Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Yuk, Siapkan Bujet Travelling Sekaligus Nonton Asian Games 2018 di Palembang!

by Tisyrin N. T on 2 Maret, 2018

Punya rencana travelling ke Palembang? Tahun ini, Palembang dan Jakarta menjadi tuan rumah hajatan olahraga Asian Games 2018. Tak ada salahnya menjadwalkan pelesir ke Palembang sekaligus menonton rangkaian pertandingan olahraga bergengsi tersebut bukan?

Asian Games 2018 akan berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018. Lokasinya antara lain di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta serta Jakabaring Sport City Palembang. Ajang yang diselenggarakan oleh Olympic Council of Asia (OCA) tersebut setidaknya akan menampilkan puluhan cabang olahraga.

Di sela-sela kegiatan menonton rangkaian pertandingan olahraga,  kita bisa menyelami berbagai sisi menarik Palembang. Palembang tidak hanya punya pempek yang tersohor, tetapi juga sederet kuliner lain yang siap menggoyang lidah. Banyak pula tempat yang bisa kita kunjungi di Palembang, khususnya bagi para pecinta wisata sejarah.

Bujet travelling ke Palembang sekaligus nonton Asian Games 2018

Palembang siap menyambut traveler dengan fasilitas akomodasi yang memadai, tempat wisata menarik, serta kuliner yang lezat. Jadi, tak perlu ragu menyambangi kota di Sumatera Selatan ini untuk jalan-jalan sembari ikut meramaikan Asian Games 2018 sebagai penonton. Yuk, cek bujet apa saja yang kita perlu siapkan:

  • Tiket pertandingan

Tiket pertandingan Asian Games 2018 belum diketahui secara pasti. Namun, jika mengintip harga tiket pada Asian Games 2014 di Korea Selatan, harganya berada di kisaran puluhan ribu hingga Rp1 jutaan. Sementara tiket VIP dipatok Rp1,1 jutaan hingga Rp11 jutaan.

  • Tiket pesawat

Sesuaikan bujet yang kita miliki dengan jenis pesawat yang akan digunakan. Berikut ini gambaran harga tiket pesawat dari beberapa kota ke Palembang. Sementara harga tiket pulang atau sebaliknya pun tidak berbeda jauh.

Jakarta – Palembang :

Jika kita memilih menggunakan pesawat low cost carrier, cukup menyiapkan dana Rp400 ribu – Rp1 juta. Sementara jika lebih nyaman menggunakan full service airline, siapkan bujet lebih yaitu Rp600 ribu – Rp4 juta.

Bandung – Palembang:

Apabila berangkat  dari Bandung, tarif tiket low cost carrier berada di kisaran Rp500 ribu – Rp1,9 juta. Untuk full service airline, berada di kisaran Rp1,8 juta – Rp3 juta.

Surabaya – Palembang:

Harga tiket Surabaya – Palembang untuk low cost carrier berada di kisaran Rp500 ribu – Rp1,7 juta. Sementara untuk full service airline di kisaran Rp1,2 juta – Rp4 juta.

  • Hotel

Tak perlu khawatir soal akomodasi di Palembang, karena Palembang menawarkan berbagai jenis hotel yang bisa disesuaikan dengan kantong kita. Nah, agar lebih efektif, sebaiknya pilihlah hotel yang lokasinya tak jauh dari Jakabiring Sport City.

Salah satu hotel bintang 2 yang lokasinya tak jauh dari tempat berlangsungnya Asian Games 2018 adalah Msquare Hotel dengan tarif mulai Rp300 ribuan. Sementara pilihan hotel bintang 3 dengan tarif mulai Rp400 ribu – Rp500 ribuan antara lain Opi Indah Hotel, Graha Sriwijaya Hotel, dan Favehotel Palembang.

Jika siap mengeluarkan bujet lebih, pilihan hotel bintang 4 di Palembang antara lain Novotel Palembang Hotel & Residence dengan tarif mulai Rp2,3 jutaan dan Grand Zuri Palembang dengan tarif mulai Rp2 jutaan. (Baca juga: 10 Destinasi Lokal Liburan Pertengahan Tahun dan Jumlah Bujet yang Harus Disiapkan)

  • Asuransi perjalanan

Ada berbagai risiko yang mengintai para traveler seperti penundaan penerbangan, hilangnya bagasi, hingga kecelakaan. Sadarkah bahwa hanya dengan membayar premi asuransi perjalanan yang terbilang murah dapat melindungi traveler dari semua risiko tersebut?

Kita bisa mendapatkan asuransi perjalanan domestik dengan premi mulai dari Rp20 ribuan saja, dengan manfaat yang bejibun. Jadi, untuk apa sungkan menambah bujet demi membeli asuransi perjalanan? Jika tak mau repot, belilah asuransi perjalanan secara online.

