12 Wisata Edukasi Bandung yang Wajib Dikunjungi Bersama Keluarga

9 min membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Untuk menghilangkan jenuh selama di rumah aja, kamu bisa loh berkunjung ke beberapa tempat wisata edukasi Bandung. Di sana, kamu tidak hanya mendapat suasana baru, tetapi juga mendapat ilmu dan pengetahuan baru yang sebelumnya belum diketahui.

Melakukan wisata edukasi Bandung merupakan salah satu cara yang tepat, untuk refreshing dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Apalagi, momen liburan tahun baru sudah dekat. Tidak ada salahnya berkunjung ke wisata edukasi Bandung, sebagai bentuk perayaan tahun baru.

Meski begitu, namun jangan lupa untuk selalu mengikuti protokol kesehatan 3M, yaitu selalu mencuci tangan, menjaga jarak, dan menggunakan masker.

Daftar Wisata Edukasi Bandung

Berbicara tentang tempat wisata, sebenarnya Bandung memiliki banyak sekali jenis tempat wisata. Mulai dari wisata budaya, wisata pertanian, wisata cagar alam, hingga wisata edukasi.

Nah, untuk wisata edukasi sendiri, Bandung memiliki berbagai macam tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Jika kamu berencana untuk pergi ke Bandung dan ingin berkunjung ke tempat wisata edukasi, di bawah ini CekAja.com akan memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata edukasi Bandung, khusus untuk kamu.

Daripada penasaran, yuk langsung simak bersama-sama!

1. Observatorium Bosscha

Alamat: Jl. Peneropongan Bintang No.45, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Jam operasional: Senin – Jumat, 09.00 – 15.00 WIB (sementara tutup)

Wisata edukasi Bandung yang pertama, yaitu Observatorium Bosscha. Hayo, siapa di antara kamu yang sudah pernah berkunjung ke tempat wisata yang satu ini? Kalau belum, yuk berkenalan terlebih dahulu!

Observatorium Bosscha, sejatinya merupakan salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia.

Namun, tempat yang dibangun oleh Perhimpunan Bintang Hindia Belanda (NederlandschIndische Sterrenkundige Vereeniging (NISV)) ini, sekarang sudah dibuka untuk umum dan menjadi tempat wisata edukasi Bandung yang patut dikunjungi.

Bagaimana tidak, pasalnya di sana kamu bisa melihat 12 teleskop, yang enam di antaranya aktif digunakan untuk penelitian.

Selain itu, ketika langit sedang cerah kamu juga bisa ikut mencoba teropong di Bosscha dan mendapat pengalaman menarik di sana.

(Baca Juga: Tempat Wisata Anak di Jabodetabek)

2. Museum Geologi

Alamat: Jl. Diponegoro No.57, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40122

Jam operasional: Senin – Kamis, 08.00 – 16.00 WIB dan Sabtu – Minggu, 08.00 – 14.00 WIB

Berikutnya ada Museum Geologi, yang juga menjadi tempat wisata edukasi Bandung yang wajib dikunjungi.

Hal tersebut karena, di sana kamu bisa melihat berbagai macam peninggalan makhluk hidup masa lampau, serta berbagai ilmu alam maupun sumber daya yang ada di dunia.

Kemudian, hal menarik lainnya yang bisa kamu lihat di Museum Geologi, yaitu fosil dinosaurus yang sangat besar, yang terpampang di pintu masuk museum.

Jika tertarik berkunjung ke museum ini, kamu bisa langsung mengunjunginya dan membayar tiket masuk sebesar Rp3 ribu untuk pengunjung dewasa, Rp2 ribu untuk mahasiswa dan anak-anak, serta Rp10 ribu untuk turis internasional.

3. Museum Gedung Sate

Alamat: Jl. Diponegoro No.22, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115

Jam operasional: Selasa – Minggu, 09.30 – 16.00 WIB

Meski baru berdiri, namun Museum Gedung Sate memiliki segudang hal menarik yang patut dilihat, yang membuatnya menjadi salah satu wisata edukasi Bandung yang tak boleh dilewatkan.

Ya, museum yang diresmikan pada 8 Desember 2017 ini, merupakan museum yang mengusung konsep ‘Smart Museum’.

Di mana, semua hal mengenai bangunan bersejarah tersebut, termasuk peninggalan masa lalu yang tersimpan di dalam museum ini, akan dijelaskan secara interaktif menggunakan teknologi digital.

Sehingga, sangat wajar apabila Museum Gedung Sate dinobatkan sebagai museum interaktif pertama di Indonesia.

4. Bandung Science Center

Alamat: Jl. Sirnagalih No.15, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40161

Jam operasional: Selasa – Minggu, 09.00 – 17.00 WIB

Di urutan keempat ada Bandung Science Center, sebagai bagian dari rekomendasi wisata edukasi Bandung versi CekAja.com.

Berlokasi di Jalan Sirnagalih No.15, Gegerkalong, tempat wisata ini menyajikan banyak sekali pengetahuan science untuk anak-anak yang sangat bermanfaat, melalui berbagai macam wahana yang disajikan.

Adapun wahana yang disediakan BSC, yaitu Ruang Bumi (Earth Room), Ruang Audio Visual (Audio Visual Room), Ruang Perakitan (Assembly Hall), Ruang Fisiologi (Physiology Room), Ruang Astronomi (Astronomy Room), Ruang Ilusi Optik (Optical Illusion Room), dan lain sebagainya.

5. Taman Lalu Lintas Bandung

Alamat: Jl. Belitung No.1, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40113

Jam operasional: Senin – Kamis, 08.00 – 15.00 WIB, Jumat (tutup), Sabtu – Minggu dan Libur Nasional, 08.00 – 16.00 WIB (tutup sementara)

Selain empat tempat wisata di atas, kamu juga bisa berkunjung ke Taman Lalu Lintas Bandung, atau yang juga dikenal dengan nama Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution, Bandung.

Sesuai dengan namanya, wisata edukasi Bandung yang satu ini, menyediakan tempat untuk masyarakat Bandung dan lainnya, yang ingin berekreasi sekaligus memberikan pengetahuan kepada anak-anak tentang rambu-rambu lalu lintas.

Pasalnya, di taman ini anak-anak bisa bermain sepeda, kereta api dan permainan lainnya yang tersedia.

Dan tidak hanya itu saja, didirikannya Taman Lalu Lintas ini pada dasarnya ditujukan untuk membangun karakter generasi muda, yang nantinya menjadi pribadi baik, khususnya dalam berlalu lintas di jalan raya.

6. Kebun Strawberry Emte Highland Resort Ciwidey

Alamat: Jl. Ciwidey, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973

Jam operasional: Senin – Jumat, 01.00 – 07.00 WIB dan 10.00 – 23.00 WIB, Sabtu – Minggu, 00.00 – 04.00 WIB dan 09.00 – 20.00

Buat kamu yang ingin berkunjung ke tempat wisata alam, namun tetap ingin mendapat ilmu dan pengetahuan baru, maka Kebun Strawberry Emte Highland Resort Ciwidey adalah jawaban yang tepat.

Di sana, kamu dan anak-anak bisa memetik buah strawberry langsung dari pohonnya, sekaligus belajar banyak hal tentang strawberry, mulai dari cara menanamnya, cara memberi air, pupuk, hingga memilah mana buah strawberry yang bagus dan layak dikonsumsi, serta mana yang tidak.

Melalui hal-hal tersebut, anak jadi bisa belajar tentang tanggung jawab dengan apa yang dimiliki saat ini, dan mensyukurinya.

7. Jendela Alam

Alamat: Komplek Graha Puspa, Cihideung, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559

Jam operasional: Senin – Jumat, 09.00 – 17.00 WIB dan Sabtu – Minggu, 08.30 – 17.30 WIB

Sebagai salah satu tempat wisata edukasi Bandung, Jendela Alam hadir dengan konsep yang menarik untuk anak-anak dan orang dewasa, karena menghadirkan berbagai macam kegiatan menyenangkan.

Apalagi, semua kegiatan yang disajikan tempat wisata ini sangat mengandalkan alam yang sangat damai.

Seperti misalnya kegiatan berkebun dan memanen buah, kemudian merawat hewan dan lain sebagainya yang dapat meningkatkan rasa peduli, tanggung jawab dan kasih sayang kepada alam, termasuk makhluk hidupnya.

8. Saung Angklung Udjo

Alamat: Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40192

Jam operasional: Senin – Minggu, 08.00 – 17.00 WIB

Rasanya tidak lengkap, apabila kamu pergi ke Bandung tetapi tidak berkunjung ke Saung Angklung Udjo.

Mengingat, di tempat wisata edukasi yang satu ini kamu bisa bermain angklung sambil belajar.

Sekilas mengulik tentang Saung Angklung Udjo, tempat ini awalnya didirikan pada 1966 oleh Udjo Ngalagena bersama istrinya, yaitu Uum Sumiati.

Pendiri tempat wisata edukasi Bandung ini, sejatinya mendirikan Saung Angklung Udjo dengan tujuan untuk mengembangkan budaya Indonesia agar ke depannya semakin maju.

Nah dengan mengajak anak-anak dan keluarga ke tempat ini, mereka bisa lebih tahu dan kenal tentang angklung. Sebab, di sana akan diajarkan bagaimana cara memainkan angklung dengan benar.

9. Taman Bunga Begonia Lembang

Alamat: Jl. Maribaya No.120 A, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Jam operasional: Senin – Sabtu, 08.00 – 17.00 WIB dan Minggu, 08.00 – 18.00 WIB

Berlokasi di Lembang, Bandung, tempat wisata edukasi satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin pergi berwisata untuk merelaksasikan diri, pikiran dan juga menyegarkan mata.

Taman yang resmi dibuka untuk umum pada Januari 2014 ini, berdiri di atas lahan sekitar 2 Hektar.

Yang mana, dengan luas lahan tersebut, kamu akan menemukan banyak tanaman hias yang beraneka ragam, baik indoor maupun outdoor.

Di Taman Bunga Begonia Lembang, kamu juga bisa belajar banyak sekali jenis tanaman, beserta manfaatnya untuk manusia.

10. De Ranch

Alamat: Jl. Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Jam operasional: Selasa – Minggu, 09.00 – 17.00 WIB

Sepertinya akan sangat seru, jika kamu menghabiskan waktu libur akhir tahun dengan berkunjung ke tempat wisata berkuda.

Ya, De Ranch merupakan salah satu tempat wisata edukasi Bandung, yang memberikan fasilitas kepada para pengunjungnya untuk bisa menikmati suasana alam yang damai dan menyegarkan, sekaligus merasakan keseruan menjadi seorang Cowboy ala Amerika.

Kamu bisa menunggang kuda, sembari berkeliling menyusuri area De Ranch dan menikmati suasana yang menenangkan.

Agar kesan Cowboy Amerika lebih terasa, kamu juga bisa menunggang kuda sambil menggunakan kostum ala Cowboy, seperti misalnya sepatu, baju dan lain sebagainya yang berbau Cowboy.

11. Phantasia Barbie Gallery

Alamat: Jalan Sersan Bajuri No. 100

Jam operasional: 09.00 – 22.00 WIB

Siapa di antara kamu yang pecinta karakter Barbie? Di Bandung, ada salah satu tempat wisata edukasi yang wajib kamu kunjungi, yaitu Phantasia Barbie Gallery.

Jika kamu asing dengan nama tempat yang satu ini, Phantasia Barbie Gallery sejatinya merupakan sebuah galeri yang memiliki 350 koleksi boneka Barbie, yang dipajang dalam diorama berbagai tema.

Tidak hanya itu, di galeri ini juga kamu bisa melihat dan mengetahui sejarah perjalanan Barbie dari awal hingga saat ini.

Apabila tertarik untuk berkunjung ke tempat ini, kamu perlu mengeluarkan kocek yang tidak terlalu besar, yaitu hanya sekitar Rp20 ribu per orang.

12. Trans Studio Bandung

Alamat: Jalan Jendral Gatot Subroto No.289 A, Cibangkong, Batununggal, Bandung City, West Java 40273

Jam operasional: Senin – Jumat, 10.00 – 18.00 WIB dan Sabtu – Minggu, 10.00 – 19.00 WIB

Wisata edukasi Bandung yang terakhir, tidak lain dan tidak bukan, yaitu Trans Studio Bandung.

Tempat yang menyediakan banyak wahana permainan ini, nyatanya juga menghadirkan berbagai macam pertunjukkan menarik yang dapat dinikmati para pengunjung.

Adapun beberapa pertunjukan yang bisa dinikmati, di antaranya yaitu action show dan laser show yang biasanya tampil di jadwal tertentu.

Tempat wisata Trans Studio Bandung sendiri, terletak di dalam kawasan Trans Studio Mall. Sehingga untuk bisa berkunjung ke Trans Studio Bandung, kamu harus masuk ke dalam kawasan mall-nya terlebih dahulu.

Dan untuk bisa masuk ke dalam tempat wisata tersebut, kamu perlu mengeluarkan kocek yang cukup besar, yaitu sekitar Rp180 ribu – Rp280 ribu per orang.

(Baca Juga: Tempat Terbaik dan Aman dari Covid untuk Liburan Panjang)

Nah, itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata edukasi Bandung terbaik, yang patut kamu kunjungi bersama keluarga, pasangan maupun teman.

Semua tempat tersebut, tentunya bisa kamu kunjungi dengan mudah, karena terletak di lokasi yang strategis dan mudah ditemukan.

Namun sebelum berkunjung, pastikan terlebih dahulu kalau semua tempat wisata tersebut buka di hari kamu berkunjung.

Selain itu, buat kamu yang berasal dari luar kota Bandung, pastikan kamu berada dalam keadaan sehat dan sudah melakukan rapid test antigen, sebagai syarat perjalanan keluar kota selama libur Nataru (Natal dan Tahun Baru).

Kemudian, untuk mencegah dan meminimalisir risiko kesehatan yang dapat terjadi, akan lebih baik jika kamu juga turut melindungi diri dengan asuransi kesehatan.

Sebab, asuransi kesehatan akan melindungi dirimu dengan maksimal, dan menanggung semua biaya pengobatan serta perawatan selama kamu sakit.

Sehingga, apabila terjadi sesuatu pada kesehatanmu, maka kamu tidak perlu lagi khawatir memikirkan besarnya biaya yang harus dibayarkan, karena sudah ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Jadi, buat kamu yang hingga saat ini belum melindungi diri dengan asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga, dan dapatkan perlindungan kesehatan yang optimal!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani