Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Wirausaha atau PNS, Enak Mana? Cek Dulu Kelebihannya!

by Miftahul Khoer on 12 November, 2019

Ada banyak pilihan karier yang bagi generasi muda. Di antara sekian banyak pilihan tersebut, setidaknya ada dua pilihan pekerjaan yang saat ini diminati, yaitu menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau menjadi wirausaha. Tentunya kedua pilihan karier tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. 

wirausaha atau PNS

Dengan semakin berkembangnya teknologi, saat ini untuk berwirausaha juga bisa lebih mudah. Hal tersebut bisa dilihat dari semakin banyaknya anak muda yang memilih untuk membuka usaha sendiri. Meski begitu, ternyata masih banyak juga generasi muda yang bercita-cita untuk menjadi PNS.

Banyak orang yang ingin menjadi PNS karena pekerjaan tersebut dinilai lebih terjamin baik secara penghasilan maupun kepastian masa depan. Sementara menjadi seorang wirausahawan dinilai lebih tidak pasti. Namun benarkah demikian?

Berikut ini kelebihan dan kekurangan wirausaha dibanding PNS buat kamu yang mungkin masih bingung mau pilih yang mana.

Kelebihan Wirausaha
1. Bisa menggali potensi diri

Bisa menggali potensi diri - Wirausaha atau PNS Enak Mana Cek Dulu Kelebihannya

Berbeda dengan menjadi pegawai di perusahaan orang atau menjadi PNS, berwirausaha memungkinkamu untuk menggali potensi diri semaksimal mungkin. Ketika bekerja sebagai pegawai, kamu akan menemui lingkungan kerja yang selalu sama setiap hari. Ketika membuka usaha sendiri, kamu bisa mengembangkan ide dan menciptakan inovasi-inovasi baru sesuai dengan passion kamu.

(Baca juga: Pendaftaran Sudah di Depan Mata, Ini 5 Keuntungan Jadi PNS)
2. Pendapatan yang berlimpah

Pendapatan yang berlimpah - Wirausaha atau PNS Enak Mana Cek Dulu Kelebihannya

Kalau kita membuka usaha sendiri, secara otomatis kita berhadapan dengan risiko seperti rugi, dan lain sebagainya. Namun di satu sisi, menjadi seorang wirausahawan memungkinkan kita memperoleh penghasilan tak terbatas. Keuntungan menjadi wirausahawan bisa berkali-kali lipat. Kalau kita pandai mengelola, kita bisa mengembangkan usaha kita menjadi lebih besar dan memperoleh penghasilan yang lebih banyak lagi. Hal ini tentu berbeda dengan pegawai yang besaran gajinya sudah ditentukan.

3. Memiliki wewenang dalam bekerja

Memiliki wewenang dalam bekerja - Wirausaha atau PNS Enak Mana Cek Dulu Kelebihannya

Karena kita membuka usaha sendiri, kita memiliki wewenang penuh atas usaha dan pekerjaan. Kita bisa membuat standard operating procedure alias SOP sendiri dan mengatur jalannya perusahaan. Berbeda dengan PNS yang segala sesuatunya sudah diatur dan ditentukan, bahkan sampai urusan pakaian. PNS harus tunduk pada aturan yang berlaku dan menuruti perintah atasan.

4. Waktu yang fleksibel

Waktu yang fleksibel - Wirausaha atau PNS Enak Mana Cek Dulu Kelebihannya

Sebagai pemilik usaha, kamu memiliki waktu yang fleksibel. Kamu bisa menentukan sendiri jam kerjamu. Tidak seperti PNS yang jam kerjanya sudah ditentukan dengan pasti.

Dengan demikian, seorang wirausahawan bisa memaksimalkan waktu yang mereka miliki untuk mengembangkan usaha.

5. Bisa liburan kapan saja

Bisa libur kapan saja - Wirausaha atau PNS Enak Mana Cek Dulu Kelebihannya

Karena fleksibelnya masalah waktu dan kerja, salah satu keunggulan lain dari seorang wirausahawan adalah kamu bisa libur kapan saja. Tentunya setelah kamu menyelesaikan semua kewajibanmu ya. Namun setidaknya, pilihan waktu libur bisa fleksibel dan kamu atur sendiri. Hal ini berbeda dengan PNS yang waktu liburnya sudah diatur.

6. Jadi bos perusahaan

jadi bos perusahaaan - Wirausaha atau PNS Enak Mana Cek Dulu Kelebihannya

Sebagai seorang wirausahawan, kamu adalah bos bagi perusahaanmu sendiri. Kamu adalah pemegang kekuasaan tertinggi. Kamu sebagai pengambil keputusan dan bisa melakukan apa saja untuk mengembangkan bisnismu.

Hal ini berbeda dengan PNS yang untuk naik jabatan saja harus memenuhi jenjang waktu dan syarat-syarat tertentu.

Kelebihan PNS

Kalau di atas sudah dijabarkan kelebihan wirausaha dibanding, PNS, sekarang bagaimana dengan kelebihan PNS dibanding wirausaha?

1. Penghasilan tetap

Penghasilan tetap - Wirausaha atau PNS Enak Mana Cek Dulu Kelebihannya

Sebagai pegawai, kamu memiliki kepastian akan pendapatan dengan adanya gaji pokok dan tunjangan-tunjangan. Kalau ada perjalanan dinas juga akan dibiayai. Berbeda dengan wirausaha yang bisa dibilang penghasilannya tidak pasti serta harus membiayai semua biaya perjalanan bisnis seorang diri.

2. Mendapatkan uang pensiun

Salah satu hal yang menarik minat orang menjadi PNS adalah adanya uang pensiun. Adanya uang pensiun ini menjadikan masa depan di hari tua menjadi terjamin. Sementara, kalau jadi wirausahawan, kamu harus mengusahakan sendiri tabungan hari tua kamu. Kalau kamu tidak menyisihkan uang untuk tabungan hari tua, niscaya tidak ada jaminan untuk hari tuamu.

(Baca juga: Pendaftaran CPNS Resmi Dibuka, Begini Syarat dan Prosedurnya)

Nah, itu tadi kelebihan dan kekurangan sebagai wirausaha dan PNS. Tentu saja kamu bisa pilih sendiri sesuai dengan kebutuhanmu. Kalau kamu adalah orang yang tidak keberatan mengikuti aturan dan menginginkan kepastian penghasilan dan hari tua, kamu bisa pilih menjadi PNS. Sementara, kalau kamu adalah orang yang suka berinovasi dan ingin memiliki kebebasan dalam kerja dan mengatur waktu, maka kamu bisa memilih untuk menjadi pengusaha. Jadi, mau pilih mana? Wirausaha atau PNS?

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.