Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Wisata Berau nan Memukau, dari Derawan Sampai Laguna Perawan

by Teti Purwanti on 25 Juli, 2019

Nama Berau barangkali masih asing bagi sebagian orang. Salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur ini memang tidak setenar salah satu kepulauan yang dinaunginya, yaitu Kepulauan Derawan. Padahal, wisata Berau secara keseluruhan sangatlah memukau. 

wisata Berau

Pulau Kalimantan sendiri pernah dikenal sebagai paru-paru dunia karena di sana lebih banyak pohon, bahkan dibandingkan manusia. Apalagi kawasan Kalimantan Timur juga lebih dikenal dengan citra hutan rimba tropis dengan hewan-hewan primatanya.

Nah, Berau biasanya hanya menjadi tempat persinggahan bagi wisatawan yang akan mengunjungi Pulau Derawan. Meski menjadi andalan, Kepulauan Derawan bukanlah satu-satunya tujuan wisata yang dapat dikunjungi di Kabupaten Berau, lho.

Berikut beberapa tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke negeri Kesultanan Berau.

  • Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin - Wisata Berau nan Memukau, dari Derawan Sampai Laguna Perawan.jpg

Terletak di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Danau Labuan Cermin menyajikan keindahan yang menakjubkan. Sesuai namanya, danau ini memiliki air yang sangat jernih. Saking jernihnya, wisatawan dapat melihat dasar danau yang berupa pasir laut. Selain itu, Danau Labuan Cermin dikenal juga dengan sebutan “Danau Dua Rasa”. Sebab, bila dicecap, air permukaan danau akan terasa tawar, sedangkan air pada bagian dasar akan terasa asin.

Danau Labuan Cermin terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur yang bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 6 sampai 7 jam dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb, Kalimantan Timur. Meski perjalanan cukup jauh, rasa lelah akan segera terobati begitu melihat keindahan alam yang ada di Labuan Cermin. Untuk mencapai Danau Labuan Cermin, pengunjung harus menyewa kapal dari dermaga.

(Baca juga: Intip 5 Wisata Kota Bukittinggi yang Pernah Jadi Ibu Kota Negara)
  • Sumber Air Panas Asin Pemapak

Sumber Air Panas Asin Pemapak - Wisata Berau nan Memukau, dari Derawan Sampai Laguna Perawan.jpg

Kampung Biatan Bapinang bisa jadi merupakan tempat favorit untuk disinggahi bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Danau Labuan Cermin. Sebab, perjalanan dari Ibukota Kabupaten Berau menuju “Danau Dua Rasa” tersebut akan melewati daerah ini. Di sini terdapat Sumber Air Panas Asin Pemapak. Tempat tersebut sangat cocok dijadikan tempat untuk melepas penat sembari berendam dalam air panas alami.

  • Pulau Derawan

Pulau Derawan - Wisata Berau nan Memukau, dari Derawan Sampai Laguna Perawan.jpg

Berada dalam kawasan Kepulauan Derawan, pulau ini merupakan tempat wisata terpopuler yang banyak dikunjungi di Berau. Pantai pasir putihnya yang indah seolah mengajak pengunjung untuk melupakan sejenak hiruk-pikuk kehidupan. Yang tak kalah penting dari Pulau Derawan adalah keindahan pemandangan bawah lautnya. Bagian ini jangan sampai dilewatkan jika ke Derawan. Sebab, jika beruntung, Anda akan “ditemani” penyu berukuran besar saat menyelam.

  • Pulau Maratua

Pulau Maratua - Wisata Berau nan Memukau, dari Derawan Sampai Laguna Perawan.jpg

Berjarak tempuh sekitar 1 (satu) jam dari Pulau Derawan, Pulau Maratua merupakan tujuan tempat wisata yang tak kalah menarik dibanding Pulau Derawan. Keindahan pantai dan keunikan resort-resort-nya membuat Maratua digelari Maladewa-nya Indonesia. Air laut yang bening serta suasana yang relatif tenang menjadikan Maladewa sebagai tempat yang cocok untuk menyegarkan pikiran. Barangkali hal tersebut yang menjadi alasan Pangeran William beserta istrinya memilih Maratua guna menikmati waktu liburan.

  • Pulau Kakaban

Pulau Kakaban - Wisata Berau nan Memukau, dari Derawan Sampai Laguna Perawan.jpg

Jika berkunjung ke Berau, rasanya tak lengkap jika tidak menyempatkan diri untuk mampir ke Pulau Kakaban. Di dalam pulau yang masih berada di kawasan Kepulauan Derawan ini, terdapat danau yang menjadi habitat endemik ubur-ubur. Menariknya, ubur-ubur di pulau ini tidak menyengat sebagaimana ubur-ubur lainnya. Hal itu semakin menarik tatkala wisatawan dapat berenang bersama ubur-ubur tersebut. Ubur-ubur ini jumahnya juga ribuan.

(Baca juga: 5 Destinasi Wisata di Banda Neira yang Indah dan Penuh Sejarah)
  • Kehe Daing

Kehe Daing - Wisata Berau nan Memukau, dari Derawan Sampai Laguna Perawan.jpg

Kehe Daing terletak di Pulau Kakaban. Biasanya wisatawan akan ke Kehe Daing, setelah puas berenang dengan ubur-ubur. Kehe Daing merupakan laguna tersembunyi yang bisa dibilang masih perawan.

Laguna ini terpengaruh oleh pasang surut air laut. Ikan-ikan kecil yang terbawa oleh arus pasang terkadang tidak bisa kembali ke laut ketika air surut. Dan mereka berenang lincah sekali di perairan dangkal yang jernih itu. Bagi penggila pantai yang bersih dan sunyi, rasanya Kehe Daing layak di coba. 

Apakah kamu tertarik liburan di Kalimantan Timur? Kalau ya, siapkan dana yang cukup sebab dana paling banyak akan habis untuk transportasi, karena daerah di Kalimantan bisa dibilang memiliki jarak yang jauh-jauh. 

Selain itu, jangan lupakan asuransi perjalanan demi pengalaman pelesir yang aman dan nyaman. Cek pilihannya  di CekAja.com!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Teti Purwanti

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.