8 Wisata Pagaralam Paling Hits yang Wajib Dikunjungi

6 menit membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari pada

Terletak di Pulau Sumatera, sederet wisata Pagaralam paling hits berikut ini, wajib banget untuk dikunjungi, khususnya bagi kamu yang ingin merasakan liburan bertema alam.

Namun, Pagaralam ini bukanlah nama tempat wisata, melainkan nama kota di Sumatera Selatan.

Nah, untuk kamu yang ingin mencari suasana liburan, yang bebas dari hiruk pikuk perkotaan, wisata Pagaralam paling hits adalah jawaban yang tepat.

Pasalnya, Kota Pagaralam memiliki beberapa surga alam, yang masih sangat asri, sejuk, dan masih belum terjamah kehidupan modern.

Sehingga, kebudayaan daerah Kota Pagaralam, masih sangat kental. Suasana perkampungan khas Sumatera, juga masih bisa dengan mudah kamu temukan di sini.

Terlebih, kota yang terletak di perbukitan ini, memiliki beragam destinasi alam, yang mungkin jarang ditemukan di kota-kota lain. Maka tak heran, jika kota ini sering dijuluki kota di atas awan.

(Baca Juga: 10 Rekomendasi Gunung untuk Pendaki Pemula di Pulau Jawa)

Nah, buat kamu wisatawan lokal atau interlokal yang ingin liburan bertema alam, berikut rekomendasi wisata Pagaralam paling hits, yang wajib dikunjungi!

8 Wisata Pagaralam Paling Hits

1. Puncak Gunung Dempo

Wisata Pagaralam paling hits yang pertama adalah puncak Gunung Dempo. Memiliki ketinggian 3.159 meter di atas permukaan laut, gunung ini sangat cocok didaki untuk para pendaki ulung, maupun pemula.

Jangan tanya soal keindahan dan panorama yang ditawarkan gunung ini. Pasalnya, keindahan tidak hanya berada di puncaknya.

Kamu bisa melihat pemandangan yang sangat menyejukkan mata, selama perjalanan mendaki. Mulai dari kekayaan flora, tumbuhan cantik nan hijau, air terjun, sungai, kawah merapi di atas gunung, dan lainnya.

Bahkan, gunung ini juga termasuk gunung yang sangat populer, di kalangan para pendaki gunung Nusantara.

Jadi, kalau kamu sudah pernah mendaki semua gunung yang ada di Pulau Jawa, selanjutnya bisa pilih Gunung Dempo, untuk pendakian selanjutnya di Pulau Sumatera.

Alamat: Dempio Makmur, Pagar Alam Utara, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan

2. Curug Mangkok

Wisata Pagaralam paling hits yang kedua adalah Curug Mangkok. Curug ini merupakan salah satu dari lima curug atau air terjun, yang ada di kawasan wisata Gunung Dempo, Pagaralam.

Mengapa kamu harus kunjungi Curug Mangkok ini? Selain karena keindahannya, curug ini juga merupakan curug yang lokasinya paling mudah dijangkau.

Bahkan, untuk kamu yang tak biasa berjalan jauh dan menelusuri jalanan ekstrem, curug ini bisa jadi solusi wisatawan level pemula.

Bahkan, lokasinya juga tidak jauh dari pusat Kota Pagaralam, yakni hanya 30 menit saja, dengan kondisi jalan yang relatif baik dan bagus.

Buat kamu yang hobi berenang, atau sekadar main air, curug ini sangat nyaman. Karena curug ini tidak terlalu tinggi, namun memiliki kolam besar di bagian bawahnya.

Jadi, kamu bisa berenang di kolam ini, dengan kondisi air yang dingin, dalam, dan jernih. Bahkan, Curug Mangkok menjadi salah satu curug yang memiliki kolam besar, dan bisa dipakai untuk berenang.

Selain itu, di area Curug Mangkok juga tersedia fasilitas pemandian umum, kamar ganti, toilet, mushola, hingga warung.

Alamat: Dusun Pematangbango, Desa Cughub Jare, Kecamatan Pagaralam Utara

3. Tangga 2001

Tak kalah unik dan menarik, wisata Pasaralam paling hits ini, juga wajib dikunjungi loh, yakni tangga 2001. Dari namanya saja, kita sudah bisa menebak, bahwa wisata tangga ini memiliki banyak anak tangga.

Tapi uniknya, nama 2001 ini bukan tahun dibuatnya tangga ini dan juga bukan jumlah, dari anak tangga tersebut.

Namun, istilah 2001 hanya sebutan masyarakat sekitar, karena tangga tersebut memiliki banyak anak tangga, yang aslinya hanya sekitar ratusan anak tangga saja.

Bukan sekadar tangga, wisata Tangga 2001 Pagaralam ini dibangun untuk objek wisata, sekaligus tempat olahraga, yang juga menjadi icon Kota Pagar Alam.

Pasalnya, di permukaan anak tangga tersebut, tersemat batu kerikil, untuk pengobatan telapak kaki. Jadi, selain dijadikan tangga untuk menaiki bukit, kamu juga bisa sekaligus pijat refleksi.

Alamat: Gn. Dempo, Pagar Alam Sel., Kota Pagaralam, Sumatera Selatan 31581

4. Danau Tebat Gheban

Butuh pemandangan yang menawan? Wisata Pagar Alam paling hits selanjutnya ini, bisa jadi pilihan yakni Danau Tebat Gheban.

Jadi, selain terkenal dengan wisata curug, Pagar Alam juga terkenal dengan wisata danaunya, salah satunya Danau Tebat Gheban.

Hanya berjarak tujuh kilometer saja dari pusat Kota Pagar Alam, danau alami ini memiliki luas sekitar tiga hektar, dengan kedalaman mencapai 12 meter.

Tebat Gheban yang berarti Danau Gheban ini, memang sering menjadi salah satu alternatif destinasi wisata, bagi masyarakat lokal, terutama untuk memancing.

Pasalnya, di danau ini, terdapat banyak jenis ikan, bahkan hingga udang. Maka tak heran, jika ketika kamu berkunjung ke sini, banyak pengunjung lain, sambil membawa pancingan atau jala.

Alamat: Alun Dua, Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan 31518

5. Kebun Teh Lereng Dempo

Wisata Pagaralam paling hits yang berikutnya adalah Kebun Teh Lereng Dempo. Nah, buat kamu yang butuh panorama yang luas, udara sejuk, dan asri, wisata kebun teh bisa jadi pilihan.

Ngapain jauh-jauh ke Sumatera, di Bogor dan Bandung juga banyak kebun teh? Perlu kamu ketahui juga bahwa, Kebun Teh Lereng Dempo ini merupakan salah satu kebun teh tertua di Indonesia.

Kebun Teh Lereng Dempo sendiri, memiliki luas sekitar 1.300 hektar. Bisa dibayangkan bukan, betapa luasnya kebun teh ini?

Di sini kamu bisa berswafoto, piknik, atau hanya sekadar jalan-jalan saja. Jadi, tidak harus mahal bukan, untuk menikmati kesejukan alam yang indah?

Alamat: Jl. Alamsyah Ratu Prawiranegara, Pagar Wangi, Dempo Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan 31581

6. Situs Megalitik Tanjung Aro

Selain memiliki keindahan alam yang indah, kota juga memiliki objek wisata Pagaralam paling hits, bertema sejarah yakni Situs Megalitik Tanjung Aro.

Destinasi wisata sejarah yang sudah didaftarkan UNESCO ini, merupakan situs warisan budaya, berupa kubur batu yang menyerupai gua.

Situs Megalitik Tanjung Aro juga dipercaya sebagai kuburan masa lampau, yang memiliki usia lebih dari ribuan tahun.

Tidak hanya itu, situs ini juga terdapat peninggalan pra sejarah lainnya, seperti arca manusia, dolmen, tumpukan batu, dan kuburan.

Penasaran dengan sejarah dan bentuk dari batu-batu yang bertumpuk di sini? Yuk, langsung saja kunjungi destinasi wisata ini, di liburan akhir tahun.

Alamat: Kuripan Babas, Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan 31519

7. Green Paradise

Wisata Pagaralam paling hits yang bertema perairan selanjutnya ini, adalah Green Paradise. Destinasi wisata Green Paradise ini, merupakan taman atau kebun, yang terdapat kolam-kolam ikan semah.

Selain ikan, kolam ini juga ditumbuhi tanaman selada. Bahkan, air yang ada di kolam ini, merupakan mata air murni dan bersih.

Tidak hanya itu, air murni yang terdapat di kolam ini, dipercaya memiliki pH 7 (netral), dan sudah dicek di laboratorium.

Nah, buat kamu yang ingin merasakan sejuknya udara sekaligus air, di alam bebas yang bisa diminum, Green Paradise bisa jadi pilihan.

Alamat: Bumi Agung, Dempo Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan 31581

8. Rumah Adat Basemah

Untuk kamu yang ingin mengenal lebih dalam dengan Kota Pagaralam, sebaiknya jangan lupa list destinasi wisata Rumah Adat Basemah yang satu ini.

Berdiri di tengah sawah yang membentang, rumah adat ini sangat terkenal dengan ukiran Ghumah Baghi, yang merupakan seni ukir khas Sumatera. Bahkan, ukiran ini tak kalah unik, dari ukiran yang ada di wilayah Indonesia lainnya.

Selain ukiran, di Rumah Adat Basemah ini, kamu juga bisa melihat karya seni lainnya, yang usianya sudah mencapai ratusan tahun.

(Baca Juga: 5 Lokasi Piknik di Bogor yang Damai dan Asri!)

Bagaimana tidak seru, menjelajahi kota yang masih kental dengan adat budaya, di zaman modern? Nah, Kota Pagaralam adalah salah satunya, yang masih mempertahankan kekentalan budaya daerah setempat, masih zaman sudah modern dan canggih.

Alamat: Pagar Wangi, Dempo Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan 31581

Nah, itu dia beberapa rekomendasi wisata Pagaralam paling hits, yang wajib dikunjungi, ketika kamu berkunjung ke Sumatera Selatan.

Kota yang masih mempertahankan kebudayaannya, serta belum amat terjamah kecanggihan modern ini, patut kamu telusuri.

Kapan lagi kamu bisa keliling kota dengan suasana desa, udara pegunungan yang sejuk, serta pemandangan yang indah?

Yuk, rencanakan liburan akhir tahun ke Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, dengan booking tiket pesawat hingga penginapan, pakai kartu kredit!

Dengan kartu kredit, segala proses transaksi pemesanan tiket dan penginapan, menjadi lebih praktis, mudah, dan hemat.

Buat kamu yang masih belum miliki kartu kredit, yuk segera ajukan kartu kredit terbaik pilihan, hanya di CekAja.com.

CekAja.com, juga menyediakan banyak produk kartu kredit, dari berbagai perusahaan perbankan ternama di Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan kartu kredit terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com, dan jelajahi Kota Pagaralam dengan mudah!\