Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Wow, 5 Jembatan Terpanjang di Dunia Ini Capai Ratusan Kilometer!

by Nadhillah Kusindriani on 28 Januari, 2020

Melaju di atas jembatan terpanjang di dunia mungkin rasanya seperti mimpi. Bagaimana tidak, kemajuan serta canggihnya teknologi secara tidak langsung membuat kita takjub akan infrastruktur yang satu ini.

jembatan terpanjang di dunia

Tidak hanya itu, kemajuan teknologi membuat kondisi geografis kini tidak lagi menjadi halangan. Hal tersebut karena jembatan sudah bisa dibangun di atas pemukiman penduduk, di atas jalan raya hingga di atas air.

Di beberapa negara, pembangunan jembatan dilakukan sebagai solusi dalam mengurai kemacetan. Namun, ada tiga negara yang mempunyai jembatan terpanjang di dunia hingga ratusan kilometre, di antaranya adalah Tiongkok, Thailand dan Amerika Serikat.

Untuk informasi lebih lengkapnya, di bawah ini CekAja.com telah merangkum lima jembatan terpanjang di dunia khusus untuk kamu. Yuk simak!

1. Jembatan Grand Danyang

Jembatan Grand Danyang - 5 Jembatan Terpanjang di Dunia Ini Capai Ratusan Kilometer

Grand Danyang merupakan jembatan terpanjang di dunia pertama. Jembatan yang berada di negara Tiongkok ini, memegang rekor Guinness Book of World Records karena terbentang sepanjang 164,8 kilometer.

Grand Danyang dibangun atas dasar China ingin menunjukkan perubahannya dari segi kemampuan industri di tahun 2000-an. Pada tahun 2006, impian tersebut mulai direalisasikan dengan rampungnya desain jembatan. Hingga akhirnya pada 15 November 2010 pembangunan jembatan Grand Danyang selesai.

Jembatan terpanjang di dunia ini digunakan sebagai penopang jalur kereta cepat yang menghubungkan antara Beijing dan Shanghai. Selain itu, jembatan ini juga melewati sawah, danau, dan sungai.

Pembangunan jembatan Grand Danyang dilakukan oleh 10 ribu pekerja dan memakan waktu selama empat tahun. Tidak hanya itu, biaya yang dihabiskan untuk membangun jembatan ini cukup fantastis, yaitu lebih dari 8 miliar dolar Amerika Serikat.

(Baca Juga: 10 Negara Terkaya di Benua Afrika 2020)
2. Jembatan Grand Tianjin

Jembatan Grand Tianjin - 5 Jembatan Terpanjang di Dunia Ini Capai Ratusan Kilometer

Jembatan terpanjang di dunia selanjutnya adalah jembatan Grand Tianjin. Jembatan yang pada tahun 2011 pernah tercatat di Guinness World Record ini berada di negara Tiongkok. Memiliki panjang sekitar 113,7 kilometer, membuat jembatan ini terbentang dari Langfang hingga Qingxian.

Grand Tianjin mulai beroperasi tahun 2012, tepatnya satu tahun setelah jembatan ini selesai di bangun yaitu tahun 2011. Faktanya, jembatan Grand Tianjin merupakan bagian dari jalur kereta cepat yang menghubungkan antara Beijing dan Shanghai atau yang disebut dengan Beijing-Shanghai High-Speed Railway.

Jembatan ini tidak hanya dilalui oleh kendaraan roda dua, roda empat atau lebih saja, tetapi juga dilalui oleh kereta api. Dalam pembangunannya, jembatan Grand Tianjin menggunakan balok berukuran 32 meter sebagai bahan dasarnya dengan berat beban hingga 860 ton yang disambung dan disusun dengan kokoh.

Pembangunan jembatan Grand Tianjin dilakukan di waktu yang sama dengan pembangunan jembatan Grand Danyang. Tidak hanya itu, sisi menarik dari jembatan ini terletak pada bagian tengah jembatan yang berada di atas permukaan laut.

Di mana, pada bagian tersebut terdapat titik temu dari dua badan jembatan dengan arah bentang yang berlawanan dan membentuk tampilan sangat indah ketika dilihat. Salah satu bagian jembatan memisahkan diri yang kemudian terbagi menjadi empat bagian.

Jika di deskripsikan, dua bagian menuju ke sisi kiri jembatan dan dua bagian lainnya menuju ke sisi sebelah kanan dengan posisi menyilang di bagian atas.

3. Bang Na Expressway

Bang Na Expressway - 5 Jembatan Terpanjang di Dunia Ini Capai Ratusan Kilometer

Jembatan terpanjang di dunia yang ketiga adalah Bang Na Expressway. Jembatan yang berada di negara Thailand ini pernah menyabet gelar sebagai jembatan terpanjang di dunia sampai tahun 2010.

Sesuai dengan namanya, Bang Na Expressway merupakan jalan layang yang memiliki enam jalur dan terbentang dari Bang Na hingga Trat. Jembatan dengan panjang 55 kilometer ini akhirnya terlepas dari gelar jembatan terpanjang di dunia karena tidak melintasi badan air untuk sebagian besar panjangnya.

Pembangunan jembatan Bang Na Expressway ini dimulai tahun 1995 dan rampung di tahun 2000. Tidak hanya itu, jembatan ini selama pembangunannya memakan biaya lebih dari 1 miliar dolar Amerika Serikat.

Di Thailand sendiri, Bang na Expressway menjadi kebanggaan negara karena berdiri di jalan raya 34 yang sangat terkenal dengan kemacetannya. Maka dari itu, pembangunan jembatan ini merupakan solusi pengurai kemacetan. Terlebih, jembatan ini menyediakan 12 jalur jalan tol.  

Jembatan Bang Na Expressway memiliki struktur jembatan yang dirancang oleh Asian Engineering Consultans. Jalan tol milik Expressway Authority of Thailand (EXAT) ini memerlukan 1.800.000 m³ selama pembuatannya.

4. Pontchartrain Causeway

Pontchartrain Causeway - 5 Jembatan Terpanjang di Dunia Ini Capai Ratusan Kilometer

Berikutnya ada Pontchartrain Causeway yang menjadi jembatan terpanjang di dunia. Jembatan yang berada di negara Amerika Serikat ini masuk ke dalam Guinness Book of World Records sebagai jembatan yang berdiri di atas air dan bertahan hingga lebih dari 10 tahun.

Jembatan yang terletak di New Orleans, Amerika Serikat ini memiliki dua jembatan paralel yang melintasi Danau Pontchartrain. Di mana, dua jembatan ini terbentang sepanjang 38,35 kilometer.

Tidak disangka, salah satu jembatan paling panjang di dunia ini dibangun dalam jangka waktu yang cukup singkat, yaitu 14 bulan. Selama satu dekade setelah diresmikan, jembatan ini sudah dilalui lima ribu kendaraan.

Meskipun dahulu sempat terjadi kontroversi terkait rekor yang diberikan pada jembatan ini, namun pada Oktober 2018 akhirnya Pontchartrain Causeway tetap memegang gelar sebagai jembatan paling panjang di dunia yang berdiri di atas air selama 60 tahun.

5. Jembatan Manchac Swamp

Jembatan Manchac Swamp - 5 Jembatan Terpanjang di Dunia Ini Capai Ratusan Kilometer

Posisi terakhir ditempati oleh jembatan Manchac Swamp yang menjadi jembatan paling panjang di dunia. Jembatan kembar yang berada di Louisiana ini, terkenal sangat aman, namun sempat dirumorkan berhantu.

Sebenarnya, terdapat sarang buaya di bawah jembatan ini. Maka dari itu, hal ini perlu menjadi perhatian ketika kamu berada di Amerika Serikat dan melintasi jembatan Manchac Swamp.

Jembatan trestle beton ini mulai beroperasi sejak tahun 1979 dan menjadi salah satu jalan tol terpanjang di dunia. Hal tersebut ditunjukkan dari total panjang jembatan ini yaitu 22,80 mil atau sekitar 36,69 kilometer.

(Baca Juga: Negara Islam Terkaya di Dunia)

Tidak hanya itu, jembatan Manchac Swamp juga menjadi penghubung antar negara bagian, tepatnya yaitu jalan Interstate 55. Fakta menariknya, jembatan ini dibangun atas dasar untuk menyiasati rawa-rawa yang berada di bagian bawah jembatan.

Bagaimana, sangat menarik bukan? Tidak hanya dari panjangnya saja yang membuat takjub, tetapi juga terdapat fakta-fakta unik dibalik pembuatan jembatan-jembatan di atas yang membuat kita semakin ingin berkunjung ke negara tersebut.

Jika kamu ingin berkunjung ke sana, pastikan kamu memiliki kondisi kesehatan yang baik. Namun, alangkah lebih baik jika kamu juga melindungi dirimu dengan asuransi kesehatan. Kamu bisa mengajukannya dengan mudah dan cepat hanya di CekAja.com. Yuk, ajukan sekarang!

Tentang Penulis