Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Wow! Barang-barang Milik Kurt Cobain Dihargai Ratusan Juta Hingga Miliaran

by Miftahul Khoer on 28 Mei, 2019

Membicarakan mendiang Kurt Cobain, pentolan band Nirvana yang sudah meninggal pada 1994 lalu memang gak pernah ada habisnya. Hingga saat ini, namanya seakan tak pernah sepi dibicarakan orang.

Artikel-Musik rock-Kurt Cobain

Kurt Cobain tercatat masuk “Club 27” atau musisi yang meninggal di usia 27 tahun yang terdiri dari para rock star macam Jimi Hendrix, Jim Morrison hingga Janis Joplin.

Seperti rock star atau sosok berpengaruh lainnya, setiap memorabilia atau barang peninggalannya pasti banyak dicari orang untuk dikoleksi. Tak terkecuali memorabilia milik Kurt Cobain mulai dari gitar hingga barang-barang yang melekat dengan sosok pria kelahiran 1967 ini.

Namun, kali ini CekAja akan mengupas memorabilia milik Kurt Cobain yang gak terkait dengan alat musik yang dibawakannya. Melainkan, memorabilia unik milik Kurt yang harganya laku mulai dari ratusan juta hingga miliaran. Yuk simak!

Piring bekas Kurt Cobain Rp322 juta

Kabar terbaru tentang Kurt Cobain kembali mencuat setelah balai lelang Julien’s Auctions di California mengumumkan bahwa piring kertas bekas Kurt Cobain laku hingga mencapai 22.400 dolar AS atau sekitar Rp322 juta pada Sabtu, 18 Mei lalu. Piring itu pernah digunakan sang musisi menyantap pizza pada saat konser di 9:30 Club, Washington pada April 1990 lalu. 

Piring kertas tersebut berisi set list lagu-lagu Nirvana macam School, Love Buzz, About a Girl, In Bloom, Big Cheese, Blew, dan lagu lain yang terdapat dalam album Bleach dan Nevermind. Kurt diketahui menuliskan daftar lagu yang dinyanyikannya dalam piring bekas tersebut setelah ia menyantap pizza sesaat sebelum tampil.

(Baca juga: Mengenal Jazz, Musik yang Bikin Joey Alexander Mendunia)
Surat tulisan tangan untuk Courtney Love laku Rp274 juta

Sejak peluncuran album Nevermind pada September 1991, Nirvana seakan menjadi band paling banyak didengar dengan keluarnya lagu Smells Like Teen Spirits yang sangat mendunia itu. Jadwal manggung Nirvana pun semakin padat seiring popularitas band asal Seattle itu yang semakin kencang.

Pada November 1991, saat Kurt Cobain bersama personel Nirvana lainnya hendak tampil di sebuah program televisi, Kurt Cobain menulis surat untuk Courtney Love, pacar yang belakangan menjadi istrinya.

Surat yang ia kirim lewat faximili hotel tempat ia menginap ditulis tangan sendiri oleh Kurt. Dan surat itu kemudian diberikan kepada resepsionis hotel. Kemudian pada 2004 ternyata surat tulisan tangan Kurt untuk Courtney Love laku di balai lelang Christie’s sekitar 19.120 dolar AS. Untuk kurs dolar saat ini mencapai sekitar Rp274 juta.

Lukisan Rp920 juta

Sejak remaja, Kurt Cobain sudah brokenhome. Kedua orangtuanya yang berpisah menjadi salah satu pemicu Kurt menjadi anak yang sering galau. Kegalauannya itu untungnya tersalurkan dalam dunia seni yakni musik dan seni rupa. Selain dikenal sebagai sosok yang senang musik punk, Kurt remaja juga senang melukis hal-hal abstrak.

Maklum, darah seninya mengalir dari neneknya Iris Cobain yang juga seniman profesional. Suatu saat, Kurt melukis binatang rakun yang menggantung di ranting-ranting pohon. Lukisan tersebut dibawa ke rumahnya dan disimpan oleh ayahnya. Belakangan lukisan Kurt Cobain tersebut dijual di balai lelang Julien Auctions pada Mei 2017 seharga 64.000 dolar AS atau jika untuk kurs saat ini mencapai sekitar Rp920 juta.

Jaket hitam Rp1,2 miliar

Pada Desember 1993, Nirvana tampil di konser MTV Nirvana Live and Loud. Di konser ini Kurt Cobain mengenakan jaket hitam. Konser ini resmi dirilis pada 2013 sebagai memperingati 20 tahunnya album Nirvana, In Utero.

Jaket yang dikenakan Kurt Cobain menjadi perhatian tersendiri setelah foto dan videonya tersebar ke seluruh dunia. Jaket tersebut dijual di lelang Julien’s Auctions pada Mei 2008 seharga 87.000 dolar AS. Untuk kurs saat ini mencapai sekitar Rp1,2 miliar.

(Baca juga: Menilik Perjalanan Karir Ahmad Dhani, dari Musik hingga Politik)
Sweater bolong di MTV Unplugged Rp1,9 Miliar

MTV Unplugged seketika semakin populer setelah Nirvana tampil pada November 1993. Penampilan ini menjadi salah satu konser akustik MTV Unplugged paling sukses. Bagaimana tidak, setelah konser ini dirilis menjadi album Nirvana MTV Unplugged in New York, album ini terjual lebih dari 25 juta kopi di seluruh dunia.

Yang menjadi pusat perhatian, selama konser berlangsung, Kurt Cobain mengenakan cardigan usang, bolong dan kancingnya copot satu di bagian bawah. Namun siapa sangka, bahwa pada November 2015 lalu, cardigan wol hijau ini dijual di balai lelang Julien’s Auctions seharga 137.500 dolar AS atau senilai Rp1,9 miliar untuk kurs saat ini.

Memang, menjadi bintang rock papan atas selalu menjadi bahan perbincangan di kalangan penikmat musik di dunia atau pun masyarakat lainnya. Setiap legenda memang selalu memiliki penggemar fanatik atau bahkan ada yang memanfaatkannya untuk kepentingan bisnis yang tentunya sah dan positif. Seperti memorabilia milik Kurt Cobain yang disebutkan di atas misalnya, tentu menjadi nilai ekonomi bagi para kolektor memorabilia atau barang-barang yang bersejarah dari seorang sosok.

Bagaimana? Kamu termasuk orang yang suka mengoleksi barang-barang tertentu? Kantongi kartu kredit terbaik untuk memudahkan transaksimu di mana saja! Cek pilihannya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami