Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Deretan Wisata Luar Negeri yang Murah Sedunia dan Bebas Visa

by Estrin Vanadianti Lestari on 26 November, 2019

Punya impian liburan ke luar negeri, tapi nggak bikin kantong bolong? Sekarang, untuk bisa menikmati liburan asyik ke luar negeri, bukan lagi sebuah hal yang mustahil. Terlebih, kini ada beberapa negara yang membebaskan visa bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang ingin berlibur.

Tidak hanya itu, biaya pesawat, penginapan, hingga biaya hidupnya juga tergolong murah. Penasaran, dengan deretan wisata luar negeri yang murah sedunia dan bebas visa berikut ini? Yuk simak informasi selengkapnya.

Nah, sebelum berlibur, pastikan kamu memilih negara tujuan yang memang bisa dijadikan sebagai lokasi liburan yang mengasyikan dan tentunya murah. Namun, akan lebih baik lagi jika kamu memilih negara tujuan yang memiliki nilai tukar mata uang asing yang rendah terhadap Rupiah.

Pasalnya, nilai tukar mata uang seuatu negara, akan sangat penting untuk diketahui dalam melakukan perencanaan dana liburan. Sehingga, angan-anganmu untuk melakukan perjalanan wisata luar negeri yang murah bisa tercapai.

Tidak hanya dilihat dari rendahnya nilai tukar mata uang asing ke Rupiah, kamu juga perlu mengetahui biaya hidup selama liburan. Mulai dari biaya konsumsi, transportasi umum, tiket masuk ke beberapa lokasi wisata, dan lain-lain.

Nah, daripada penasaran negara mana saja yang bisa kamu jadikan lokasi wisata luar negeri yang murah, tanpa bikin kantong jebol. Yuk simak beberapa deretan negara yang menjadi rekomendasi wisata luar negeri yang murah sedunia dan bebas visa, berikut ini:

1. Kamboja

Kamboja

Negara pertama yang bisa dijadikan lokasi wisata luar negeri yang murah adalah Kamboja. Bahkan Kamboja disebut-sebut menjadi negara yang paling diminati para traveler seluruh dunia lho. Hal tersebut dikarenakan, Kamboja memiliki biaya hidup yang cukup murah, sehingga negara ini sangat cocok untuk para backpacker.

Hanya dengan Rp50-250 ribu per orang, kamu sudah bisa menikmati fasilitas yang cukup lengkap di sebuah hostel. Nah, untuk biaya makan, kamu juga tidak perlu khawatir, karena dengan uang Rp13-50 ribu, kamu sudah bisa menyantap makanan yang cukup lezat dan mengenyangkan. Bahkan, untuk bisa menikmati tempat wisatanya, kamu bisa berkeliling di tempat bersejarah, dan hanya mengeluarkan uang sekitar Rp198 ribu saja.

2. Vietnam

Vietnam

Negara dengan tempat wisata luar negeri yang murah kedua adalah Vietnam. Masih bertetangga dengan Kamboja, Vietnam juga termasuk negara yang digandrungi para traveler, karena biaya hidupnya yang murah. Tempat menginap yang hanya Rp70 ribu per orang, dan makanan lokal yang hanya sekitar Rp20 ribu per orang pun, bisa kamu nikmati.

Untuk destinasi wisatanya, Vietnam juga banyak menawarkan lokasi wisata yang indah, seperti pantai, wisata sejarah, seperti War Remnants Museum, Hoa Lo Prinson Museum, hingga Terowongan Cu Chi.

3. Uzbekistan

Uzbekistan

Wisata luar negeri yang murah selanjutnya ada di negara Uzbekistan. Memiliki banyak situs bersejarah yang sangat indah, Uzbekistan juga disebut-sebut memiliki biaya hidup yang cukup murah.

Negara pecahan Uni Soviet di Asia ini juga membebaskan visa bagi WNI selama 30 hari lho. Jadi, kapan lagi bisa liburan ke luar negeri tanpa visa?

Untuk nilai tukar mata uang Uzbekistan juga cukup rendah, satu Som Uzbekistan setara dengan 1,87 Rupiah. Untuk penginapan, kamu hanya cukup siapkan biaya mulai dari Rp100 ribu per malam, dan untuk makan sekitar Rp10-50 ribu per orang.

Maka tak heran jika nilai tukarnya masih sangat kecil, namun dengan begitu kamu tidak perlu ragu untuk bisa liburan ke negara ini bukan?

(Baca Juga: Yuk, Liburan ke 6 Destinasi Wisata Romantis Bebas Visa Bersama Pasangan)
4. India

India

Jadi wisata luar negeri yang murah keempat, India juga membebaskan visa bagi WNI yang ingin berlibur. Tidak perlu takut untuk liburan ke India, pasalnya India memiliki kehidupan yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia.

Sehingga, meski dengan budget pas-pasan kamu sudah bisa kulineran enak, istirahat di tempat menginap, hingga biaya transportasi umum yang sangat murah.

Contoh saja, biaya naik kereta AC beserta fasilitas lengkap, kamu hanya cukup bayar Rp250 ribu saja. Untuk makan dan biaya penginapan juga tidak jauh berbeda dengan Vietnam dan Kamboja. Di India juga ternyata banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi loh, seperti sebut saja Taj Mahal.

5. Laos

Laos

Laos masuk ke urutan ke lima, sebagai negara yang memiliki lokasi wisata luar negeri yang murah. Masih bertetangga dengan Kamboja, Laos juga tidak kalah memiliki banyak destinasi wisata yang indah dan murah.

Untuk nilai tukar mata uangnya, satu Kip Laos memiliki nilai yang setara dengan 1,72 Rupiah. Bagaimana, masih tergolong murah bukan untuk ukuran liburan ke luar negeri?

Di Laos, banyak menawarkan wisata budaya dan sejarah yang masih sangat kental. Sebut saja seperti Pha That Luang. Bangunan-bangunan di Laos juga memiliki keunikan tersendiri. Bagaimana berminat berlibur ke Laos?

6. Myanmar

Myanmar

Masih di deretan negara ASEAN, wisata luar negeri yang murah juga terdapat di negara Myanmar. Sama seperti halnya Vietnam, Laos dan Kamboja, Myanmar juga memiliki banyak destinasi peninggalan sejarah Buddha yang besar dan terkenal, seperti Shwedagon Pagoda.

Nilai tukar mata uang Indonesia ke Myanmar pun tergolong cukup rendah. Untuk satu Kyat Myanmar adalah setara 9,49 Rupiah. Namun, meski nilai tukarnya masih cukup tinggi di antara negara ASEAN lainnya, akan tetapi Myanmar masih cukup murah sebagai negara yang bisa kamu kunjungi untuk liburan kok.

7. Chili (Chile)

Chili

Meski berada di benua Amerika Selatan, Chile ternyata masuk ke dalam daftar wisata luar negeri yang murah. Selain bebas visa untuk WNI selama 90 hari, di Chile kamu juga bisa melihat gletser di pegunungan Patagonia atau menjelajahi Gurun Atacama, yang tidak ada di negara ASEAN seperti Indonesia.

Selain itu, Chile juga termasuk negara yang memiliki nilai tukar Rupiah yang cukup rendah, yakni satu Peso Chili memiliki nilai yang dengan 22,6 Rupiah. Bagaimana, cukup terjangkau bukan?

(Baca Juga: 10 Destinasi Liburan Akhir Tahun Terpopuler 2019, Let’s Go!)
8. Republik Dominika

Republik Dominika

Negara dengan wisata luar negeri yang murah berikutnya adalah Republik Dominika, yang terletak di kepulauan Laut Karibia, Amerika Tengah. Kota Santiago de los Caballeros, Republik Dominika, merupakan kota yang terkenal dengan pertaniannya di negeri ini.

Untuk kamu yang sangat ingin liburan ke luar negeri, mungkin Rebuplik Dominika, bisa dijadikan salah satu pilihannya. Biaya hidup di sini pun tak begitu mahal, bahkan dengan Rp500 ribu per hari, kamu sudah bisa mengisi perut hingga kenyang, menginap di penginapan murah namun nyaman, hingga jalan-jalan, menyusuri kota.

9. Sri Lanka

Sri Lanka

Negara dengan wisata luar negeri yang murah selanjutnya adalah Sri Lanka. Terkenal dengan wisata pantai dan lautnya, Sri Lanka siap membuatmu terpesona, dan Sri Lanka juga membebaskan visa bagi WNI selama 30 hari. Mempunyai warisan Buddha yang kaya, Sri Lanka juga merupakan negara yang pertama kali diciptakannya tulisan Budha.

Nah, dibalik banyaknya wisata sejarah dan pantai, kamu bisa lho menghabiskan malam ditepi pantai dan menginap di penginapan murah. Pasalnya, cukup dengan harga mulai dari Rp250 ribu kamu sudah bisa bersantai.

Tidak hanya penginapan, makanan di Sri Lanka juga tergolong murah, yakni tak lebih dari Rp30 ribu saja, dan pastinya membuatmu kenyang.

10. Guyana

Guyana

Sama seperti Chile, Guyana yang juga berada di benua Amerika Selatan, yang masuk dalam daftar wisata luar negeri yang murah. Meski memiliki nilai tukar mata uang asing yang lebih tinggi daripada negara lainnya. Meski begitu, kamu tidak akan sampai rugi deh, kalau liburan ke Guyana. Untuk satu Dolar Guyana setara dengan 69,95 Rupiah.

Di Guyana, kamu bisa mengunjungi wisata alam yang menakjubkan, seperti safari alam liar, hingga Air Terjun Kaieteur, yang mirip dengan Air Terjun Niaga.

Di Guyanan WNI juga dibebaskan visa selama 30 hari. Untuk makanan, di Guyana juga tergolong cukup murah, di tempat makanan siap saji saja, seperti McDonals, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 87 ribu saja, dan untuk penginapan dibanderol mulai dari Rp700 ribu per malam.

Nah, bagaimana dengan deretan pilihan wisata luar negeri yang murah, serta bebas visa di atas? Untuk kamu yang hobi traveling ala backpacker, 10 negara tersebut bisa lho dijadikan rekomendasi paling tepat.

Untuk menunjang keuanganmu selama liburan di luar negeri, jangan lupa gunakan kartu kredit BRI World Access, yang banyak memberikan keuntungan dan promo menarik. Yuk tunggu apalagi, kamu bisa mengajukan sekarang juga melalui situs Cekaja.com, kapan saja, dimana saja.

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk