Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Wisata Berobat ke Penang, Apa Sih yang Membuatnya Istimewa?

by Sindhi Aderianti on 9 September, 2019

Anggapan bahwa pelayanan medis di luar negeri lebih berkualitas dan lengkap, jadi alasan banyak orang Indonesia memilih berobat ke beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Hal ini terjadi karena pelayanan kesehatan di Indonesia, perlu diakui masih jauh dari kata sempurna.

berobat di Penang

Jika mengacu pada data yang dirilis Indonesia Services Dialog (ISD), setiap tahun setidaknya orang Indonesia membelanjakan uang Rp100 triliun untuk mendapatkan layanan kesehatan di luar negeri. Mereka yang datang rata-rata ingin melakukan beberapa tindakan mulai dari medical check up, konsultasi sebagai second opinion, atau operasi.

Alasan Penang Jadi Favorit Untuk Berobat

Penang, Malaysia menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit untuk berobat. Entah bagaimana sejarahnya, sampai pulau kecil yang beribukotakan George Town ini begitu diincar pasien-pasien dari Indonesia. Apapun penyakitnya, seolah Penang dirujuk sebagai solusi terbaik.

Bukan sombong karena berobat harus ke luar negeri. Setiap pasien berhak mencari second opinion atas vonis dokter, jika hal ini sudah didapatkannya di Indonesia. Karena pada beberapa kasus, ada saja pasien yang mengalami salah vonis. Mungkin juga vonisnya sudah benar, tetapi dokter di sini belum mampu memberikan penanganan yang tepat.

Kalau secara jarak, Penang lebih mudah dijangkau karena banyak penerbangan direct ke sana. Waktu tempuhnya pun hanya sekitar 2 jam dari Jakarta. Daripada ke Singapura dengan nilai tukar mata uangnya yang tinggi, Penang bisa menjadi alternatif terbaik karena biaya untuk berobat di sana relatif lebih murah.

Tidak hanya itu, alasan lain yang membuat orang tertarik berobat di Penang yakni para dokter dan perawat di rumah sakitnya hampir semua bisa menggunakan Bahasa Indonesia. Dengan begitu, tidak ada gap dalam berkomunikasi untuk menyampikan keluhan dari penyakit yang tengah dialami.

(Baca juga: Mengenal Autoimun, Penyakit yang Diderita Raditya Dika!)
Penang dan Rumah Sakit ‘Bintang Limanya’ 

Secara internal, fasilitas rumah sakit di sana sangat pro dalam menangani berbagai masalah kesehatan mulai dari jantung sampai kanker. Banyak pilihan rumah sakit kenamaan yang bisa didatangi, diantaranya adalah Loh Guan Lye, Adventis, Island Hospital, Gleneagles, dan masih banyak lagi. Lalu mana yang terbaik?

Pada dasarnya, pasien harus terlebih dahulu mengetahui jenis penyakitnya. Dengan begitu, memilih rumah sakit jadi lebih mudah. Misal, kamu memiliki penyakit jantung, maka rumah sakit yang pas menjadi pilihan ketika berobat di Penang adalah Rumah Sakit Adventis. Adapun kelebihan yang bisa didapat setiap pasien, dari rumah sakit-rumah sakit tersebut, antara lain:

  • Diagnosa cepat dan akurat

Hal yang paling dinanti pasien ketika memeriksakan dirinya ke dokter, tak lain adalah diagnosa. Diagnosa sangat penting untuk menentukan apa saja tindakan medis yang harus dilakukan. Nah, semua rumah sakit di Penang kebetulan difasilitasi oleh tim dokter yang kredibel. Peralatan medisnya pun selalu diperbarui. Tujuannya, untuk mempercepat proses diagnosis dan kelak bisa memberi hasil  seakurat mungkin.

  • Pelayanan ramah

Pelayanan yang  diberikan oleh rumah sakit di Penang, perlu diakui jauh lebih memuaskan. Semua pihak rumah sakit baik itu dokter, staf, perawat, maupun petugas lainnya, melayani dengan sangat ramah. Contohnya jika pasien tidak ada di tempat saat gilirannya masuk, perawat yang bertugas tidak akan melewati nama mereka. Ia akan mencari pasien terebut, menghampiri, dan memberi tahu bahwa sekarang gilirannya untuk diperiksa. Maka tak heran, setiap kunjungan meninggalkan kesan yang baik terhadap pasien.

  • Biaya terjangkau

Sering kali, masyarakat Indonesia menganggap bahwa berobat ke luar negeri jauh lebih mahal ketimbang di Tanah Air. Namun faktanya, biaya berobat di rumah sakit Penang relatif terjangkau. Semisal untuk medical check up dengan paket lengkap kisaran biaya mulai dari Rp2-3 juta. Selain berobat, pasien juga bisa sekalian jalan-jalan karena Penang memiliki banyak tempat wisata yang menarik.

  • Layanan penjemputan dari bandara

Uniknya lagi, beberapa rumah sakit menyediakan layanan penjemputan dari bandara. Jadi pasien tidak perlu repot naik transportasi umum, menentukan rute, dan mencari alamatnya lagi. Island Hospital Penang misalnya, rumah sakit ini memberi layanan pejemputan secara gratis dari Bandara Udara Penang menuju RS. Permintaan fasilitas ini dapat diproses jika sudah membuat appointment dokter, serta diajukan paling lambat 3 hari sebelum kedatangan.

Tertarik berobat ke Penang? Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Pertama, tentunya tiket pesawat. Berhubung slot untuk konsultasi dengan dokter atau sekedar medical check up cepat penuh, jangan lupa untuk booking dulu sebelum keberangkatan. Booking dapat langsung dilakukan lewat website resmi masing-masing rumah sakit.

Dalam mengatur itinerary wisata berobat ke penang, prioritaskan hari-hari awal kedatangan untuk check up atau konsultasi dengan dokter. Baru setelahnya, isi dengan schedule liburan supaya kamu bisa bersenang-senang tanpa beban.

(Baca juga: Agung Hercules Kena Kanker Otak, Simak Penyebabnya!)

Wisata berobat ke Penang tentu akan lebih menenangkan, jika kamu pergi dengan ‘memegang’ asuransi perjalanan. Sudah punya, belum? Ayo lindungi dirimu selama pergi berobat hingga kembali ke Tanah Air, temukan asuransi perjalanan yang terbaik hanya di CekAja.com.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.