

07.00 – 17.00 WIB

Tiket Masuk:

Rp10.000 – Rp70.000

(Baca juga: Yakin Mau Kerja Freelance? Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangannya!)

Bekasi

Taman Buaya

Jika ingin berlibur ke penangkaran buaya, tak perlu jauh-jauh. Di Bekasi, Anda juga bisa menemukan objek wisata alam yang memiliki koleksi beragam jenis buaya. Anda bukan cuma bisa mengajak keluarga melihat buaya, tetapi akan menambah pengetahuan tentang macam-macam buaya.

Anda khawatir akan berbahaya? Tenang saja, liburan di Taman Buaya sudah dijamin keamanannya. Namun ingat, tetap hati-hati dan waspada. Jaga diri Anda dan keluarga baik-baik jika berlibur ke tempat ini.

Lokasi Taman Buaya:

Jalan Raya Serang – Cibarusah KM 3, Sukaragam, Bekasi

Jam Buka:

09.45 – 16.00 WIB

Tiket Masuk:

Rp20.000 per orang

(Baca juga: Tarif Impor 1.147 Barang Naik Demi Tahan Pelemahan Rupiah)

Rumah Pohon Bekasi

Tak jauh berbeda dengan Kampung 99 Pepohonan di Depok, Rumah Pohon Bekasi juga menampilkan nuansa indah dan asri bagi para wisatawan. Anda bisa menikmati beragam aktivitas wisata mulai dari outbond, climbing, flying fox, dan lain-lain.

Salah satu keunggulan objek wisata ini adalah hutan asri yang masih cukup terjaga, sehingga para wisatawan yang berkunjung ke sini bisa menikmati udara segar. Apalagi Bekasi selama ini dikenal sebagai salah satu daerah yang gersang.

Lokasi Rumah Pohon Bekasi:

Jalan Raya Parpostel, Jatiasih, Bekasi

Jam Buka:

09.00 – 17.00 WIB

Tiket Masuk

Rp70.000 per orang

Nah, itulah beberapa tempat wisata di kota-kota penyangga Jakarta bernuansa alam yang bisa dijadikan rujukan bagi Anda yang ingin menikmati akhir pekan. Apakah Anda sudah memutuskan untuk liburan ke mana? Selamat liburan ya.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami