Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Working Mom Harus Tau, Begini Cara Agar Tetap Bisa Terus Quality Time dengan Anak

by Sindhi Aderianti on 24 Juli, 2019

Kunci terlahirnya generasi emas di masa depan, semua bergantung dari bagaimana pola asuh masing-masing orangtua terutama sang ibu. Seperti kata pepatah, “Ibu adalah sekolah pertama bagi anak”. Namun, bagaimana dengan ibu yang juga bekerja kantoran? Bagaimana agar dapat terus menciptakan quality time dengan anak?

quality time dengan anak

Nah, mumpung Hari Anak Nasional baru saja diperingati kemarin (23/7/2019), yuk telaah lagi bagaimana kita selama ini menghabiskan waktu dengan anak.

Peringatan Hari Anak Nasional setiap tanggal 23 Juli tersebut pertama kali digagas oleh Presiden kedua Republik Indonesia, Soeharto. Kala itu di tahun 1984, ia menilai anak-anak merupakan aset kemajuan bangsa sehingga perlu diingat melalui suatu peringatan khusus.

Working Mom Juga Bisa Urus Anak 

Setiap ibu tentu ingin selalu berada di dekat anaknya. Bagi working mom alias ibu yang bekerja, kesempatan ini mungkin sedikit langka. Pasalnya, di pagi hari saja ibu sudah harus berangkat ke kantor, belum lagi selama bekerja disibukkan dengan banyak pekerjaan dan meeting. Tiba di rumah sudah malam, sehingga terlalu lelah untuk bermain dengan anak.  Alhasil waktu penuh bersama anak hanya bisa didapat saat akhir pekan.

Menjadi working mom memang bukan perkara mudah. Belum lagi menghadapi cibiran orang yang menganggap stay at home mom lebih baik. Sehingga kesannya, working mom is a bad mom karena tega menitipkan anaknya selama bekerja. Perdebatan working mom vs stay at home mom memang tidak akan ada habisnya. Kedua hal tersebut sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Working mom tidak berarti mengabaikan anak-anaknya. Anak pun tak akan kekurangan kasih sayang meski ibunya harus bekerja 5 hari dalam seminggu. Daripada terus memperdebatkannya, yuk simak tips menjaga quality time dengan anak berikut ini!

(Baca juga: Pentingnya Mendampingi Anak di Hari Pertama Sekolah)
  1. Pandai ‘mencuri’ waktu

Menjadi working mom harus pandai-pandai memanfaatkan waktu sesingkat apapun itu. Misalnya, ibu bisa mengantarkan anak setiap pagi ke sekolah agar bisa mengobrol selama di perjalanan. usahakan juga untuk sarapan bersama dengan anak karena momen tersebut bisa menjadi salah satu quality time ibu dengannya. Bagi ibu yang masih memiliki bayi, bangunlah lebih pagi untuk bermain dengannya sebelum dititipkan sementara ke orang yang dipercaya.

  1. Tinggalkan gadget sementara

Begitu sampai rumah dan bertemu anak, segera lah matikan gadget. Nikmati malam hari yang singkat namun berkualitas bersama si kecil dengan bermain, membacakan buku cerita, atau memeluk sambil bermanja-manjaan.

  1. Kualitas di atas kuantitas

Tak perlu merasa bersalah ketika hanya memiliki waktu yang sedikit dengan anak. Sebab quality time bukan hanya saat kita mendampingi anak belajar, atau saat ngobrol bersama di meja makan, atau jalan-jalan sekeluarga di akhir pekan. Memeluk anak sebelum tidur dan membisikkan kata sayang juga bentuk quality time.

  1. Jangan bawa pulang kerjaan kantor

Sebisa mungkin, tuntaskan segala kewajiban kantor sebelum pulang. Membawa pulang kerjaan hanya akan semakin mengurangi quality time bersama sang buah hati. Ibu juga harus pintar-pintar memisahkan urusan rumah dengan masalah yang bisa saja muncul di kantor. Dengan begitu, emosi jadi lebih terjaga ketika sedang bersama anak.

  1. Sempatkan menghubungi anak di siang hari

Di waktu istirahat, sempatkan lah untuk menghubungi anak di siang hari melalui telepon atau video call. Tanyakan bagaimana kabarnya selama ibu tinggal. Cara ini juga bisa mengurangi sejenak rasa rindu terhadapnya meskipun hanya beberapa menit.

(Baca juga: Biaya Pendidikan Anak Kian Mahal? Simak Cara Jitu Mengumpulkannya!)
  1. Berikan hadiah

Tunjukkan rasa kasih sayangmu dengan cara lain, seperti memberikan hadiah. Menurut penelitian Universitas Simon Fraser, Kanada, hadiah untuk anak memiliki manfaat psikologis. Manfaat tersebut di antaranya adalah meningkatnya kebahagiaan anak sekaligus mendekatkan hubungan anak dengan orang tua.

  1. Rencanakan short getaway

Lalu yang terakhir, rencanakan short getaway sesekali di akhir pekan. Selain memperkuat bonding satu sama lain, short getaway atau liburan singkat juga bermanfaat untuk me-refresh kesuntukan ibu, ayah, dan anak. Pilih tempat yang santai, sehingga waktu ibu dan anak tidak terdistraksi.

Tak perlu merasa bersalah dengan menjadi working mom. Working mom tetap bisa menjadi ibu yang baik untuk anak. Tahu bagaimana tumbuh kembangnya, dekat secara lahir dan batin. Bahkan sebuah riset terhadap working mom di berbagai lokasi di dunia oleh Harvard Business School menyebutkan bahwa anak dari ibu yang bekerja akan terpapar pada pengaruh positif dari pengalaman mereka.

Nah, selain menciptakan quality time bersama anak, penting pula untuk melindunginya dengan asuransi kesehatan terbaik. Cek pilihannya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.