Widget TRV Insurance

Pilihan tempat wisata di Palembang

Foto: IndonesiaKaya.com

Apa yang terpikir dibenak kita ketika mendengar kata Palembang? Pasti Jembatan Ampera bukan? Padahal, Palembang tidak hanya punya Jembatan Ampera saja, lho. Berikut ini beberapa ide kegiatan wisata selama di Palembang:

Berwisata kuliner di sekitar Jembatan Ampera

Siapa yang tak kenal dengan Jembatan Ampera? Jembatan yang berada di atas Sungai Musi ini menjadi landmark Kota Palembang. Belum lengkap rasanya jika ke Palembang belum mengunjungi dan berfoto dengan latar belakang Jembatan Ampera.

Jembatan Ampera akan nampak lebih cantik pada malam hari berkat kerlap kerlip cahaya lampu. Sembari menikmati keindahannya, kita bisa berwisata kuliner di berbagai tempat makan di sekitar jembatan.

Merasakan nuansa Thailand di Pulau Kemaro

Di tengah Sungai Musi terdapat sebuah pulau dengan nama Pulau Kemaro. Sisi menarik pulau ini terletak pada sebuah Pagoda dengan 9 lantai. Berpose dengan latar belakang Pagoda tersebut serasa sedang berada di negeri seribu Pagoda yaitu Thailand bukan? Tak hanya Pagoda, di Pulau Kemaro juga terdapat kelenteng serta makam putri Palembang.

Wisata sejarah di Benteng Kuto Besak, Monumen Perjuangan Rakyat Palembang, dan Kampung Kapitan

Benteng Kuto Besak terletak tak jauh dari Sungai Musi dan usianya sudah ratusan tahun. Benteng Kuto Besak lebih ramai pada malam hari. Sembari berwisata sejarah, pengunjung juga dapat mencicipi aneka jajanan pasar di Pedagang Kaki Lima (PKL) atau makan-makan di restoran terapung di depan benteng.

Kita bisa menikmati wisata sejarah lainnya di Monumen Perjuangan Rakyat Palembang. Monumen ini berhias lambang garuda dengan ukuran cukup besar. Mengunjungi monumen ini akan membawa ke masa perjuangan rakyat Palembang saat era penjajahan.

Atau, datanglah ke Kampung Kapitan yang berada tak jauh dari Jembatan Ampera. Kampung ini merupakan daerah pertama yang ditempati warga keturunan Tionghoa di Palembang kala masa penjajahan Belanda. Jadi, jika ingin lebih mengenal sejarah antara Palembang dan warga Tionghoa, datanglah ke tempat ini.

Kuliner Palembang

Foto: citarasaindonesia.co.id

Palembang terkenal dengan pempek, makanan yang terbuat dari ikan dan tersaji dengan kuah cuka atau cuko berwarna coklat kehitaman. Terdapat macam-macam pempek mulai dari lenjer, kapal selam, kulit, dan sebagainya.

Namun, Palembang tidak hanya punya pempek saja. Berikut ini beberapa kuliner selain pempek yang wajib dicicipi ketika ke Palembang:

Tekwan

Tekwan adalah makanan berkuah yang terbuat dari olahan ikan dan sagu. Bentuknya bulat-bulat mungil. Bedanya dengan pempek, tekwan memiliki kuah bening dari kaldu udang dan terdapat pelengkap seperti soun, jamur kuping, daun bawang, bawang goreng, seledri, dan potongan bengkuang. Hm, terbayang bukan bagaimana kelezatannya?

Martabak Har

Ah, cuma martabak? Jangan dulu kecewa, karena martabak yang satu ini berbeda dengan martabak yang biasa kita temui di tempat lain. Ya, Martabak Har memang berbeda dengan martabak telur pada umumnya.

Martabak legendaris  ini berupa telur yang dimasak utuh dan dibalut dengan kulit martabak. Kuahnya adalah kuah kari yang kaya akan rempah-rempah, lengkap dengan irisan kentang serta daging. Penasaran? Silakan mampir ke salah satu cabang Martabak Har di Palembang.

Mie Celor

Bagi penyuka mie, cobalah untuk mencicipi kuliner yang satu ini. Mie celor tersaji dengan kuah kental dari santan dan kaldu udang, telur rebus, tauge serta irisan daun bawang dan seledri. Sajian ini menggunakan mie dengan ukuran besar seperti udon.

Laksan

Palembang memang memiliki beberapa makanan khas yang terbuat dari olahan ikan, termasuk laksan. Laksan adalah olahan ikan mirip pempek lenjer yang diiris-iris yang disajikan dengan kuah bersantan. (Baca juga: Kota-kota di Indonesia dengan Perayaan Imlek Paling Meriah)

Es Kacang Merah

Lelah berkeliling Palembang? Cobalah untuk menikmati es kacang merah, pasti badan terasa segar kembali. Es kacang merah terbuat dari kacang merah, santan, es serut, susu, serta sirup merah. Mudah sekali menemukan es kacang merah di warung atau tempat makan.

Bagaimana? Siap terbang ke Palembang?

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami